Main Article Content
Abstract
Background: Dengan prevalensi gaya hidup sedentari yang meningkat di kalangan pemain game, pentingnya edukasi kesehatan dan pemeriksaan rutin menjadi fokus utama Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sosialisasi manajemen kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi peserta game Mobile Legends dalam acara Pekan Raya Mahasiswa. Metode: Sosialisasi manejemen kesehatan, penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan dasar meliputi erat badan, tinggi badan, tekanan darah, rabun mata, frekuensi olahraga dan gangguan-gangguan kesehatan yang dirasakan, kemudian dilanjutkan dengan senam dan evaluasi kegiatan pengabdian. Hasil: Sebanyak 36 peserta game Mobile Legends terlibat dalam kegiatan ini. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kesadaran kesehatan peserta yang menyatakan pemahaman yang lebih baik tentang risiko kesehatan terkait gaya hidup sedentari dan menunjukkan minat untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan rutin. Pemeriksaan kesehatan gratis berhasil mengidentifikasi individu dengan faktor risiko yang memerlukan tindak lanjut medis. Kesimpulan: Studi ini merekomendasikan integrasi kegiatan serupa dalam acara e-sports lainnya sebagai strategi pencegahan kesehatan publik dan promosi gaya hidup sehat di kalangan pemain game. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kesadaran kesehatan tetapi juga mendorong komunitas gaming untuk mengadopsi praktik kesehatan yang lebih baik.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Amalia, N., & Aunillah Naya, N. (2023). Analisis dampak game online mobile legend terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik kelas V. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1171–1179. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6271
- Aulia Tri Utami, Bandarsyah, D., & Sulaeman, S. (2022). Dampak game Mobile Legends terhadap pola interaksi sosial siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 899–907. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2710
- Bachtiar Rizky Alamsyah, Ananda Surya Dahana Dewantara, Daffa Maheswara Iswidono, Noval Rizqi Santoso, & Nur Aini Rakhmawati. (2023). Analisis dampak bermain game Mobile Legends terhadap perilaku toxic anak-anak hingga dewasa. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 94–110. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.2239
- Habibi, N. M. (2022). Dampak negatif online game terhadap remaja. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 6(1), 30–35. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n1.p30-35
- Hasan, A., Rahmat, A., & Napu, Y. (2021). Dampak game online Mobile Legends terhadap perilaku sosial remaja. Student Journal of Community Education, 1, 1–13. https://doi.org/10.37411/sjce.v1i1.830
- Naimah, S., Agustiana Sari, D., Widuri, W., & Santoso, T. (2024). Pemeriksaan kesehatan sebagai upaya deteksi dini penyakit tidak menular. Jurnal LENTERA, 4(1), 82–91. https://doi.org/10.57267/lentera.v4i1.349
- Nawawi, M. I., Pathuddin, H., Syukri, N., Alfidayanti, A., Poppysari, S., Saputri, S., Ramdani, M., Jun, M., & Marsuki, I. (2021). Pengaruh Game Mobile Legends terhadap Minat Belajar Mahasiswa/i Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 46–54. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.2039
- Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
- Rohimah, A., Priyo Istiyono, Y., Fhatonah, N., Pratiwi, D., Gozali, A. S., Rasydy, L. O. A., Kuncoro, B., & Sulistyo, S. (2023). Perancangan tata letak fasilitas ruang pemeriksaan kesehatan menggunakan activity relationship chart. Jurnal Inkofar, 7(2), 153–163. https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v7i2.297
- Sari, F., Aprillia, Y. T., Mawarni, E. S., & Saputri, L. S. (2023). Senam kreasi dan permainan konsentrasi melalui ice breaking menuju lansia sehat dan bahagia. 1(3), 108–114.
- Sukmana, D. J., Hardani, H., & Irawansyah, I. (2020). Pemeriksaan kesehatan gratis sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap deteksi dini penyakit tidak menular. Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 19. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.1.19-26
- Sutanti, S., & Santo, M. (2021). Making gelatin from broiler chicken leg bones and milkfish bones using autoclave extraction. CHEMTAG Journal of Chemical Engineering, 2(1), 23. https://doi.org/10.56444/cjce.v2i1.1959
- Syahri, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler di MI Nahdatul Ulama Sumber Agung. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 132–143. https://doi.org/10.32505/3013
- Syamsuriansyah, S., Ismainar, H., Marlina, H., Darmin, C. W., Nanur, F. N., Idawati, I., Kusumaningsih, A., Bagenda, C., Asriwati, A., & Renaldi, R. (2021). Konsep dasar manajemen kesehatan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
- Yogatama, I. K. S., Kharisma, A. P., & Fanani, L. (2019). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat pemain dalam permainan MOBA (studi kasus : mobile legends : bang-bang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2558–2566. https://doi.org/https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4742
- World Health Organization (2018). Obesity and overwheight. World Health Organization.http://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/obesityand-overweight - Diakses September 2024.
References
Amalia, N., & Aunillah Naya, N. (2023). Analisis dampak game online mobile legend terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik kelas V. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1171–1179. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6271
Aulia Tri Utami, Bandarsyah, D., & Sulaeman, S. (2022). Dampak game Mobile Legends terhadap pola interaksi sosial siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 899–907. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2710
Bachtiar Rizky Alamsyah, Ananda Surya Dahana Dewantara, Daffa Maheswara Iswidono, Noval Rizqi Santoso, & Nur Aini Rakhmawati. (2023). Analisis dampak bermain game Mobile Legends terhadap perilaku toxic anak-anak hingga dewasa. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 94–110. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.2239
Habibi, N. M. (2022). Dampak negatif online game terhadap remaja. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 6(1), 30–35. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n1.p30-35
Hasan, A., Rahmat, A., & Napu, Y. (2021). Dampak game online Mobile Legends terhadap perilaku sosial remaja. Student Journal of Community Education, 1, 1–13. https://doi.org/10.37411/sjce.v1i1.830
Naimah, S., Agustiana Sari, D., Widuri, W., & Santoso, T. (2024). Pemeriksaan kesehatan sebagai upaya deteksi dini penyakit tidak menular. Jurnal LENTERA, 4(1), 82–91. https://doi.org/10.57267/lentera.v4i1.349
Nawawi, M. I., Pathuddin, H., Syukri, N., Alfidayanti, A., Poppysari, S., Saputri, S., Ramdani, M., Jun, M., & Marsuki, I. (2021). Pengaruh Game Mobile Legends terhadap Minat Belajar Mahasiswa/i Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 46–54. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.2039
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Rohimah, A., Priyo Istiyono, Y., Fhatonah, N., Pratiwi, D., Gozali, A. S., Rasydy, L. O. A., Kuncoro, B., & Sulistyo, S. (2023). Perancangan tata letak fasilitas ruang pemeriksaan kesehatan menggunakan activity relationship chart. Jurnal Inkofar, 7(2), 153–163. https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v7i2.297
Sari, F., Aprillia, Y. T., Mawarni, E. S., & Saputri, L. S. (2023). Senam kreasi dan permainan konsentrasi melalui ice breaking menuju lansia sehat dan bahagia. 1(3), 108–114.
Sukmana, D. J., Hardani, H., & Irawansyah, I. (2020). Pemeriksaan kesehatan gratis sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap deteksi dini penyakit tidak menular. Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 19. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.1.19-26
Sutanti, S., & Santo, M. (2021). Making gelatin from broiler chicken leg bones and milkfish bones using autoclave extraction. CHEMTAG Journal of Chemical Engineering, 2(1), 23. https://doi.org/10.56444/cjce.v2i1.1959
Syahri, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler di MI Nahdatul Ulama Sumber Agung. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 132–143. https://doi.org/10.32505/3013
Syamsuriansyah, S., Ismainar, H., Marlina, H., Darmin, C. W., Nanur, F. N., Idawati, I., Kusumaningsih, A., Bagenda, C., Asriwati, A., & Renaldi, R. (2021). Konsep dasar manajemen kesehatan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Yogatama, I. K. S., Kharisma, A. P., & Fanani, L. (2019). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat pemain dalam permainan MOBA (studi kasus : mobile legends : bang-bang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2558–2566. https://doi.org/https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4742
World Health Organization (2018). Obesity and overwheight. World Health Organization.http://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/obesityand-overweight - Diakses September 2024.