Main Article Content
Abstract
Background: Banyaknya pesantren di Kecamatan Senori yang mempunyai peran baik di Pendidikan, sosial, budaya dan sebagainya memerlukan perhatian untuk pemeliharaan baik sarana prasarana maupun kegiatan-kegiatan yang positif yang diadakan oleh Robithah Ma’ahid Islam (RMI). Tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali keterampilan digitalisasi pesantren untuk pihak pesantren yang berafiliasi Robithah Ma’ahid Islam (RMI) agar bisa mengembangkan dan meningkatkan pembelajaran sehingga mampu melestarikan khasanah Nusantara dan Keislaman. Metode: Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ABCD. Pendampingan diterapkan ke Robithah Ma’ahid Islam (RMI) dengan para pihak pesantren yang berafiliasi Robithah Ma’ahid Islam (RMI) MWC NU Kecamatan Senori yang terdapat 23 Pesantren. Peserta dalam Pendampingan digitalisasi ini ada 46 orang yang berasal dari pihak-pihak pesantren (pengasuh, Ustadz-Ustadzah dan santri). Hasil: Hasil pendampingan ini adalah oleh Robithah Ma’ahid Islam (RMI) MWC NU Kecamatan Senori dan pihak-pihak pesantren (Pengasuh, Ustadz-Ustadzah dan Santri) mengetahui tentang digitalisasi pesantren melalui pegon keyboard virtual dan rumah kitab, disamping hal tersebut Robithah Ma’ahid Islam (RMI) MWC NU Kecamatan Senori dan pihak-pihak pesantren (Pengasuh, Ustadz-Ustadzah dan Santri) juga mampu menerapkan digitalisasi pesantren melalui pegon keyboard virtual dan rumah kitab dalam melestarikan khasanah Nusantara dan Keislaman.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anwar, H. S., Denata, R., & Firdaus, A. I. I. (2023). Digitalisasi Pendidikan Pesantren melalui Sistem Pembayaran Cashless Menggunakan Ngabar Smart Payment di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar. Jurnal Pendidikan Islam, 4.
- Arifin, S. (2017). Dinamika Kepemimpinan Pondok Pesantren. FIKROTUNA, 4(2). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2751
- Burhanudin, M. (2017). Nilai Humanisme Religius Syiir Pesantren. Jurnal Sastra Indonesia, 6(1), Article 1.
- Cahyo, A. N., Wonoanti, M., & Pacitan, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing SDIT Ar Rahmah, Pacitan. Muslim Heritage, 1(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v1i2.600
- Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v2i1.547
- Elmubarok, Z., & Qutni, D. (2020). Bahasa Arab Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam di Pesisir Jawa. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/la.v9i1.39312
- Fiqih, M. A. (2022). Peran Pesantren dalam Menjaga Tradisi-Budaya dan Moral Bangsa. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 4(1).
- Fitriani, L., Kurniawati, R., Hilmy, Z., Oktaviani, S., Nugraha, I., Maulana, R. S., Maryana, T., Pamungkas, M. I. I. S., Alamsyah, R., Nisa, Z. K., Nuriah, S., & Rosidin, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Daring Kepada Masyarakat Desa Cibunar di Era Covid-19. Jurnal PkM MIFTEK, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.876
- Kinansyah, D. H., & Pujianto, E. W. (2023). Peluang dan Tantangan Santri di Era Digital (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Al Amin Sidoarjo). Journal of Management and Social Sciences, 2(3), 194–205. https://doi.org/10.55606/jimas.v2i3.402
- Pajriah, S. (2018). Peran Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Pariwisata Budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25. https://doi.org/10.25157/ja.v5i1.1913
- Rinawati, A., Arifah, U., & H, A. F. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376
- Rohman, M. A., Izati, N., & Khosim, A. (2022). Eksistensi Aksara Pegon: Media Penyebaran Ilmu Agama di Demak Kota Wali dengan Pendekatan Mix Method. Asyafina Journal: Jurnal Akademi Pesantren, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.2896/asyafina.v1i3.5
- Safanawati, S. K., & Cms, S. (2020). Kegiatan Alih Media Koleksi Antiquariat Di Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 3(1), 115. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i1.807
- Siregar, E. Z. (2021). Peran Kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ibu dan Anak. Jurnal at-Taghyir: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, 3(2), 171–186. https://doi.org/10.24952/taghyir.v3i2.3930
- Tsauri, S., & Wahidah, F. (2023). Strategi Kepemimpinan Entrepreneurship Kiai dalam Eskalasi Kemandirian Santri Melalui Pendidikan Terpadu di Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 62–84. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.361
- Wau, H. A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.435
- Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735
References
Anwar, H. S., Denata, R., & Firdaus, A. I. I. (2023). Digitalisasi Pendidikan Pesantren melalui Sistem Pembayaran Cashless Menggunakan Ngabar Smart Payment di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar. Jurnal Pendidikan Islam, 4.
Arifin, S. (2017). Dinamika Kepemimpinan Pondok Pesantren. FIKROTUNA, 4(2). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2751
Burhanudin, M. (2017). Nilai Humanisme Religius Syiir Pesantren. Jurnal Sastra Indonesia, 6(1), Article 1.
Cahyo, A. N., Wonoanti, M., & Pacitan, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing SDIT Ar Rahmah, Pacitan. Muslim Heritage, 1(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v1i2.600
Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v2i1.547
Elmubarok, Z., & Qutni, D. (2020). Bahasa Arab Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam di Pesisir Jawa. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/la.v9i1.39312
Fiqih, M. A. (2022). Peran Pesantren dalam Menjaga Tradisi-Budaya dan Moral Bangsa. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 4(1).
Fitriani, L., Kurniawati, R., Hilmy, Z., Oktaviani, S., Nugraha, I., Maulana, R. S., Maryana, T., Pamungkas, M. I. I. S., Alamsyah, R., Nisa, Z. K., Nuriah, S., & Rosidin, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Daring Kepada Masyarakat Desa Cibunar di Era Covid-19. Jurnal PkM MIFTEK, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.876
Kinansyah, D. H., & Pujianto, E. W. (2023). Peluang dan Tantangan Santri di Era Digital (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Al Amin Sidoarjo). Journal of Management and Social Sciences, 2(3), 194–205. https://doi.org/10.55606/jimas.v2i3.402
Pajriah, S. (2018). Peran Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Pariwisata Budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25. https://doi.org/10.25157/ja.v5i1.1913
Rinawati, A., Arifah, U., & H, A. F. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376
Rohman, M. A., Izati, N., & Khosim, A. (2022). Eksistensi Aksara Pegon: Media Penyebaran Ilmu Agama di Demak Kota Wali dengan Pendekatan Mix Method. Asyafina Journal: Jurnal Akademi Pesantren, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.2896/asyafina.v1i3.5
Safanawati, S. K., & Cms, S. (2020). Kegiatan Alih Media Koleksi Antiquariat Di Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 3(1), 115. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i1.807
Siregar, E. Z. (2021). Peran Kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ibu dan Anak. Jurnal at-Taghyir: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, 3(2), 171–186. https://doi.org/10.24952/taghyir.v3i2.3930
Tsauri, S., & Wahidah, F. (2023). Strategi Kepemimpinan Entrepreneurship Kiai dalam Eskalasi Kemandirian Santri Melalui Pendidikan Terpadu di Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 62–84. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.361
Wau, H. A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.435
Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735