Main Article Content

Abstract

Background: Pelatihan produksi serum ekstrak daun teh dilatarbelakangi oleh keamanan dan khasiat produk kosmetik alami yang akan mengalami peningkatan permintaan di pasar dan lebih jauh lagi fakta bahwa daum teh (Camellia sinensis) kaya akan polifenol dapat menjadi bahan fungsional yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini menjadi urgensi dalam rangka meningkatkan kesadaran dan ketrampilan masyarakat terutama gen Z dalam memanfaatkan herbal sebagai material dasar kosmetik. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK Cut Meutia Banda Aceh menjadi ahli dalam kosmetik alami dalam pengembangan produk berbasis bahan herbal. Metode: Dilakukan melalui tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini melibatkan 24 peserta siswa SKM Cut Meutia Banda Aceh dengan pendekatan interaktif yang mencakup sosialisasi, praktik langsung, dan evaluasi menggunakan kuesioner untuk menilai kepuasan serta pemahaman peserta. Pelatihan berlangsung di Laboratorium Farmasi Akademi Analis Farmasi dan Makanan Banda Aceh pada 6 Maret 2024, dengan dukungan dari 3 narasumber dan 3 instruktur. Hasil: 100% peserta merasa sangat puas dengan materi pelatihan, dan sebagian besar peserta menyatakan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan mereka. Selain itu, pelatihan ini mendorong minat peserta untuk mengembangkan usaha kecil di bidang kosmetik alami, berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi lokal melalui UMKM. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil memperkuat keterampilan praktis siswa serta mendorong inovasi berbasis sumber daya lokal yang berkelanjutan.

Keywords

Serum Ekstrak Daun Teh Kosmetik Alami Pemberdayaan Masyarakat Tea Leaf Extract Serum Natural Cosmetics Community Empowerment

Article Details

How to Cite
Adriani, A., Safrina , S., Rinaldi, R., Safrina, Y. D., Suzanni, M. A., & Zarwinda, I. (2025). Transformasi Siswa SMK Menjadi Ahli Kosmetik Alami melalui Pelatihan Pembuatan Serum Ekstrak Daun Teh. Jurnal SOLMA, 14(2), 2113–2120. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.16698

References

  1. Adjeng, A. N. T., Koedoes, Y. A., Ali, N. F. M., Palogan, A. N. A., & Damayanti, E. (2023). Edukasi Bahan dan Penggunaan Kosmetik yang Aman di Desa Suka Banjar Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(1), 89–102. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i1.8041
  2. Arct, J., Bielenda, B., Oborska, A., & Pytkowska, K. (2003). The tea and its cosmetic application. Journal of Applied Cosmetology, 21(3), 117–127.
  3. Atase Perdagangan KBRI Tokyo. (2021). Laporan analisis intelijen bisnis produk kosmetik atase perdagangan KBRI tokyo 2021. In Kementrian Perdagangan Republik Indonesia 2021.
  4. Beama, C. A. ., Fraga, A. D. S. S. ., & More, E. . (2023). Edukasi Penggunaan dan Bahan Berbahaya pada Kosmetik di SMA Negeri 1 Amanuban Selatan. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(4), 310–314. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.265
  5. Gianeti, M. D., Mercurio, D. G., & Maia Campos, P. M. B. G. (2013). The Use of Green Tea Extract in cosmetic Formulations: Not Only an Antioxidant Active Ingredient. Dermatologic Therapy, 26(3), 267–271. https://doi.org/10.1111/j.1529-8019.2013.01552.x
  6. Gunawan, Y. A., Setyaningrum, I., & Sinaga, F. D. E. L. (2024). Studi Preferensi Konsumen Perempuan Gen-Z Terhadap Produk Kosmetik Cina Pada E-Commerce Shopee. COSTING: Journal of Economic, Bussiness and Accounting, 7(4), 10931–10940. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.11317
  7. Kewo, C. L., & Tuerah, R. M. . (2024). Meningkatkan Minat Kewirausahaan Bagi Siswa-Siswi SMK Dalam Memasuki Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 2003–2008. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9592
  8. Koch, W., Zagórska, J., Marzec, Z., & Kukula-Koch, W. (2019). Applications of tea (Camellia sinensis) and its active constituents in cosmetics. Molecules, 24(23), 1–28. https://doi.org/10.3390/molecules24234277
  9. Lolok, N., & Fitriah, W. O. I. (2023). Education and Training in Making Herbal Soap Products in Puasana Village, South Konawe Regency. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 9(4), 193–196. https://doi.org/10.22146/jpkm.87936
  10. Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008
  11. Nurwaini, S., Alianti, L., Sari, D. A. P., & Utami, W. (2021). Development of sunscreen products containing green tea leaf extract. International Journal of Applied Pharmaceutics, 13(special issue 1), 30–33. https://doi.org/10.22159/ijap.2021.v13s1.Y0085
  12. Oyetakinwhite, P., Tribout, H., & Baron, E. (2012). Protective mechanisms of green tea polyphenols in skin. Oxidative Medicine and Cellular Longevity, 2012. https://doi.org/10.1155/2012/560682
  13. Ratnani, S., & Malik, S. (2022). Therapeutic Properties of Green Tea: A Review. Journal of Multidisciplinary Applied Natural Science, 2(2), 90–102. https://doi.org/10.47352/jmans.2774-3047.117
  14. Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812
  15. Setiawan, I., & Kusuma, E. W. (2019). Edukasi Tentang Kosmetik dan Pelatihan Pembuatan Sediaan Sabun Cair Berbahan Buah Pepaya pada Desa Japan, Kab Magelang. Abdimas Unwahas, 4(1), 69–72. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2698
  16. Shejul, T. S., & Kudale, K. (2023). Facial Serum: Its Formulation, Usage, Special Ingredients, Various Types and Benefits. International Journal of Pharmaceutical Research and Applications, 8(2), 680–692. https://doi.org/10.35629/7781-0802680692
  17. Surini, S., Mubarak, H., & Ramadon, D. (2018). Cosmetic serum containing grape (Vitis vinifera L.) Seed Extract Phytosome: Formulation and in Vitro Penetration Study. Journal of Young Pharmacists, 10(2), s51–s55. https://doi.org/10.5530/jyp.2018.2s.10
  18. Suwarno, K. N., Pratiwi, V. H., Guseynova, S., Safitri, A. N., Hanifah, I. N., Arafat, A., Supianti, N., Mentari, I. A., & Kustiawan, P. M. (2024). Edukasi Pemanfaatan Bahan Alam untuk Kosmetik Guna Membangun Kesadaran Masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 2014–2022. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9256
  19. Syairozi, M., Rosyad, S., & Pambudy, A. P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat sebagai Pengguna Kosmetik Alami Beribu Khasiat Hasil Produk Tani untuk Meminimalkan Pengeluaran Masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Glagah Kab.Lamongan. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(August 2019), 88. https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2271
  20. Widiyanto. (2010). Strategi Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Dudi untuk SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(2), 103–116. https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4920
  21. Wulandari, A., Farida, Y., & Taurhesia, S. (2020). Perbandingan Aktivitas Ekstrak Daun Kelor dan Teh Hijau Serta Kombinasi sebagai Antibakteri Penyebab Jerawat. Jurnal Fitofarmaka Indonesia, 7(2), 23–29. https://doi.org/10.33096/jffi.v7i2.535

Most read articles by the same author(s)