Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal yaitu 1) pentingnya peran guru dalam membentuk kompetensi siswa yang sesuai dengan tuntutan abad 21; 2) pendidikan tidak hanya berfokus pada penguasaan konten akademik, tetapi juga pada pengembangan keterampilan yang lebih holistik; 3) Keterampilan 6C (Critical thinking, Creativity, Collaboration, Communication, Citizenship, dan Character), menjadi fondasi utama untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global yang terus berkembang.  Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam merancang pembelajaran yang mendukung kompetensi 6C siswa. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah guru-guru SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik sebanyak 32 Guru Program ini dilaksanakan melalui tahapan: 1) Penguatan konsep 6C; 2) Workshop perancangan pembelajaran yang mendukung 6C,3) Implementasi dan evaluasi secara mandiri tanpa pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru dalam merancang aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi kompetensi 6C. Selanjutnya terkait dengan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran yang berorientasi 6C 80% guru mampu merancang aktivitas pembelajaran dalam kategori baik, sedangkan sisanya dalam kategori cukup baik. Program pengembangan kompetensi guru dalam merancang aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi 6C siswa, perlu terus dilakukan seara berkala melalui komunitas belajar disekolah. Hal ini penting agar guru senantiasa terupdate dengan strategi pembelajaran terbaru dan mampu menyesuaikan pendekatan pengajaran dengan kebutuhan perkembangan siswa dan perubahan zaman, serta memperkuat kolaborasi antar guru melalui diskusi dan berbagi praktik terbaik dalam komunitas belajar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suryanti, S., Damayanti, N. W., Standsyah, R. E., & Arifani, Y. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru SMP Muhammadiyah 12 Gresik dalam Merancang Pembelajaran yang Mendukung Kompetensi 6C Siswa . Jurnal SOLMA, 13(3), 2566–2575. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/16762

Referensi

  1. Arifani, Y., & Suryanti, S. (2020). Empowering rural teachers teaching reading and writing literacies using a Blended Smart-Rectormu Model. In International Conference on Community Development (ICCD 2020), 791–794.
  2. Arifani, Y., Suryanti, S., & Saputri, L. A. (2023). Pendampingan Desain Tugas Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis RAIS bagi Guru-Guru Bahasa Inggris yang Menempuh Studi Magister. Jurnal SOLMA, 12(1), 55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.11108
  3. Epstein, R. M., & Hundert, E. M. (2002). Defining and assessing professional competence. Jama, 287(2), 226–235.
  4. Gal, A., & Gan, D. (2020). Transformative sustainability education in higher education: Activating environmental understanding and active citizenship among professional studies learners. Journal of Transformative Education, 18(4), 271–292.
  5. Henningsen, M., & Stein, M. K. (1997). Mathematical tasks and student cognition: Classroom-based factors that support and inhibit high-level mathematical thinking and reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, 28, 524–549.
  6. Hirsh-Pasek, K., Hadani, H. S., Blinkoff, E., & Golinkoff, R. M. (2020). A new path to education reform: playful learning promotes 21st century skills in school and beyond. Policy Brief.
  7. Kunter, M., Kleickmann, T., Klusmann, U., & Richter, D. (2013). The development of teachers’ professional competence. In Cognitive activation in the mathematics classroom and professional competence of teachers: Results from the COACTIV project (pp. 63–77).
  8. Merritt, J., Lee, M. Y., Rillero, P., & Kinach, B. M. (2017). Problem-based learning in K–8 mathematics and science education: A literature review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 3. https://doi.org/https://doi.org/10.7771/1541-5015.1674
  9. Miró-Pérez, A. P. (2020). World Economic Forum: present and future. Dimensión Empresarial, 18(2), 1–7.
  10. Rissanen, I., & Kuusisto, E. (2023). The role of growth mindset in shaping teachers’ intercultural competencies: A study among Finnish teachers. British Educational Research Journal, 49(5), 947–967.
  11. Stein, M. K., Grover, B. W., & Henningsen, M. (1996). Building student capacity for mathematical thinking and reasoning: An analysis of mathematical tasks used in reform classrooms. American Educational Research Journal, 33(2), 455–488.
  12. Suryanti, S., Edy, S., & Uchtiawati, S. (2020). Pelatihan Pengembangan Konten E-Learning Menggunakan Google Classroom Sebagai Inovasi Pembelajaran Guru Matematika SMP. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 281–287.
  13. Suryanti, S., Nusantara, T., Parta, I. N., & Irawati, S. (2023). Problem-Based Tasks in Mathematics Learning: Opportunities and Challenges for Teachers. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 7(2), 372–383.
  14. Suryanti, S., Sutaji, D., Arifani, Y., Muyasaroh, M., & Zamzamy, M. (2020). Improved learning accessibility and professionalism of teachers in remote areas through mentoring development of teaching materials based on Augmented Reality. Kontribusia: Research Dissemination for Community Development, 3(1), 224–232.
  15. Suryanti, S., Sutaji, D., Arifani, Y., & Zamzamy, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Daerah Terpencil Melalui Pelatihan Pengembangan Konten E-Learning. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 85–93.
  16. Suryanti, S., Zawawi, I., Edy, S., Khomariyah, N., & Jannah, R. (2021). Peningkatan Kreativitas Guru SMP Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 727–735.
  17. Tapingkae, P., Panjaburee, P., Hwang, G.-J., & Srisawasdi, N. (2020). Effects of a formative assessment-based contextual gaming approach on students’ digital citizenship behaviours, learning motivations, and perceptions. Computers & Education, 159, 103998.
  18. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
  19. VLADIMIROVNA, S. Y., & KUMISBEKOVNA, K. G. (2023). SKILLS OF THE 21ST CENTURY IN MODERN PEDAGOGY: PREPARING STUDENTS FOR SUCCESS. EUROPEAN RESEARCH, 1 (40), 12–17.