Main Article Content

Abstract

Background: Banyaknya pesantren di Kecamatan Senori yang mempunyai peran baik di Pendidikan, sosial, budaya dan sebagainya memerlukan perhatian untuk pemeliharaan baik sarana prasarana maupun kegiatan-kegiatan yang positif yang diadakan oleh Robithah Ma’ahid Islam (RMI). Tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali keterampilan digitalisasi pesantren untuk pihak pesantren yang berafiliasi Robithah Ma’ahid Islam (RMI) agar bisa mengembangkan dan meningkatkan pembelajaran sehingga mampu melestarikan khasanah Nusantara dan Keislaman. Metode: Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ABCD. Pendampingan diterapkan ke Robithah Ma’ahid Islam (RMI) dengan para pihak pesantren yang berafiliasi Robithah Ma’ahid Islam (RMI) MWC NU Kecamatan Senori yang terdapat 23 Pesantren. Peserta dalam Pendampingan digitalisasi ini ada 46 orang yang berasal dari pihak-pihak pesantren (pengasuh, Ustadz-Ustadzah dan santri). Hasil: Hasil pendampingan ini adalah oleh Robithah Ma’ahid Islam (RMI) MWC NU Kecamatan Senori dan pihak-pihak pesantren (Pengasuh, Ustadz-Ustadzah dan Santri) mengetahui tentang digitalisasi pesantren melalui pegon keyboard virtual dan rumah kitab, disamping hal tersebut Robithah Ma’ahid Islam (RMI) MWC NU Kecamatan Senori dan pihak-pihak pesantren (Pengasuh, Ustadz-Ustadzah dan Santri) juga mampu menerapkan digitalisasi pesantren melalui pegon keyboard virtual dan rumah kitab dalam melestarikan khasanah Nusantara dan Keislaman.

Keywords

digital pondok pesantren Digitalisasi Pesantren Pegon Keyboard Virtual Keislaman Nusantara Rumah Kitab

Article Details

How to Cite
Mamlu’ah, A., Rohmawati, U. B., Fauziyah, R., & Jalil, A. (2024). Pendampingan Digitalisasi Pesantren dalam Melestarikan Khasanah Nusantara dan Keislaman Melalui Pegon Keyboard Virtual dan Rumah Kitab : Pegon Keyboard Virtual Dan Rumah Kitabulva . Jurnal SOLMA, 13(3), 2618–2625. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/16663

References

  1. Anwar, H. S., Denata, R., & Firdaus, A. I. I. (2023). Digitalisasi Pendidikan Pesantren melalui Sistem Pembayaran Cashless Menggunakan Ngabar Smart Payment di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar. Jurnal Pendidikan Islam, 4.
  2. Arifin, S. (2017). Dinamika Kepemimpinan Pondok Pesantren. FIKROTUNA, 4(2). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2751
  3. Burhanudin, M. (2017). Nilai Humanisme Religius Syiir Pesantren. Jurnal Sastra Indonesia, 6(1), Article 1.
  4. Cahyo, A. N., Wonoanti, M., & Pacitan, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing SDIT Ar Rahmah, Pacitan. Muslim Heritage, 1(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v1i2.600
  5. Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v2i1.547
  6. Elmubarok, Z., & Qutni, D. (2020). Bahasa Arab Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam di Pesisir Jawa. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/la.v9i1.39312
  7. Fiqih, M. A. (2022). Peran Pesantren dalam Menjaga Tradisi-Budaya dan Moral Bangsa. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 4(1).
  8. Fitriani, L., Kurniawati, R., Hilmy, Z., Oktaviani, S., Nugraha, I., Maulana, R. S., Maryana, T., Pamungkas, M. I. I. S., Alamsyah, R., Nisa, Z. K., Nuriah, S., & Rosidin, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Daring Kepada Masyarakat Desa Cibunar di Era Covid-19. Jurnal PkM MIFTEK, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.876
  9. Kinansyah, D. H., & Pujianto, E. W. (2023). Peluang dan Tantangan Santri di Era Digital (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Al Amin Sidoarjo). Journal of Management and Social Sciences, 2(3), 194–205. https://doi.org/10.55606/jimas.v2i3.402
  10. Pajriah, S. (2018). Peran Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Pariwisata Budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25. https://doi.org/10.25157/ja.v5i1.1913
  11. Rinawati, A., Arifah, U., & H, A. F. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376
  12. Rohman, M. A., Izati, N., & Khosim, A. (2022). Eksistensi Aksara Pegon: Media Penyebaran Ilmu Agama di Demak Kota Wali dengan Pendekatan Mix Method. Asyafina Journal: Jurnal Akademi Pesantren, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.2896/asyafina.v1i3.5
  13. Safanawati, S. K., & Cms, S. (2020). Kegiatan Alih Media Koleksi Antiquariat Di Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 3(1), 115. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i1.807
  14. Siregar, E. Z. (2021). Peran Kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ibu dan Anak. Jurnal at-Taghyir: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, 3(2), 171–186. https://doi.org/10.24952/taghyir.v3i2.3930
  15. Tsauri, S., & Wahidah, F. (2023). Strategi Kepemimpinan Entrepreneurship Kiai dalam Eskalasi Kemandirian Santri Melalui Pendidikan Terpadu di Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 62–84. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.361
  16. Wau, H. A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.435
  17. Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735