Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Tradisi memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat karena memberikan struktur, stabilitas, serta memperkuat identitas budaya dan nilai spiritual. Salah satu tradisi yang masih dijaga oleh masyarakat Jawa adalah tedhak siten, yaitu upacara saat seorang bayi pertama kali menginjakkan kakinya ke tanah. Tradisi ini bukan sekadar seremonial, tetapi juga menjadi bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas kelahiran anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna tradisi tedhak siten serta relevansinya dengan ajaran Islam, khususnya yang dilaksanakan di Desa Kalijambe, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil: Tradisi tedhak siten mengandung nilai budaya, sosial, dan spiritual yang mempererat hubungan antaranggota keluarga dan masyarakat. Nilai-nilai seperti berdoa, bersedekah, dan silaturahmi selaras dengan ajaran Islam. Kesimpulan: Tradisi ini hukumnya mubah, selama tidak bertentangan dengan akidah, syariat, dan akhlak Islam.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Adisusilo, Sutarjo. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
- Aeni, Ani Nur. (2014). Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa PGSD. Bandung : UPI PRESS.
- Astriati, N. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN TRADISIONAL (Telaah Terhadap Pertunjukan Tari Kuntulan di Desa Semedo Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga).
- Bratawijaya, T. Wiyasa. (2010). Upacara Tradisional Masyarakat Jawa. Jakarta : Sinar Harapan.
- El Rais, Heppy. (2012). Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta : Pusat Belajar.
- Harefa, Darmawan dan Fatolosa Hulu. (2020). Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan. Banyumas: Embrio.
- Ismaya, N., Ratnawati, R., & Ristianti, D. H. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kendurei Dulang Pat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 80-98.
- Jawas, Yazid Abdul Qadir. (2017). Syarah Aqidah Ahlusunnah Wal Jama’ah. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
- Mahfud, Muhammad. (2011). Pembentukan Peraturan Desa Partisipatif. Malang : UB Press.
- Mansur, Rosichin. (2021). Nilai-Nilai PAI Multikultural di PIAUD (Tinjauan Epistimologi). Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3 (1), 188-195.
- Nasution, Zulkarnaen. (2011). Solidaritas Sosial Masyarakat Transisi. Malang : UMM Press.
- Negara, W. S. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Mabbarasanji pada Masayrakat Bugis di Kelurahan Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
- Sholikin, Muhammad. (2010). Ritual dan Tradisi Islam Jawa. Yogyakarta : PT Suka Buku.
- Sisweda, A., & Susanto, R. (2020). Nilai Pendidikan Islam Pada Tradisi Sedekah Bumi: Studi di Dusun Melati, Desa Olak-Olak Kubu, Kubu Raya. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 3.
- Suryati, S. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Masyarakat Aboge Di Desa Cikakak Wangon Banyumas Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Agama Islam (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
- Syahrial, Syarbani dan Fatkhuri. (2016). Teori Sosiologi Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Sztompka, Piotr. (2017). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta : Pranada Media Grup
- Zuchdi, Darmiyati. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.
References
Adisusilo, Sutarjo. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Aeni, Ani Nur. (2014). Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa PGSD. Bandung : UPI PRESS.
Astriati, N. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN TRADISIONAL (Telaah Terhadap Pertunjukan Tari Kuntulan di Desa Semedo Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga).
Bratawijaya, T. Wiyasa. (2010). Upacara Tradisional Masyarakat Jawa. Jakarta : Sinar Harapan.
El Rais, Heppy. (2012). Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta : Pusat Belajar.
Harefa, Darmawan dan Fatolosa Hulu. (2020). Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan. Banyumas: Embrio.
Ismaya, N., Ratnawati, R., & Ristianti, D. H. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kendurei Dulang Pat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 80-98.
Jawas, Yazid Abdul Qadir. (2017). Syarah Aqidah Ahlusunnah Wal Jama’ah. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Mahfud, Muhammad. (2011). Pembentukan Peraturan Desa Partisipatif. Malang : UB Press.
Mansur, Rosichin. (2021). Nilai-Nilai PAI Multikultural di PIAUD (Tinjauan Epistimologi). Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3 (1), 188-195.
Nasution, Zulkarnaen. (2011). Solidaritas Sosial Masyarakat Transisi. Malang : UMM Press.
Negara, W. S. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Mabbarasanji pada Masayrakat Bugis di Kelurahan Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Sholikin, Muhammad. (2010). Ritual dan Tradisi Islam Jawa. Yogyakarta : PT Suka Buku.
Sisweda, A., & Susanto, R. (2020). Nilai Pendidikan Islam Pada Tradisi Sedekah Bumi: Studi di Dusun Melati, Desa Olak-Olak Kubu, Kubu Raya. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 3.
Suryati, S. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Masyarakat Aboge Di Desa Cikakak Wangon Banyumas Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Agama Islam (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Syahrial, Syarbani dan Fatkhuri. (2016). Teori Sosiologi Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sztompka, Piotr. (2017). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta : Pranada Media Grup
Zuchdi, Darmiyati. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.
