Main Article Content

Abstract

Background: Penyusunan peta sebagai informasi terkait sebaran rumah kumuh, menjadi persoalan bagi Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kota Tangerang. Kemampuan spasial dalam memahami dan menyusun peta juga sulit dilakukan, hal tersebut adalah salah satu keluhan yang dialami oleh Aparatur Sipil Negara. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun peta sebaran rumah kumuh, sebagai salah satu bentuk latihan pemetaan agar informasi dapat divisualisasikan secara spasial. Metode: Kegiatan dilakukan di Jakarta pada 8-9 Agustus 2024 dengan memanfaatkan Software ArcGIS 10.8 sesuai dengan kaidah kartografi. Peserta berjumlah 4 orang yang berasal dari Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan tutorial pemetaan. Hasil: Peserta mampu memenuhi tiga kemampuan spasial diantaranya visualisasi, orientasi dan relasi spasial dalam membuat peta sebaran rumah kumuh. Seluruh komponen peta dilengkapi dengan tampilan visual yang informati. Peserta mampu membuat sebaran rumah kumuh dilakukan sesuai kaidah kartografi. Kelengkapan peta juga dilaksanakan semua peserta dengan teliti saat menyajikan peta, sehingga informasi spasial yang ditampilkan sangat informatif. Kesimpulan: Secara kualitatif peserta mampu membuat peta dengan tema kawasan kumuh sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga. Kemampuan membuat peta pada GIS Desktop menunjukan bahwa peserta cukup mahir dalam kemampuan berpikir spasial dituangkan dalam bentuk peta.

Keywords

Kemampuan spasial Kota Tangerang Kumuh Peta Map Seedy Spatial abilities Tangerang City

Article Details

How to Cite
Tallo, A. J., Tallo, M. G. Y., Bria, M., . Nahak, P. G., & Fallo, Y. (2024). Penyusunan Peta Sebaran Rumah Kumuh Bagi Pemerintah Kota Tangerang dalam Mendukung Kebijakan Satu Peta. Jurnal SOLMA, 13(3), 1986–1994. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16903

References

  1. Achackzai, N., Siddiq, A., & Khishkai, A. (2024). The Impact of Training on Employee’s Performance: A Survey in the Ministry of Education, Afghanistan. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 11(3), 2349–5219.
  2. AECOM. (2014). Incentive Zoning Analysis. 1–2.
  3. Badan Informasi Geospasial. (2016). Spesifikasi Teknis Penyajian Peta Desa (3 Tahun 2016). Badan Informasi Geospasial.
  4. Barker, P., & Yagrich, B. (2015). Collector for ArcGIS. Esri, 1–19.
  5. Bearman, N., Jones, N., André, I., Cachinho, H. A., & DeMers, M. (2016). The future role of GIS education in creating critical spatial thinkers. Journal of Geography in Higher Education, 40(3), 394–408. https://doi.org/10.1080/03098265.2016.1144729
  6. Bolstad, P. (2019). GIS Fundamentals: A First Text on Geographic Information Systems. XanEdu.
  7. Brewer, C. A. (2016). Better Maps Designing A Guide for GIS Users (2nd ed.). ESRI Press.
  8. Bunyamin, B., & Wahjusaputri, S. (2023). Entrepreneurial Learning through Penta-Helix Model in Indonesian Vocational High School. Journal of Education Research, 4(4), 2335–2340.
  9. Collins, L., & Mitchell, J. T. (2019). Teacher training in GIS: what is needed for long-term success? International Research in Geographical and Environmental Education, 28(2), 118–135. https://doi.org/10.1080/10382046.2018.1497119
  10. Du, G. (2021). Research on Programming Practice Teaching Reform of GIS Course. Proceedings of the 6th International Conference on Education Reform and Modern Management (ERMM 2021), 551(Ermm), 404–407. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210513.092
  11. Duarte, L., Teodoro, A. C., & Gonçalves, H. (2022). Evaluation of Spatial Thinking Ability Based on Exposure to Geographical Information Systems (GIS) Concepts in the Context of Higher Education. ISPRS International Journal of Geo-Information, 11(8). https://doi.org/10.3390/ijgi11080417
  12. Farkas, G. (2017). Practical GIS. Packt Publishing.
  13. Gorr, W. L., & Kurland, K. S. (2017). GIS tutorial 1 for ArcGIS Pro : a platform workbook. ESRI Press.
  14. Jo, I., & Hong, J. E. (2020). Effect of Learning GIS on Spatial Concept Understanding. Journal of Geography, 119(3), 87–97. https://doi.org/10.1080/00221341.2020.1745870
  15. Lee, J., & Bednarz, R. (2009). Effect of GIS learning on spatial thinking. Journal of Geography in Higher Education, 33(2), 183–198. https://doi.org/10.1080/03098260802276714
  16. Paulista, B., & Jo, I. (2018). Spatial thinking in secondary geography: A summary of research findings and recommendations for future research. Boletim Paulista de Geografia, 99(0), 200–212.
  17. Peterson, G. N. (2020). GIS Cartography: A Guide to Effective Map Design, Third Edition. CRC Press.
  18. Pucha-Cofrep, F., Fries, A., Cánovas-García, F., Oñate-Valdivieso, F., González-Jaramillo, V., & Pucha-Cofrep, D. (2018). Fundamentals of GIS: Applications with ArcGIS. Franz Pucha Cofrep.
  19. Rosyadi, M. D., Ramadhani, B., Rizky, A., & Qur’ana, T. W. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Peta Sw Maps Untuk Informasi Data Bencana pada Anggota Taruna Siaga. Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020 Dosen-Dosen Universitas Islam Kalimantan, 250–254.
  20. Setyowati, H. A., Dwinugroho, M. P., Sigit Heru Murti, B. S., Yulianto, A., Ajiwihanto, N. E., Hadinata, J., & Sanjiwana, A. K. (2018). ESDM One Map Indonesia Indonesia: Opportunities and Challenges to Support One Map Policy based on Applied Web-GIS. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 165(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/165/1/012021
  21. Syahrul Ridhaa, Kamilb, P. A., Abdic, A. W., Yunusd, M., & Safiah, I. (2020). Designing Geospatial Technology Learning Material Based on Spatial Thinking for High School Students. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(7), 816–838.
  22. Tallo, A. J., Khairunisa, K. M., & Tallo, M. G. Y. (2023). Edukasi Kemampuan Geospasial Badan Pengawas Tenaga Nuklir. Jurnal SOLMA, 12(3), 1091–1099. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13134
  23. Tangerang, D. P. P. D. P. K. (2022). Peraturan Walikota Tangerang Nomor 78 Tahun 2022 tentang Penetapan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kota Tangerang Tahun 2023 (Vol. 6).
  24. Yimam, M. H. (2022). Impact of training on employees performance: A case study of Bahir Dar university, Ethiopia. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2107301
  25. Zheng, J. (2020). The Rational Planning Approach in Public Art Production: Evaluating the Quality of Urban Sculpture Plans in Shanghai. Journal of Planning Education and Research. https://doi.org/10.1177/0739456X20963605

Most read articles by the same author(s)