Main Article Content

Abstract

Selama ini desain tugas pembelajaran bahasa Inggris yang disedain oleh para guru-bahasa Inggris sifatnya rutinitas sehinga tidak dapat membantu optimalisasi kemampuan bahasa Inggris para seserta didik. Program pengabdian masyarakat ini diimplementasikan untuk membantu peningkatan profesionalisme para guru bahasa Inggris yang sedang menempuh program magister pendidikan bahasa Inggris dari berbagai sekolah di Jawa Timur ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mendesain tugas pembelajaran bahasa inggris berbasis relevance, authentic, ill-structure, dan solveable (RAIS). Metode: Melalui metode FGD, pendampingan, dan workshop penyusunan tugas Bahasa Inggris ini di laksanakan selama satu semester yang diikuti oleh 48 guru Bahasa Inggris dari berbagai sekolah. Hasil: Adapun hasil yang diperoleh yaitu terpahaminya konsep RAIS, dan dihasilkanya berbagai model tugas pembelajaran Bahasa Inggris berbasis RAIS yang sudah diimplementasikan diberbagai sekolah di Jawa Timur. Peningkatan kompetensi guru terhadap desain tugas, perlu untuk terus dilakukan secara kontinu, mengingat pentingnya peran tugas dalam pembelajaran.

Keywords

RAIS Pengalaman Nyata Otentisitas pedagogi Otentisitas Situasi

Article Details

How to Cite
Arifani, Y., Suryanti, S., & Saputri, L. A. (2023). Pendampingan Desain Tugas Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis RAIS bagi Guru-Guru Bahasa Inggris yang Menempuh Studi Magister. Jurnal SOLMA, 12(1), 55–62. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.11108

References

Read More

Most read articles by the same author(s)