Main Article Content
Abstract
Background: Pengenalan artificial intelligence (AI) dan ragam research tools merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi dan penulisan karya ilmiah semakin meningkat. Faktanya, Guru di sekolah masih belum dapat mengoptimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam penguatan teknik menulis karya tulis ilmiah. Tujuan umum program ini adalah untuk memberikan penguatan pemahaman dan pelatihan kepada guru terkait teknik kepenulisan ilmiah berbantuan artificial intelligence. Metode: PAR (Participatory action research). Dalam mengatasi permasalahan yang telah diidentifikasi, maka dalam pelatihan ini digunakan teknik praktek, tanya jawab interaktif, dan drill. Evaluasi program diperoleh melalui angket dan formulir evaluasi praktek. Partisipan dalam kegiatan ini adalah 19 orang guru Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Babang Bacan, Halmahera Selatan. Hasil: 89,47% peserta beranggapan bahwa kegiatan ini sangat memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi AI dapat diterapkan dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah; 84,21% membantu dalam memahami potensi dan batasan penggunaan AI dalam menulis karya ilmiah; 73,68% sangat percaya diri dalam menggunakan AI dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah; 100% kegiatan pelatihan dapat membantu penunjang dalam pengembangan karir. Kesimpulan: Dampak pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan pemahaman terkait teknik kepenulisan ilmiah (academic writing) berbantuan artificial intelligence pada guru Madrasah Aliyah Swasta Babang, Halmahera Selatan. Hal ini menjadi landasan dalam pengembangan kegiatan serupa secara berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas karya tulis ilmiah di kalangan pendidik.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. (2018). IBM Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Peningkatan Keteramilan Menulis Artikel Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas, 20(2), 137–142.
- Amin, A. M., Juniartin, & Matdoan, M. (2023a). Pelatihan Penulisan Artikel Berbasis Action Research pada Guru Biologi MA/Mts di Tidore Kepulauan. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 346–358.
- Amin, A. M., Juniartin, & Matdoan, M. (2023b). Pendampingan Publikasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional bagi Guru IPA/Biologi Se-Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Jurnal Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(7), 2284–2294. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2284-2294.
- Amin, M. A., Abbas, S., Nasim, S., Taher, T., & Usmayani, I. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Mendeley Sebagai Reference Tool Publikasi Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 639–648.
- Amin, M. A., Karmila, F., Rianti, M., & Ardiansyah, R. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Kompetensi Global 4C-Scaffolding (Pj4CS) pada Guru SMA Al-Khairaat Ternate untuk Menfasilitasi Peningkatan Kompetensi Global Abad 21. Jurnal SOLMA, 12(3), 1346–1354. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13097
- Anjali, M. E., & Istiqomah, Z. (2020). Meningkatkan Literasi Informasi Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa melalui Pelatihan Zotero. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(2), 198–210. https://doi.org/10.22146/bip.v16i1.104
- Cahyadi, D. A. (2018). Kemampuan literasi informasi peneliti dalam penulisan karya ilmiah di Loka Litbangkes Pangandaran. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 139–150.
- Hanis, M., & Wahyudin, D. (2024). Pemanfaatan Artificial intelligence (AI) Dalam Penyusunan Asesmen Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1199–1207.
- Jundu, R., Kurnila, V. S., Jeramat, E., Gunur, B., Aplonia, Ramda, H., Murni, V., Men, F. E., Ali, F. A., & Fedi, S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Menulis Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas di Kabupaten Manggarai Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 85–88.
- Kacena, M. A., Plotkin, L. I., & Fehrenbacher, J. C. T. (2024). The Use of Artificial intelligence in Writing Scientific Review Articles. Current Osteoporosis Report, 22, 115–121. https://doi.org/10.1007/s11914-023-00852-0
- Khaerati, S., & Sam, M. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Analisis Data Bagi Guru di SMA Negeri 5 Palopo. Madaniya, 4(1), 165–170.
- Khalifa, M., & Albadawy, M. (2024). Using Artificial intelligence in Academic Writing and Research: An Essential Productivity Tool. Computer Methods and Programs in Biomedicine Update, 5(100145). https://doi.org/10.1016/j.cmpbup.2024.100145.
- Kristianti, T. (2023). Implementasi Artificial Intelegence (AI) dalam Dunia Pendidikan Di Era Society 5.0. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV, 15(1), 145–155.
- Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Saifullah, Widyatiningtyas, R Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial intelligence dan Mendeley untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Community Development Journal, 4(6), 11453–11462. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.213
- Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47.
- Nghia, N. T., & Hanh, L. T. (2019). Innovating Vietnam Education towards International Integration to Meet the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Education and Research, 7(5), 49–60.
- Patty, J., & Que, S. R. (2023). Pemanfaatan Artificial intelligence (Ai) Dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Community Development Journal, 4(4), 9318–9322.
- Rachmawati, T. S., Fitriawati, & Saepudin, E. (2018). Studi Tentang Kemampuan Literasi Informasi Di Kalangan Siswa Menengah Pertama. EDULIB : Journal of Library and Information Science, 17–28. https://doi.org/10.17509/edulib.v7i2.9488
- Rindjin, K. (2007). Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Edisi Khusus, 9, 42–39.
- Setyawan, A., Anyan, & Anggera, L. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah Berbantuan AI (Artificial Intellegence). Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 7(1), 24–43.
- Susanti, E., Aisyah, N., Hiltrimartin, C., Hartono, Y., Meryansumayeka, S., Scristia, Araiku, J., Pratiwi, W. ., Kurniadi, E., & Saputri, N. W. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Matematika. Jurnal Anugrah, 2(2), 93–100.
- Usra, M., Hartati, H., & Destriani, D. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Pendidikan 2018.
- Wahyudin, A., Yanto, H., Sari, M. P., Nurkhin, A., & Budiantoro, R. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dengan Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) bagi Guru SMK Negeri 1 Demak. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 2(1), 13–31.
- Zulfika, I. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah. Jurnal IPMAS, 1(2), 83–89.
References
Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. (2018). IBM Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Peningkatan Keteramilan Menulis Artikel Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas, 20(2), 137–142.
Amin, A. M., Juniartin, & Matdoan, M. (2023a). Pelatihan Penulisan Artikel Berbasis Action Research pada Guru Biologi MA/Mts di Tidore Kepulauan. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 346–358.
Amin, A. M., Juniartin, & Matdoan, M. (2023b). Pendampingan Publikasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional bagi Guru IPA/Biologi Se-Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Jurnal Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(7), 2284–2294. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2284-2294.
Amin, M. A., Abbas, S., Nasim, S., Taher, T., & Usmayani, I. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Mendeley Sebagai Reference Tool Publikasi Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 639–648.
Amin, M. A., Karmila, F., Rianti, M., & Ardiansyah, R. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Kompetensi Global 4C-Scaffolding (Pj4CS) pada Guru SMA Al-Khairaat Ternate untuk Menfasilitasi Peningkatan Kompetensi Global Abad 21. Jurnal SOLMA, 12(3), 1346–1354. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13097
Anjali, M. E., & Istiqomah, Z. (2020). Meningkatkan Literasi Informasi Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa melalui Pelatihan Zotero. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(2), 198–210. https://doi.org/10.22146/bip.v16i1.104
Cahyadi, D. A. (2018). Kemampuan literasi informasi peneliti dalam penulisan karya ilmiah di Loka Litbangkes Pangandaran. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 139–150.
Hanis, M., & Wahyudin, D. (2024). Pemanfaatan Artificial intelligence (AI) Dalam Penyusunan Asesmen Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1199–1207.
Jundu, R., Kurnila, V. S., Jeramat, E., Gunur, B., Aplonia, Ramda, H., Murni, V., Men, F. E., Ali, F. A., & Fedi, S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Menulis Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas di Kabupaten Manggarai Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 85–88.
Kacena, M. A., Plotkin, L. I., & Fehrenbacher, J. C. T. (2024). The Use of Artificial intelligence in Writing Scientific Review Articles. Current Osteoporosis Report, 22, 115–121. https://doi.org/10.1007/s11914-023-00852-0
Khaerati, S., & Sam, M. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Analisis Data Bagi Guru di SMA Negeri 5 Palopo. Madaniya, 4(1), 165–170.
Khalifa, M., & Albadawy, M. (2024). Using Artificial intelligence in Academic Writing and Research: An Essential Productivity Tool. Computer Methods and Programs in Biomedicine Update, 5(100145). https://doi.org/10.1016/j.cmpbup.2024.100145.
Kristianti, T. (2023). Implementasi Artificial Intelegence (AI) dalam Dunia Pendidikan Di Era Society 5.0. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV, 15(1), 145–155.
Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Saifullah, Widyatiningtyas, R Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial intelligence dan Mendeley untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Community Development Journal, 4(6), 11453–11462. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.213
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47.
Nghia, N. T., & Hanh, L. T. (2019). Innovating Vietnam Education towards International Integration to Meet the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Education and Research, 7(5), 49–60.
Patty, J., & Que, S. R. (2023). Pemanfaatan Artificial intelligence (Ai) Dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Community Development Journal, 4(4), 9318–9322.
Rachmawati, T. S., Fitriawati, & Saepudin, E. (2018). Studi Tentang Kemampuan Literasi Informasi Di Kalangan Siswa Menengah Pertama. EDULIB : Journal of Library and Information Science, 17–28. https://doi.org/10.17509/edulib.v7i2.9488
Rindjin, K. (2007). Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Edisi Khusus, 9, 42–39.
Setyawan, A., Anyan, & Anggera, L. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah Berbantuan AI (Artificial Intellegence). Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 7(1), 24–43.
Susanti, E., Aisyah, N., Hiltrimartin, C., Hartono, Y., Meryansumayeka, S., Scristia, Araiku, J., Pratiwi, W. ., Kurniadi, E., & Saputri, N. W. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Matematika. Jurnal Anugrah, 2(2), 93–100.
Usra, M., Hartati, H., & Destriani, D. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Pendidikan 2018.
Wahyudin, A., Yanto, H., Sari, M. P., Nurkhin, A., & Budiantoro, R. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dengan Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) bagi Guru SMK Negeri 1 Demak. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 2(1), 13–31.
Zulfika, I. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah. Jurnal IPMAS, 1(2), 83–89.