Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Perilaku bepidara dalam penanganan demam bagi masyarakat banjar merupakan kearifan lokal. Namun pengetahuan tentang terkait bukti ilmiah bepidara masih banyak yang belum mengetahui. Tujuan: Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan berbasis bukti ilmiah tentang perilaku budaya bepidara dalam penanganan demam pada masyarakat banjar. Metode: Kegiatan ini menerapkan pendidikan kesehatan dalam bentuk sosialiasasi dan diskusi interaktif tentang bukti ilmiah perilaku budaya bepidara dalam penanganan demam. Pengumpulan data dilakukan secara bertahap yaitu pre tes dan post tes dengan instrumen berupa kuesioner terhadap 33 responden. Analisis data dilakukan dengan dengan tabel distribusi frekuensi secara kategorik dan uji statistik paired t test/ wilcoxon. Hasil: Terjadi peningkatan pengetahuan responden tentang bukti bukti ilmiah perilaku budaya bepidara dalam penanganan demam sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan, baik secara kategorik yang berkategori baik dari 0% menjadi 79% atau dari rerata skor 2 menjadi 7,5. Sedangkan secara analisis dengan uji statistik didapatkan nilai p=0,001 (p<0,005) yang berarti pendidikan kesehatan yang diberikan berdampak pada peningkatan pengetahuan. Kesimpulan: Terjadi peningkatan pengetahuan responden tentang bukti ilmiah perilaku budaya bepidara dalam penanganan demam pada masyarakat banjar setelah diberikan pendidikan kesehatan.

Kata Kunci

Bepidara Banjar Culture Scientific Evidence Fever Management Knowledge Bepidara Budaya Banjar Bukti Ilmiah Penanaganan Demam Pengetahuan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hardiyanti, D., Heryyanoor, H., Restu Pertiwi, M., Maulidawati, M., & Norasiah, N. (2024). Peningkatan Pengetahuan Berbasis Bukti Ilmiah tentang Perilaku Budaya Bepidara dalam Penanganan Demam pada Masyarakat Banjar. Jurnal SOLMA, 13(3), 2279–2286. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16669

Referensi

  1. Agustian, D. R., & Darmawan, B. A. (2022). Analisis Clustering Demam Berdarah Dengue dengan Algoritma K-Medoids (Studi Kasus Kabupaten Karawang). JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 6(1), 18. https://doi.org/10.26798/jiko.v6i1.504
  2. Aini, S. (2023). The Effect of Reading the Quran on Health. Al-Kauniyah: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir, 4(2), 76–86. https://doi.org/10.56874/alkauniyah.v4i2.1654
  3. Anjelina, E., Lestari, R. M., & Prasida, D. W. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pemberian ASI Ekslusif di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Marina Permai Kota Palangka Raya Tahun 2022. Jurnal Surya Medika, 9(1), 126–136. https://doi.org/10.33084/jsm.v9i1.5159
  4. Ariani, M., E.M.Gaghauna, E., & Kurniawati, D. (2022). Edukasi dan Pelatihan Tata Laksana Demam pada Anak Kelurahan Manarap Lama Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Jurnal Suaka Insan Mengabdi (Jsim), 3(2), 87–96. https://doi.org/10.51143/jsim.v3i2.307
  5. Azis, A. (2019). Kunyit (Curcuma domestica Val.) sebagai Obat Antipiretik Abdul Azis Program Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 6(2), 116–120. https://doi.org/10.33024/jikk.v6i2.2265
  6. Cahyaningrum, E. D. (2017). Pengaruh Kompres Bawang Merah terhadap Suhu Tubuh Anak Demam. Bidan Prada, ISBN 978-6, 80–89.
  7. Enikmawati, A., Yuniarsih, H., & Yuningsih, D. (2022). Efektifitas Kompres Air Hangat dan Bawang Merah Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak dengan Demam Typoid The Effectiveness of Warm Water and Onion Compresses on Reducing Body Temperatures of Children With Typoid Fever. Jurnal PROFESI (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 20(1), 89–95. https://doi.org/10.26576/profesi.v20i1.139
  8. Fadillah, A. (2021). Seni Dan Budaya Dalam Pengobatan Tradisional Suku Banjar. CV Mine.
  9. Febriani, K., Candrawati, E., & Putri, R. M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan dalam Pemilihan Jajan pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Journal Nursing News, XI(1), 31–37. https://doi.org/10.33366/nn.v3i1.821
  10. Ghiasi, A., & Keramat, A. (2018). The Effect of Listening to Holy Quran Recitation on Anxiety: A Systematic Review. Iranian Journal o Nursing And Midwifery Research, 23(6), 411–420. https://doi.org/10.4103/ijnmr.IJNMR_173_17
  11. Hadinata et al. (2022). Patofisiologi. Edu Publisher.
  12. Hardiyanti et al. (2024). Knowledge and Experience of The Banjar Community in Overcoming Fevers Based on Culture and Health. Indonesian Journal of Global Health Research, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.37287/ijghr.v6i1.2595
  13. Heryyanoor, H., Hardiyanti, D., & Pertiwi, M. R. (2022). Improving Family Knowledge and Attitudes on Malnutrition Through Family Centered Nursing-Based Modules and Videos. INTEREST: Jurnal Ilmu Kesehatan, 11(2). https://doi.org/10.37341/interest.v0i0.512
  14. Iskandar, M., Rukmana, P., & Fadila, N. (2024). Peningkatan Pengetahuan Siswa Dalam Menciptakan PHBS di Tatanan Sekolah. Jurnal SOLMA, 13(2), 1230–1236. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15077.
  15. Kusyani, A., Robiyah, A., & Nisa, D. K. (2022). Asuhan Keperawatan Anak dengan Kejang Demam dan Diare. Penerbit NEM.
  16. Laili et al. (2024). Pandangan Masyarakat Banjar terhadap Kebudayaan Bepidara. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 63–74. https://doi.org/10.55606/religion.v3i2.917
  17. Megawati, M., Rohayati, N., & Sa’adah, N. S. (2022). Kajian Etnomedisin (Bapidara) Sebagai Terapi Kompelementer di Masa Pandemi. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 4(2), 109. https://doi.org/10.18592/msr.v4i2.7665
  18. Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
  19. Nadiastira, M. P., Gemantari, B. M., & Ramadhan, L. (2020). Kompres Bawang Merah sebagai Antipiretik pada Anak : Systematic Literature Review. Program Studi Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Hamzanwadi.
  20. Nahirniak, V., Kusniak, N., Kashperuk-Karpiuk, I., Andrushchak, L., Protsak, T., & Pentelejchuk, N. (2019). Studying Changes of the Effective Radius in Blood Vessels After Exposure of Lower Extremities to Periodical Mechanical Vibrations. Journal of Biomedical Physics and Engineering, 9(6), 673–678. https://doi.org/10.31661/jbpe.v0i0.1168
  21. Nuridah, N., Yuhanah, Y., Nasus, E., & Yodang, Y. (2023). Manajemen Demam pada Anak dengan Pendekatan Kearifan Lokal Berbasis Etnomedicine Masyarakat Bugis. Jurnal Endurance, 8(3), 520–527.
  22. Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879
  23. Rico, M., & Fatma Nadilla, D. (2024). Eksplorasi Mekanisme Bapidara Sebagai Etnomedisin Pada Masyarakat Gang Cendrawasih Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 9(1), 1–15. https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v9i1.5156
  24. Rukmana, B. F., Husen, L. M. S., & Aini, H. U. N. (2022). Pengaruh Pemberian Kompres Hangat terhadap Penurunan Suhu Tubuh pada Anak yang Terkena Typhoid Fever. Nursing Information Journal, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.54832/nij.v1i2.192
  25. Safitri, M. N., Argarini, D., & Widiastuti, S. (2022). Analisis Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu terhadap Pengelolaan Demam pada Anak Balita di Perum Puri Bukit Depok. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 2(3), 401–409. https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i3.6072
  26. Sari, E. K., & Ariningpraja, R. T. (2021). Demam Mengenal Demam & Aspek Perawatannya. Universitas Brawijaya Press.
  27. Sidiq, R. (2018). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan Kader Posyandu tentang Pencegahan Pneumonia pada Balita. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 3(1), 22. https://doi.org/10.30867/action.v3i1.92

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama