Main Article Content

Abstract

Background: Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2022 menjelaskan UMKM sendiri memiliki tempat dalam funding dan booster Kontribusi Product Domestic Bruto (PDB). Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menguatkan UMKM pasar dodol serdang bedagai melalui digital marketing dan branding transaction. Metode: Metodologi yang dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi, melakukan pelatihan, Penerapan Teknologi, Pendampingan dan Evaluasi dan Keberlanjutan Program di Kelompok Penjual Dodol Pasar Bengkel (PDPB) Kecamatan Perbaungan. Hasil: Kegiatan telah dilakukan telah terjadi peningkatan dalam dimensionalitas produksi, manajemen usaha dan pemasaran produk dengan penerapan teknologi E-Buydol, Pelatihan Digital marketing dan Branding Produk dengan media sosial. Kesimpulan: Meningkatnya pemahaman penjual dan pengusaha dodol terhadap digital marketing dengan peningkatan penjualan hingga 2 % hingga adanya upaya dilakukannya tindak lanjut dalam penguatan kerjasama daerah.

Keywords

Branding Transaction E-Buydol Platform Ekonomi Teknologi Informasi Branding Transaction E-Buydol Economic Platform Information Technology

Article Details

How to Cite
Izharsyah, J. R., Lubis, F. H., Ammrullah, A., Sari, D. S., & Panjaitan, P. A. (2024). Penggunaan E-Buydol dalam Penguatan UMKM Dodol Pasar Bengkel Serdang Bedagai Berbasis E-CBT. Jurnal SOLMA, 13(3), 2055–2065. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16417

References

  1. Amrullah, & Al-khowarizmi. (2022). Implementation Of Linear Congruent Method in Online Exam Applications For SMK Students. Jurnal Infokum, 10(5), 376–383.
  2. Ansell C, A. G. (2017). Collaborative Platforms as a Governance Strategy. Journal of Public Administration Research and Theory, 28(1), 16–32. https://doi.org/10.1093/jopart/mux030
  3. Burhan, B. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif : aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kotemporer (Cetakan 11). Depok : Rajawali Pers.
  4. Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
  5. Fachruddin, M. … Basri, H. (2022). Collaborative Governance dalam Pengembangan UMKM pada Era Revolusi Industri 4.0 di Kabupaten Fakfak. Open MenuJurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6437–6445. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9315
  6. Gaol, A. L. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Penjualan Usaha Dodol di Desa Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (VISH), 02(02), 286–304.
  7. Gea, F. (2022). Analisis SWOT Strategi Bertahan Usaha Dodol Pasar Bengkel Pasca Beroperasinya TOL Trans Sumatera Di Kabupaten Serdang Bedagai. In Tesis. https://doi.org/http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44463
  8. Gunarso Wiwoho. (2022). FGD : Strategi Pemberdayaan Pada Sektor Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kebumen. Journal of Community Service and Empowerment (JCSE), 3(2), 156–161.
  9. Hafizah … Setiawan, D. (2023). Application Of The Moora Method In The Decision Support System For Selecting The Best Font Authors On Ably Creative Font. Journal of Science and Social Research, 6(1), 255–262.
  10. Iskandar, J. … Fitriyasari, M. (2022). Penguatan Strategi Marketing Industri Kreatif Masyarakat (UMKM) Melalui Branding Design. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(03), 1509–1514. https://stp-mataram.e-journal.id/Amal
  11. Istiatin … AY., B. (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Program Penanganan Dan Pencegahan Penyebaran COVID-19 Guna Meredam Kepanikan Sosial Di Wilayah Desa Gentan. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 260–269.
  12. Januardin dan Samosir. (2019). Dampak Pembangunan Tol Tebing Tinggi - Medan Terhadap UMKM Di Pasar Bengkel Perbaungan. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan (pp. 472–479).
  13. Jehan & Faizal. (2021). Mapping And Construct Bumdes Di Kabupaten Simalungun (Nagori Totap Majawa, Nagori Marubun Jaya, Nagori Parbalogan). JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 2031–2041.
  14. Kurniati, A. … Hamzah, F. A. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kelompok Buzz Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 111–118.
  15. Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-commerce : Business, technology, society. Pearson.
  16. Mala, I. K. (2021). E-Government: Efektivitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Syariah Di Pegadaian Cabang Malang. Jurnal At-Tamwil:Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 154–166.
  17. Manullang, J., & Samosir, H. (2019a). Analisis Dampak Pembangunan Jalan TOL Medan- Tebing Tinggi Terhadap Kegiatan Jajanan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Pasar Bengkel. Jurnal Bisnis Terapan, 3(2), 167–178. https://doi.org/https://doi.org/10.24123/jbt.v3i02.2512
  18. Manullang, J., & Samosir, H. (2019b). Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Kuntansi Dan Finansial Indonesia, 3(1), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jiafi.v3i1.1516
  19. Manurung, Y. H., & Siregar, F. S. (2018). Developing Students’ Critical Thinking On Speaking Through Socratic Questioning Methode. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2018), 263, 212–216.
  20. Naeruz milla et.al. (2022). Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera terhadap Pendapatan Masyarakat Bagian Sumatera Utara (Medan-Tebing Tinggi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 527–532.
  21. Sari, A. S. (2016). Pengembangan Buku Digital Melalui Aplikasi Sigil Pada Mata Kuliah Cookies Dan Candys. Jurnal Science Tech, 1(2), 46–54.
  22. Wulandari, Y. W., & Nuraini, V. (2020). Pendampingan Pengemasan Teh Mawar Untuk Mewujudkan Wirausaha Yang Berkelanjutan Di Desa Clutang Provinsi Jawa Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol 4, No 5 (2020): November, 948–957. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/downloadSuppFile/3073/690