Main Article Content

Abstract

Background: Ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang memiliki anggota istri nelayan, belum memahami pemasaran digital produk pangan mie dari limbah cangkang rajungan yang memiliki gizi tinggi. Padahal dengan pemasaran digital yang tepat, ibu-ibu PKK dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK dalam menggunakan media sosial, website dan fitur e-commerce untuk memasarkan produk mie cangkang rajungan. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini meliputi pemaparan materi, simulasi IPTEK, dan pembuatan media pemasaran digital. Pesertanya merupakan ibu-ibu PKK yang juga istri para nelayan Desa Sukajaya berjumlah 18 orang. Untuk mengukur adanya peningkatan pengetahuan peserta, maka Tim PKM melakukan uji statistik nonparametrik Wilcoxon Signed Rank. Hasil: Hasilnya ditemukan bahwa nilai Z yang diperoleh sebesar -3,787 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 dimana kurang dari batas kritis 0,05 (5%). Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti kegiatan PKM tentang Komunikasi Pemasaran Digital dan Strategi Branding. Kesimpulan: Para peserta mampu membuat nama merek untuk produk olahan limbah cangkang rajungan dengan nama MICARUKA, logonya, kemasannya, websitenya, akun media sosialnya, hingga konten pemasaran MICARUKA di media sosial.

Keywords

branding strategy Crab Shell Digital Marketing Communication Noodle Food cangkang rajungan komunikasi pemasaran digital pangan mie strategi merek

Article Details

How to Cite
Sianturi, H. R. P., Dharta, F. Y., & Simanungkalit, S. F. (2025). Meningkatkan Komunikasi Pemasaran Digital dan Strategi Branding Produk Olahan Limbah Cangkang Rajungan pada Anggota PKK (Istri Nelayan) di Desa Sukajaya Karawang. Jurnal SOLMA, 14(1), 1451–1464. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16632

References

Read More

Most read articles by the same author(s)