Main Article Content

Abstract

Background: Ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang memiliki anggota istri nelayan, belum memahami pemasaran digital produk pangan mie dari limbah cangkang rajungan yang memiliki gizi tinggi. Padahal dengan pemasaran digital yang tepat, ibu-ibu PKK dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK dalam menggunakan media sosial, website dan fitur e-commerce untuk memasarkan produk mie cangkang rajungan. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini meliputi pemaparan materi, simulasi IPTEK, dan pembuatan media pemasaran digital. Pesertanya merupakan ibu-ibu PKK yang juga istri para nelayan Desa Sukajaya berjumlah 18 orang. Untuk mengukur adanya peningkatan pengetahuan peserta, maka Tim PKM melakukan uji statistik nonparametrik Wilcoxon Signed Rank. Hasil: Hasilnya ditemukan bahwa nilai Z yang diperoleh sebesar -3,787 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 dimana kurang dari batas kritis 0,05 (5%). Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti kegiatan PKM tentang Komunikasi Pemasaran Digital dan Strategi Branding. Kesimpulan: Para peserta mampu membuat nama merek untuk produk olahan limbah cangkang rajungan dengan nama MICARUKA, logonya, kemasannya, websitenya, akun media sosialnya, hingga konten pemasaran MICARUKA di media sosial.

Keywords

branding strategy Crab Shell Digital Marketing Communication Noodle Food cangkang rajungan komunikasi pemasaran digital pangan mie strategi merek

Article Details

How to Cite
Sianturi, H. R. P., Dharta, F. Y., & Simanungkalit, S. F. (2025). Meningkatkan Komunikasi Pemasaran Digital dan Strategi Branding Produk Olahan Limbah Cangkang Rajungan pada Anggota PKK (Istri Nelayan) di Desa Sukajaya Karawang. Jurnal SOLMA, 14(1), 1451–1464. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16632

References

  1. Abdurrahman, D. I., Dienaputra, R. D., Wardiani, S. R., & Rachmat, N. (2022). Estetika Morfologi Logo. Jurnal Panggung, 32(1), 105–119. https://doi.org/ 10.26742/panggung.v32i1.2115
  2. Adi, C. P. (2023). Tingkat Pendapatan Nelayan di Pasir Putih, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Karawang (JIKA), 1(1), 26–36.
  3. Aditya, D., Sumarni, M., Sari, J. D. P., & Chalil, R. D. (2024). Strategi visual branding dalam meningkatkan minat beli ulang Mie Balap Mak Nong di Kota Langsa. Journal of Management and Digital Business, 4(1), 80–96. https://doi.org/10.53088/jmdb.v4i1.851
  4. Alinti, S. N., Nursinar, S., & Paramata, A. R. (2023). Peran Istri dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Nelayan di Desa Kayubulan Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan , 11 (2) 97-102. https://doi.org/10.37905/nj.v11i2.1305
  5. Annisa, F., Fadli, M. R., Suherman, N., & Prawira, I. F. A. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran melalui TikTok terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Literatur. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.60036/jbm.v4i1.art2
  6. Aryani, D., Setiadi, A., Nugroho, A. S., Junaedi, D., Rasyidin, A. F., & Prastiawan, Y. (2015). Peranan Penting Nama Domain dalam Media Pemasaran Toko Online. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 3(1). https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/713/683
  7. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia. https://survei1.apjii.or.id/download_survei/18b65019-bb3a-4915-acff-5579289a249b
  8. BPS Kabupaten Karawang. (2024). Kecamatan Cilamaya Kulon dalam Angka 2024. 20. https://karawangkab.bps.go.id/id/publication/2024/09/26/4cba89cce9b6d23711e8f78a/kecamatan-cilamaya-kulon-dalam-angka-2024.html
  9. Budaya, I. G. B. A., Agustino, D. P., & Martha, G. I. R. (2023). Literasi Digital Marketing untuk Produk Pangan Kelompok Wanita Tani Dewi Catur. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(3), 69–74. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i3.328
  10. Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business Research Methods. New York: McGrawHil..
  11. Frederica, T., & Oktavianti, R. (2023). Pemanfaatan Media Digital sebagai Sarana Pemasaran Perusahaan Properti. Prologia, 7(2), 379–389. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21419
  12. Ghina, A. F., & Elsanti, D. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Toddler Di Wilayah Puskesmas I Langkaplancar Ciamis Jawa Barat. Borobudur Nursing Review, 2(2), 135–144. https://doi.org/10.31603/bnur.7860
  13. Hamka, M. I., Wiharto, M., & Fadilah, R. (2020). Pemanfaatan Cangkang Rajungan (Portunus pelagicus. Sp) dan Eceng Gondok Sebagai Sumber Kalsium Pada Pakan Ayam. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 6(1), 89. https://doi.org/10.26858/jptp.v6i1.10419
  14. Hendrayani, Y., & Manihuruk, H. (2020). Redesain Kemasan dalam Meningkatkan Brand Awareness Produk Unggulan UKM Cilodong Berkarya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8338
  15. Imam Bushiri, M., Asiyah, S., & Farida, E. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan pada UMKM Sarbini Kepiting di Desa Pinggirpapas Kabupaten Sumenep. Jurnal SOLMA, 13(1), 513–522. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14604
  16. Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
  17. Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management.
  18. Maulida, & Hamama, S. F. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Tipe Pilihan Ganda dalam Evaluasi Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sel Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5 (1). https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
  19. Paramitasari, N., & Magdalena, B. (2021). Penerapan merek dan digital marketing dalam produksi pangan beras desa banjarsari. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(01), 42–51. https://doi.org/10.24967/jams.v2i01.1226
  20. Sembiluh, D. S., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 5(3), 224–232. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2135
  21. Statista. (2024). Indonesia: E-commerce number of users 2020-2029. https://www.statista.com/forecasts/251635/e-commerce-users-in-indonesia
  22. Thompson, A. (2024). Digital 2024: 5 Billion Social Media Users. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/
  23. Wahyudin. (2024). Analisis Situasi TPI Pasir Putih Desa Sukajaya, Cilamaya Kulon, Karawang.
  24. Zwagery, F. A., Adnan, F., & Kahar, A. (2022). Pemanfaatan Limbah Rajungan Untuk Memproduksi Kitosan Sebagai Pupuk Organik Cair dalam Penentuan Volume Optimum pada Tanaman Bawang Dayak. Jurnal Teknologi Lingkungan UNMUL, 6(1), 25. https://doi.org/10.30872/jtlunmul.v6i1.7163

Most read articles by the same author(s)