Main Article Content

Abstract

Background: Penelitian ini mendalami penilaian kinerja karyawan di CV. Citimart Gunungsitoli, sebuah perusahaan ritel. Fenomena ini berkaitan dengan kompleksitas penilaian yang mencakup kualitas kerja, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan mekanisme penilaian, mengevaluasi solusi yang diterapkan, dan memberikan pemahaman yang mendalam terhadap persepsi manajemen dan karyawan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melibatkan wawancara dengan manajer, supervisor, admin, dan karyawan. Hasil: Hasil temuan menunjukkan bahwa penilaian kinerja diintegrasikan sebagai bagian integral dari manajemen sumber daya manusia, dengan kualitas kerja yang dipengaruhi oleh dukungan manajemen dan kemandirian karyawan. Mekanisme penilaian melibatkan berbagai tingkatan dan kriteria yang menciptakan dasar objektif dalam mengevaluasi kinerja. Kesimpulan: Keterbatasan penelitian mencakup jumlah informan yang terbatas dan sifat subjektif penilaian kinerja. Rekomendasi melibatkan peningkatan keterlibatan karyawan, pelatihan kepemimpinan, dan pengembangan sistem penilaian yang lebih terukur. Implikasinya adalah memberikan panduan bagi perusahaan sejenis dan penelitian lebih lanjut dalam mengembangkan sistem penilaian kinerja yang lebih baik. Diharapkan, temuan ini dapat mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan dengan efektif dan meningkatkan kualitas layanan konsumen.

Keywords

Performance Appraisal Performance Customer Service Penilaian Kinerja Kinerja Pelayanan Konsumen

Article Details

Author Biographies

Ferinus Zebua, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nias, Jl. Karet No.30, Ps. Gn. Sitoli, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Indonesia, 22812

Management

Heseziduhu Lase, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nias, Jl. Karet No.30, Ps. Gn. Sitoli, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Indonesia, 22812

Manajemen

Eliyunus Waruwu, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nias, Jl. Karet No.30, Ps. Gn. Sitoli, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Indonesia, 22812

Manajemen

Odaligoziduhu Halawa, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nias, Jl. Karet No.30, Ps. Gn. Sitoli, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Indonesia, 22812

Manajemen

How to Cite
Zebua, F., Lase, H., Waruwu, E., & Halawa, O. (2024). Analisis Penilaian Kinerja Karyawan dalam Meningkatkan Pelayanan Konsumen pada CV Citimart Gunungsitoli. Jurnal SOLMA, 13(3), 2328–2337. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.15824

References

Read More