Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Ketimpangan sosialisasi program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) khususnya penciptaan gerak dan lagu dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) pada guru PAUD di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Selain itu latar belakang pendidikan guru PAUD di daerah tersebut berada di tingkat rendah. Studi ini bertujuan untuk membekali guru Taman Kanak-Kanak (TK) dalam merancang dan melaksanakan aktivitas gerak lagu yang sesuai dengan gaya belajar kinestetik anak di Kabupaten Banyuasin. Metode: Perencanaan, Implementasi, dan evaluasi dengan melibatkan 20 guru PAUD dari Banyuasin, Sumatera Selatan. Hasil: Adanya peningkatan skor pretest dari 66% menjadi 79,5% dengan kenaikan sebesar 13% guru PAUD mendapat dukungan dalam menyusun lagu dan menerima masukan dari siswa yang kerja kelompok. Kesimpulan: Pelatihan ini mendapat respon yang antusias dan secara signifikan meningkatkan basis pengetahuan bagi guru PAUD di Kabupaten Banyuasin.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Aguayo, C., Videla, R., López-Cortés, F., Rossel, S., & Ibacache, C. (2023). Ethical enactivism for smart and inclusive STEAM learning design. Heliyon, 9(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e19205
- Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 210–219.
- Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.35912/jiw.v1i2.1266
- Dwi Novianti, M. B. S. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test Dan Post Test Terhadap Kesiapan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Kappa Journal, II(1), 1–8.
- Funa, A. A., Alvin, R., Gabay, E., Carlo, E., Deblois, B., Lerios, L. D., Grace, F., & Jetomo, J. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . January.
- Gardner, H. (2011). Multiple Intelligences Frames of Mind. https://www.academia.edu/36707975/Frames_of_mind_the_theory_of_multiple_inteligences
- Hati, F. S. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220
- Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
- Maskan, M., Suyono, A., Soepeno, B., & Rachmi, A. (2019). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Internet bagi Guru di Yayasan Mujahidin Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 7(1), 1–6. https://jpkm.polinema.ac.id/index.php/jpkm/article/download/3/1
- Ngaisah, N. C., * M., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
- Nores, M., Friedman-Krauss, A., & Figueras-Daniel, A. (2022). Activity settings, content, and pedagogical strategies in preschool classrooms: Do these influence the interactions we observe? Early Childhood Research Quarterly, 58, 264–277. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.09.011
- Octa, R., & Jauhari, V. (2021). Pembelajaran Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45–58.
- Oktariyana. (2019). Model pembelajaran gerak dasar senam anak. 4(10), 1–23.
- Rahadi, D. R., Fauzi, R., & Saputra, Z. (2024). Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode 360-Degree Feedback. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 116–139.
- Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
- Sugiyo, Y. K., Zulfika, S., & Widayanti, W. (2018). Evaluasi Program Webinar (Web-Based Seminar) Parenting Education Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Media Digital Dalam Mendidik Generasi Z di Kota Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 17. https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.719
- Wartiningsih, W. (2021). Evaluasi Kirckpatrick’S Pelatihan Pengelolaan Kampung Kb. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 113. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4082
References
Aguayo, C., Videla, R., López-Cortés, F., Rossel, S., & Ibacache, C. (2023). Ethical enactivism for smart and inclusive STEAM learning design. Heliyon, 9(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e19205
Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 210–219.
Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.35912/jiw.v1i2.1266
Dwi Novianti, M. B. S. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test Dan Post Test Terhadap Kesiapan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Kappa Journal, II(1), 1–8.
Funa, A. A., Alvin, R., Gabay, E., Carlo, E., Deblois, B., Lerios, L. D., Grace, F., & Jetomo, J. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . January.
Gardner, H. (2011). Multiple Intelligences Frames of Mind. https://www.academia.edu/36707975/Frames_of_mind_the_theory_of_multiple_inteligences
Hati, F. S. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maskan, M., Suyono, A., Soepeno, B., & Rachmi, A. (2019). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Internet bagi Guru di Yayasan Mujahidin Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 7(1), 1–6. https://jpkm.polinema.ac.id/index.php/jpkm/article/download/3/1
Ngaisah, N. C., * M., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
Nores, M., Friedman-Krauss, A., & Figueras-Daniel, A. (2022). Activity settings, content, and pedagogical strategies in preschool classrooms: Do these influence the interactions we observe? Early Childhood Research Quarterly, 58, 264–277. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.09.011
Octa, R., & Jauhari, V. (2021). Pembelajaran Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45–58.
Oktariyana. (2019). Model pembelajaran gerak dasar senam anak. 4(10), 1–23.
Rahadi, D. R., Fauzi, R., & Saputra, Z. (2024). Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode 360-Degree Feedback. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 116–139.
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Sugiyo, Y. K., Zulfika, S., & Widayanti, W. (2018). Evaluasi Program Webinar (Web-Based Seminar) Parenting Education Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Media Digital Dalam Mendidik Generasi Z di Kota Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 17. https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.719
Wartiningsih, W. (2021). Evaluasi Kirckpatrick’S Pelatihan Pengelolaan Kampung Kb. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 113. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4082