Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Ketimpangan sosialisasi program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) khususnya penciptaan gerak dan lagu dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) pada guru PAUD di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Selain itu latar belakang pendidikan guru PAUD di daerah tersebut berada di tingkat rendah. Studi ini bertujuan untuk membekali guru Taman Kanak-Kanak (TK) dalam merancang dan melaksanakan aktivitas gerak lagu yang sesuai dengan gaya belajar kinestetik anak di Kabupaten Banyuasin. Metode: Perencanaan, Implementasi, dan evaluasi dengan melibatkan 20 guru PAUD dari Banyuasin, Sumatera Selatan. Hasil: Adanya peningkatan skor pretest dari 66% menjadi 79,5% dengan kenaikan sebesar 13% guru PAUD mendapat dukungan dalam menyusun lagu dan menerima masukan dari siswa yang kerja kelompok. Kesimpulan: Pelatihan ini mendapat respon yang antusias dan secara signifikan meningkatkan basis pengetahuan bagi guru PAUD di Kabupaten Banyuasin.

Keywords

Gerak Lagu Kinestetik Pembelajaran Berdiferensiasi

Article Details

How to Cite
Andika, W. D., Ilhami, A., Septiani, Y. Y., Satillah, S. A., Shyfa, K. C. A.-., & Nandasary, Y. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Aktivitas Gerak Lagu Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Gaya Belajar Kinestetik Anak Pada Guru TK di Kabupaten Banyuasin . Jurnal SOLMA, 14(1), 533–540. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16820

References

Read More

Most read articles by the same author(s)