Main Article Content

Abstract

Background: Penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik. Kegiatain ini bertujuan untuk emperkenalkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Kompetensi Global 4C-Scaffolding (Pj4CS) pada guru SMA Al-Khairaat Ternate dalam menfasilitasi peningkatan kompetensi global abad 21. Metode: Kegiatan dilaksanakan di SMA Al-Khairaat Ternate, Maluku Utara dengan 33 0rang peserta. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dengan bantuan powerpoint, diskusi interaktif, tanya jawab, pengisian angket. Hasil:  90,90% memberikan respon bahwa kegiatan ini cukup menambah wawasan terkait model pembelajaran inovatif; 90,90% merespon kegiatan ini cukup menambah pemahaman terkait model Pj4CS; 100% merespon kegiatan ini bermanfaat dalam menunjang keefektifan pelaksanaan tugas profesionalisme guru; 96,96% merespon model Pj4CS cukup mengakomodasi kebutuhan belajar abad 21; 87,87% merespon model Pj4CS cukup praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Kesimpulan: Model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi kompetensi global 4C-scaffolding (Pj4CS) dapat dikenal dengan baik pada guru SMA Al-Khairaat Ternate. Kegiatan PkM cukup menambah wawasan dan pemahaman terkait model Pj4CS.

Keywords

21st century global competence learning model Pj4CS teacher Abad 21 guru kompetensi global model pembelajaran Pj4CS

Article Details

How to Cite
Muh.Amin, A., Karmila, F., Rianti, M., & Ardiansyah, R. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Kompetensi Global 4C-Scaffolding (Pj4CS) pada Guru SMA Al-Khairaat Ternate untuk Menfasilitasi Peningkatan Kompetensi Global Abad 21. Jurnal SOLMA, 12(3), 1346–1354. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13097

References

  1. Affandi, Y., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2022). The Evaluation of JIDI (Jigsaw Discovery) Learning Model in the Course of Qur'an Tafsir. International Journal of Instruction, 15(1), 799–820. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15146a
  2. Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890
  3. Alqasa, K. M. A., & Afaneh, J. A. A. (2022). Active Learning Techniques and Student Satisfaction: Role of Classroom Environment. Eurasian Journal of Educational Research, 2022(98), 85–100. https://doi.org/10.14689/ejer.2022.98.06
  4. Amin, A. M. (2022). Profil Critical Thinking Skills Mahasiswa Calon Guru Biologi Ternate pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Binomial, 5(2), 95–104. https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1393
  5. Amin, A. M., Adiansyah, R., & Hujjatusnaini, N. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Argumentasi pada Mahasiswa Biologi. Jurnal Biotek, 9(2), 140. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.23092
  6. Amin, A. M., Juniartin, & Matdoan, M. (2023a). Pelatihan Penulisan Artikel Berbasis Action Research pada Guru Biologi MA/Mts di Tidore Kepulauan. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 346–358.
  7. Amin, A. M., Juniartin, & Matdoan, M. (2023b). Pendampingan Publikasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional bagi Guru IPA/Biologi Se-Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Jurnal Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(7), 2284–2294. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2284-2294
  8. Amin, A. M., Karmila, F., Rahma, D., & Hama, N. H. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Kompetensi Global 4C-Scaffolding untuk Mengatasi Miskonsepsi Biologi. In Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Pendidikan Tinggi, IAIN Ternate.
  9. Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2014). Defining Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_2
  10. Cinar, M. (2021). The Conceptual Integration of 21st Century Skills Into Elt. LOTUS International Journal of Language and Translation Studies, 1(1), 51–57.
  11. Fadhiliya, L., Wibowo, T., Kustilah, S., & Setiaji, C. A. (2021). Workshop dan Pelatihan Metode-Metode Pembelajaran bai Guru di SMA Negeri 1 Petahanan Kebumen. Surya Abdimas, 5(4), 372–377.
  12. Greenier, V. T. (2020). The 10Cs of Project-Based Learning TESOL Curriculum. Innovation in Language Learning and Teaching, 14(1), 27–36. https://doi.org/10.1080/17501229.2018.1473405
  13. Greiff, S., & Kyllonen, P. (2016). Contemporary Assessment Challenges: The Measurement of 21st Century Skills. Applied Measurement in Education, 29(4), 243–244.
  14. Hadajaratie, L., Padiku, I. R., Kaluku, M. R. A., Pakaya, N., Polin, M., Pakaya, P., Binolombongan, J. F., Kaluku, J. A., & Mantali, A. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Power Point Sebagai Media Interaktif Di SMA Negeri 1 Kabila. DEVOTION: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 49–53.
  15. Hadi, F. R., Anggrasari, L. A., & Maruti, E. S. (2023). Pelatihan Guru SD dalam Pembelajaran STEM Menggunakan IoT Berbasis Canva. Jurnal Solma, 12(2), 803–808.
  16. Hailikari, T., Virtanen, V., Vesalainen, M., & Postareff, L. (2022). Student Perspectives on How Different Elements of Constructive Alignment Support Active Learning. Active Learning in Higher Education, 23(3), 217–231. https://doi.org/10.1177/1469787421989160
  17. Haviz, M., Karomah, H., Delfita, R., Umar, M. I. A., & Maris, I. M. (2018). Revisiting Generic Science Skills as 21st Century Skills on Biology Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 355–363.
  18. Hia, Y. D., Sumarni, & Armiati. (2016). Pelatihan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMA. Jurnal Pelangi, 8(2), 243–249. https://doi.org/10.22202/jp.2016.v8i2.1206
  19. Hiasa, F., & Agustina, E. (2020). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Anugrah, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i1.1597
  20. Hizqiyah, I. Y. N., Nugraha, I., Cartono, C., Ibrahim, Y., Nurlaela, I., Yanti, M., & Nuraeni, S. (2023). The Project-Based Learning Model and its Contribution to Life Skills in Biology Learning: A Systematic Literature Network Analysis. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(1), 26–35. https://doi.org/10.22219/jpbi.v 9i1.22089
  21. Kasimun, & Lubis. (2020). Penerapan Model Picture and Picture Terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SD Negeri 050660 Kwala Bingai. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 78–87.
  22. Kurniati, T., Yusup, R., Hermawati, A S Kusumahwardani, D Wijayanti, D., & Irhamudzikri, I. (2021). Respon Guru terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765
  23. Lubis, R. R., Habib, M., Sadri, M., Rambe, N., Mariana, W., Rambe, R. T., Novianti, Y., & Haryati. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2176–2187. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8264
  24. Maryatin, Rahmadani, M. S., Apriliana, L., Putri, L. A., Safitri, S. R. N., Megawati, P. A., Muklisum, D., & Maharani, S. (2023). Sosialisasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio pada Guru SMAN 6 Balikpapan untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Solma, 12(1), 63–68.
  25. Modjanggo, V. K., Lantu, I. P., & Macora, Y. D. (2021). Pelatihan Pengajaran Menggunakan Model Pembelajaran Diagnosa untuk Meningkatkan Kemampuan Pengajaran Guru. Mosintuwu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15–18.
  26. Pratiwi, E., Nanna, A. W. I., Kusnadi, D., & Wulandari, A. E. (2023). Perubahan Self-Confidence Guru Sekolah Dasar Melalui Mathematical Knowledge of Teaching. Jurnal Solma, 12(1), 36–46.
  27. Rahmania, I. (2021). Project Based Learning (PjBL) Learning Model with STEM Approach in Natural Science Learning for the 21st Century. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(1), 1161–1167.
  28. Rukmana, D., & Handayani, S. L. (2023). Pelatihan Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Tematik Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge Bagi Guru SD. Jurnal Solma, 12(2), 501–508.
  29. Saiful, Ismail, H., Mukhsin, M. A., Bakri, R. A., & Firdaus, A. M. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Kreatif bagi Guru-Guru Di Kecamatan Bulukumpa. Jurnal Solma, 12(1), 89–98.
  30. Sanchez-Muñoz, R., Carrió, M., Rodríguez, G., Pérez, N., & Moyano, E. (2022). A Hybrid Strategy to Develop Real-Life Competences Combining Flipped Classroom, Jigsaw Method and Project-Based Learning. Journal of Biological Education, 56(5), 540–551. https://doi.org/10.1080/00219266.2020.1858928
  31. Saragih. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250
  32. Schmidt, S. K., Bratland-Sanda, S., & Bongaardt, R. (2022). Secondary School Teachers' Experiences with Classroom-Based Physically Active Learning: "I’m excited, but it’s really hard.” Teaching and Teacher Education, 116(103753). https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103753
  33. Suryani, Y., Iskandar, Jumantini, E., Setiawan, I., Pratiwi, R. T., & Mulyati, S. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Inovatif dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru MGMP IPS SMP Wilayah Singaparna. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 201–207.
  34. Suwartini, I., Erviana, V., & Wirawati, D. (2018). Pelatihan Model Pembelajaran Active Learning bagi Guru SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Seyegan. Sniemas UAD, 171–176.
  35. Widodo, M., Suyanto, E., Kartika, A., & Meirita, S. (2021). Pelatihan Model-Model Pembelajaran bagi Guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Pesawaran. Jurnal Griya Cendekia, 6(2), 384–389.
  36. Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34