Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan industri dan produksi menuntut adanya efisiensi otomatisasi dan digitalisasi. Sebagai generasi muda perlu mempersiapkan diri dengan bekal yang cukup guna menghadapi Era Society 5.0. Pengabdian ini bertujuan untuk membekali generasi muda di Tangerang dengan sosialisasi pembentukan jiwa entrepreneur dan pelatihan penyajian laporan keuangan. Metode: Kegiatan sosialisasi melibatkan 31 peserta dengan pelaksanaan secara luring menggunakan metode konvensional dan inquiry, proses kegiatan meliputi: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan pelaporan. Lokasi dilaksanakan di Universitas Islam Syekh-Yusuf Kota Tangerang. Hasil: Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman generasi muda di Tangerang terkait dengan pembentukan jiwa entrepreneur dan penyajian laporan keuangan sebesar 25,25 %. Ini artinya sosialisasi ini dapat memberikan kontribusi pada generasi muda. Dari 31 peserta semua dinyatakan lulus dan berhasil dalam sosialisasi. Kesimpulan: Pasca sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan potensi diri generasi muda untuk semangat menghadapi Era Society 5.0 dengan berbekal pengetahuan dan wawasan dalam melihat peluang bisnis dan mengaplikasikan pada dunia nyata. Selain itu pemahaman siklus akuntansi dan laporan keuangan menjadi wadah untuk terus konsisten mengembangkan bisnisnya agar bisnis yang dijalankan memiliki daya saing baik secara nasional maupun internasional.

Keywords

Entrepreneurial Spirit Financial Statements Young Generation Jiwa Enterpreneur Laporan Keuangan Generasi muda

Article Details

How to Cite
Ristiyana, R., Trianto, E., & Lesmana, S. J. (2024). Upaya Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Sosialisasi Pembentukan Jiwa Entepreneur dan Penyajian Laporan Keuangan pada Generasi Muda di Tangerang. Jurnal SOLMA, 13(2), 777–788. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15193

References

  1. Bappenas. (2022). Kelompok Usia. Https://Sepakat.Bappenas.Go.Id/. https://sepakat.bappenas.go.id/wiki/Kelompok_Usia
  2. Foundation, T. B. (2022). Yayasan Topi Bambu. Https://Www.Topibambu.Com/. https://www.topibambu.com/p/tentang-yayasan-topi-bambu.html
  3. Hamzah, M. Z., & Khoiruman, M. A. (2022). Media Pembelajaran Dalam Menghadapi Di Era Society 5.0. KOLONI:Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 2022.
  4. Kemenpora RI. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. https://adjar.grid.id/read/543331893/10-masalah-pada-generasi-muda-menurut-kemenpora-ri?page=all
  5. Kementerian Keuangan RI. (2023). Apa Itu Era Society 5.0. Https://Djpb.Kemenkeu.Go.Id/. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3100-memahami-bela-negara-di-era-society-5-0.html
  6. Mega, K. I. (2022). Mempersiapkan Pendidikan di Era Tren Digital (Society 5.0). Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 114–121. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.87
  7. Nastiti, Faulinda Abdu, A. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61–66. https://media.neliti.com/media/publications/334820-kajian-kesiapan-pendidikan-indonesia-men-e84d0bfd.pdf
  8. Rahmawan, A. Z., & Efendi, Z. (2022). Implementasi Society 5.0 Dalam Kebijakan Dan Strategi Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i1.861
  9. Salam, A. Z., & Angelyca, T. (2023). Pengaruh Era Society 5 . 0 Terhadap Industri Pariwisata. Pesona Pariwisata, 2(1), 54–60. https://peta.upnjatim.ac.id/index.php/peta/article/view/10/10
  10. Satata, D. B. M., & Nopriyanto, R. (2023). Digitalisasi Sebagai Media Pembelajaran Sosial Psikologi Era Society 5.0. Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 86–93. https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb/article/view/5020/3538
  11. Setiawan, dkk. (2020). Strategi dan Metode Pembelajaran Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi. In Goresan Pena, (1st ed., pp. 1–149). Goresan Pena. https://opac.atmaluhur.ac.id/opac/detail-opac?id=8970
  12. Sholikhah, S., & Sadat, A. M. (2019). Menggali Potensi Diri Pemuda, Meraih Prestasi Tertinggi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(2), 277–291. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/index
  13. Siagian, H. F. A. S. (2023). Mengenal Revolusi Industri 5.0. Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lahat/baca-artikel/16023/Mengenal-Revolusi-Industri-50.html
  14. Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1), 24–35. https://rumahjurnal.net/sagacious/article/view/1139
  15. Susanti, L. (2021). Strategi Pembelajaran Online Yang Inspiratif. PT. Gramedia Pustaka Umum. https://www.researchgate.net/publication/349666229_Strategi_Pembelajaran_Online_Yang_Inspiratif
  16. Windra, W. (2021). Pembelajaran Menyambut Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 360–366. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1082/779