Main Article Content
Abstract
Background: Pendidikan 5.0 merupakan pendidikan berbasis digitalisasi. Guru sebagai Society 5.0 atau masyarakat 5.0 dalam bidang pendidikan dituntut untuk dapat mengadaptasi diri dengan tuntutan pendidikan saat ini, salah satunya dengan mengikuti alur teknologi untuk meningkatkan kekayaan intelektual serta integritas sosial. Tetapi, tidak semua guru mampu beradaptasi memenuhi tuntutuan tersebut dengan cepat. Khususnnya dalam pemanfaatan dan pembuatan media pembelajaran berbasis digital (E-Media). Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah melaksanakan sosialisasi pemanfaatan App Assemblr Edu dan pendampingan pembuatan E-media 3 dimensi kepada guru SD N Kalisalam 2 agar memilki kompetensi dalam mengadaptasi dan teknologi dalam pembelajaran yang dilakukan. Metode: Metode pelaksanaan dalam kegiatan sosialisasi ini antara lain (1) tahap persiapan, yaitu melaksanakan observasi lapangan dengan wawancara lisan kepada guru responden terkait dengan karakteristik pembelajaran, sarana dan pra sarana sekolah. (2) tahap pelaksanaan, yaitu (a) memberikan penjelasan sosialisasi tentang materi pemanfaatan App Assemblr Edu (b) melaksanakan pendampingan pembuatan E- media 3 Dimensi berbasis Assemblr Edu. Hasil: Responden guru mengatakan bahwa E-media ini juga merupakan bahan ajar berbasis 3D yang menarik dan dapat memunculkan rasa ingin tahu siswa, serta meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. Kesimpulan: Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bahwa persiapan dan tahapan pelaksanaan berjalan dengan lancar, kegiataan sosialisasi ini berhasil mengatasi permasalahan utama yang dihadapi oleh guru di SD, yaitu kurangnya pemahaman guru terhadap pemanfataan aplikasi pembelajaran digital dan kesulitan dalam membuat media pembelajaran berbasis digital. setelah mengikuti kegiatan ini guru sebagai masyarakat 5.0 merasa siap untuk berperan aktif dan mengembangkan kompetensi sesuai tuntutan pembelajaran di era pendidikan 5.0.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Agusalim, Akbar, Azaz, Kamarudin, Ali, A. Muh, Yurfiah, & Asril. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Pada Guru Sd Negeri 1 Kapoa Buton Selatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 5(2), 94–102. https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1192
- Alifah, Siti. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
- Anjarwati, a., qomariyah, r. S., putri, m. K., rohman, a. P. E., & royyana, m. D. (2022, august). Integrasi pendekatan steam-project based learning (pjbl) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas v sdn sukabumi 2 probolinggo. In seminar nasional sosial, sains, pendidikan, humaniora (senassdra) (vol. 1, no. 1, pp. 1031-1038
- Arrum, A. H. ., & Fuada, S. (2022). Penguatan Pembelajaran Daring di SDN Jakasampurna V Kota Bekasi, Jawa Barat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR). ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 502–510. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1181
- Chairudin, Muhamad, Nurhanifah, Nurhanifah, Yustianingsih, Trifirma, Aidah, Zahratul, Atoillah, Atoillah, & Sofian Hadi, Muhamad. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi ASSEMBLR EDU Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Communnity Development Journal, 4(2), 1312–1318. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12881
- Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98-109. http://dx.doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961
- Dewi, & Hammer, Welfarina. (2019). Sosialisasi Menumbuhkan Minat Siswa-Siswi Akan Investasi Jangka Panjang Diera Milineal 4.0 Bidang Pendidikan Di Desa Wates Kecamatan Way Ratai. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1759
- Feby, Rizky, & Siregar, Tiur. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(2), 294–302. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2803
- Hayati, D. A. (2022). Penerapan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan …, 633–651.
- Kaldjubi Kesa, Imran, & Sainuddin, Ibnu Hajar. (2020). Pengoperasian Penelitian Grounded theory. As-Shaff, 1(1), 14–23. Retrieved from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0020748909003629
- Lino Padang, Fitha Armeinty, Ramlawati, Ramlawati, & Yunus, Sitti Rahma. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46
- Nugrohadi, Saptono, & Anwar, Muchamad Taufiq. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.11953
- Putra.hendi.s. (2020). Pendampingan anak terlantar di kota bengkulu hendi sastra putra lembaga konsultasi dan bantuan hukum universitas muhammadiyah bengkulu jalan bali , kampung bali , kecamatan teluk segara , kota bengkulu , bengkulu email : hendi.s.putra@yahoo.co.id. 5(1), 21.
- Rini. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Assemblr Edu (AR) Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Bagi Guru SMK. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.283
- Saadiyah, ani. (2022). Model project based learning ( pjbl ) dengan Augmented Reality ( ar ) untuk meningkatkan kreativitas siswa digital natives implementation of project based learning ( pjbl ) within Augmented Reality ( ar ) to improve creativity of digital natives students. 06(phase 1), 85–92. https://doi.org/10.30743/pascal.v6i2.6319
- Sitepu, Ekalias Noka. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
- Warastri, Nasywa Tsany. (2023). Tantangan Dan Upaya Guru Profesional Di Era Revolusi 5 . 0. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM : Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 14.
References
Agusalim, Akbar, Azaz, Kamarudin, Ali, A. Muh, Yurfiah, & Asril. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Pada Guru Sd Negeri 1 Kapoa Buton Selatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 5(2), 94–102. https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1192
Alifah, Siti. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Anjarwati, a., qomariyah, r. S., putri, m. K., rohman, a. P. E., & royyana, m. D. (2022, august). Integrasi pendekatan steam-project based learning (pjbl) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas v sdn sukabumi 2 probolinggo. In seminar nasional sosial, sains, pendidikan, humaniora (senassdra) (vol. 1, no. 1, pp. 1031-1038
Arrum, A. H. ., & Fuada, S. (2022). Penguatan Pembelajaran Daring di SDN Jakasampurna V Kota Bekasi, Jawa Barat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR). ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 502–510. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1181
Chairudin, Muhamad, Nurhanifah, Nurhanifah, Yustianingsih, Trifirma, Aidah, Zahratul, Atoillah, Atoillah, & Sofian Hadi, Muhamad. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi ASSEMBLR EDU Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Communnity Development Journal, 4(2), 1312–1318. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12881
Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98-109. http://dx.doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961
Dewi, & Hammer, Welfarina. (2019). Sosialisasi Menumbuhkan Minat Siswa-Siswi Akan Investasi Jangka Panjang Diera Milineal 4.0 Bidang Pendidikan Di Desa Wates Kecamatan Way Ratai. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1759
Feby, Rizky, & Siregar, Tiur. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(2), 294–302. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2803
Hayati, D. A. (2022). Penerapan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan …, 633–651.
Kaldjubi Kesa, Imran, & Sainuddin, Ibnu Hajar. (2020). Pengoperasian Penelitian Grounded theory. As-Shaff, 1(1), 14–23. Retrieved from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0020748909003629
Lino Padang, Fitha Armeinty, Ramlawati, Ramlawati, & Yunus, Sitti Rahma. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46
Nugrohadi, Saptono, & Anwar, Muchamad Taufiq. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.11953
Putra.hendi.s. (2020). Pendampingan anak terlantar di kota bengkulu hendi sastra putra lembaga konsultasi dan bantuan hukum universitas muhammadiyah bengkulu jalan bali , kampung bali , kecamatan teluk segara , kota bengkulu , bengkulu email : hendi.s.putra@yahoo.co.id. 5(1), 21.
Rini. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Assemblr Edu (AR) Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Bagi Guru SMK. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.283
Saadiyah, ani. (2022). Model project based learning ( pjbl ) dengan Augmented Reality ( ar ) untuk meningkatkan kreativitas siswa digital natives implementation of project based learning ( pjbl ) within Augmented Reality ( ar ) to improve creativity of digital natives students. 06(phase 1), 85–92. https://doi.org/10.30743/pascal.v6i2.6319
Sitepu, Ekalias Noka. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Warastri, Nasywa Tsany. (2023). Tantangan Dan Upaya Guru Profesional Di Era Revolusi 5 . 0. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM : Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 14.