Main Article Content
Abstract
Background: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Farmasi ditargetkan menghasilkan lulusan tenaga farmasi yang siap pakai di dunia kerja untuk membantu pekerjaan tenaga teknik kefarmasian dan Apoteker di Apotek, Klinik atau Rumah Sakit. Salah satu mata pelajaran untuk meningkatkan kompetensi pemahaman senyawa obat dengan adalah kimia, dimana salah satu fokus pembelajarannya mengenali materi terkait atom-atom penyusun struktur kimia, dan jenis-jenis ikatan penyusun senyawa beserta tatanamanya. Oleh karena itu tujuan pengabdian masyarakat kami kepada siswa SMK Farmasi Swadaya Global School adalah untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran kimia dengan menggunakan aplikasi-aplikasi kimia di gawai yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Pemahaman kompetensi kimia dengan memperkenalkan dan wokshop penggunaan beberapa aplikasi kimia pada proses pembelajaran mata pelajaran Kimia di SMK Farmasi. Metode: Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk ceramah edukasi dan workshop penggunaan aplikasi kimia. Adapun tahapan kegiatan dibagi menjadi beberapa tahap yaitu pretest, penyampaian penyuluhan, workshop, serta posttest. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk menilai pengaruh pemberikan edukasi tentang jenis-jenis aplikasi kimia yang bermanfaat pada siswa SMK Farmasi. Hasil: post-test menunjukkan adanya peningkatan pada data interprestasi tinggi (nilai ≥80) dari 6,67,0 % meningkat menjadi 26,67 %, dan terjadi penurunan pada data interprestasi rendah (nilai < 60) dari 76,67 % menurun menjadi 33,33 %. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman tentang topik pelatihan. Hasil pengolahan data pre-test dan post-test sebagai profil pengetahuan peserta pemahaman terkait penggunaan aplikasi kimia pada siswa SMK Farmasi. Kesimpulan: Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemberian edukasi dan pelatihan aplikasi kimia meningkatkan pemahaman siswa terhadap pengenalan senyawa farmasi.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ananto, Agus. (2019). Workshop Pelatihan Kimia Komputasi Bagi Guru dan Mahasiswa di Mataram. J-Dinamika. 4. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1084.
- Amira, E. (2023). 7 Aplikasi Android Terbaik untuk Membantumu Belajar Kimia https://www.idntimes.com/tech/trend/eka-amira-yasien/aplikasi-untuk-mempermudah-belajar-kimia?page=all Diakses pada tanggal 8 Januari 2023.
- Aprilia, D.D., Lutfi, A. (2021). The Effectiveness of Chemistry Tricky Test Game in Online Learning when Covid-19 Pandemic. Journal of Chemistry Education Research. 7(1), 152-159. https://doi.org/10.26740/jcer.v7n1.p152-159
- Asdim, A., Triawan, D. A., Banon, C., & Trihadi, B. (2022). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah Al Hasanah Kabupaten Bengkulu Tengah. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 13–20. https://doi.org/10.24269/ADI.V6I1.2716
- Chen, H., & Wang, Y. (2023). "Enhancing Chemistry Learning through the Use of MolView Application: Empowering Self-Study and Concept Mastery". Journal of Chemical Education, 70(2), 120-135.
- Crearie, L. (2018). "Millennial and Centennial Student Interactions with Technology". GSTF Journal on Computing, 6(1). https://doi.org/10.5176/2251-2195_CSEIT17.57
- Hendrajanti, P. (2022). Virtual Chemistry Laboratory Assisted Discovery Learning to Improve Student Learning Outcomes. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 188-196. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.353
- Jammeh, Abdou Lj & Karegeya, Claude & Ladage, Savita. (2023). The interactive classroom: Integration of SMART notebook software in chemistry education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 19. em2316. https://doi.org/10.29333/ejmste/13458 .
- Ket, Kuit & Osman, Kamisah. (2021). CHEMBOND3D e-Module Effectiveness in Enhancing Students' Knowledge of Chemical Bonding Concept and Visual-spatial Skills. European Journal of Science and Mathematics Education. 9. 252-264. 10.30935/scimath/11263.
- Langitasari, Indah & Aisyah, Ratna & Parmandhana, Rr & Nursaadah, Euis. (2024). Enhancing Students' Conceptual Understanding of Chemistry in a SiMaYang Learning Environment. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.15919
- Lestari, Lestari & Aprilia, Lisa & Fortuna, Nezalsa & Cahyo, Risky & Fitriani, Suci & Mulyana, Yuni & Kusumaningtyas, Pintaka. (2023). Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry. 5. 1-10. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008
- Listyarini, Risnita. (2021). Implementation of Molecular Visualization Program for Chemistry Learning. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 9. 64. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3941.
- Meiliawati1, R., Sidauruk, S., Wulandari, A. (2023). Workshop Penggunaan Aplikasi Molview pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 5 Palangka Raya, Balanga: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 11 (2): 108-116. https://doi.org/10.37304/balanga.v11i2.11736
- Mulatsari, E., Mumpuni , E., Nurhidayati, L., Zaidan, S., & Purwanggana, A. (2021). Pengayaan Ketrampilan Siswa SMK Kesehatan melalui Pelatihan Visualisasi Molekul Kimia dengan Software ChemDraw. CAPACITAREA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 121-130. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2021.001.03.11
- Rahayuningtyas, N. H., & Jannah, A. (2020). Laboratorium Virtual sebagai Penunjang Praktikum di Masa Belajar dari Rumah. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 3, 391–394
- Rosa, N. M. (2015). Pengaruh sikap pada mata pelajaran kimia dan konsep diri terhadap prestasi belajar kimia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5613 .
- Subagia, I & Wiratma, Igusti. (2020). The effectiveness of chemistry learning strategy in improving students' learning process and achievement. Journal of Physics: Conference Series. 1567. 042039. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042039.
- Tarng, W., Tseng, Y.-C., & Ou, K.-L. (2022). "Application of Augmented Reality for Learning Material Structures and Chemical Equilibrium in High School Chemistry". Journal Systems, 10(5), 141. https://doi.org/10.3390/systems10050141
- Yüksel, Mehmet. (2012). Evaluating the Effectiveness of the Chemistry Education by Using the Analytic Hierarchy Process. International Education Studies. 5. https://doi.org/10.5539/ies.v5n5p79.
- Zuchrillah, D. R., Altway, S., Qomariyah, L. ., & Karisma, A. D. (2023). Pelatihan Aplikasi Kimia Industri Pada Pengolahan Garam Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru SMK bidang Teknik Kimia Seluruh Jawa Timur. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 139–148. https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2165
References
Ananto, Agus. (2019). Workshop Pelatihan Kimia Komputasi Bagi Guru dan Mahasiswa di Mataram. J-Dinamika. 4. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1084.
Amira, E. (2023). 7 Aplikasi Android Terbaik untuk Membantumu Belajar Kimia https://www.idntimes.com/tech/trend/eka-amira-yasien/aplikasi-untuk-mempermudah-belajar-kimia?page=all Diakses pada tanggal 8 Januari 2023.
Aprilia, D.D., Lutfi, A. (2021). The Effectiveness of Chemistry Tricky Test Game in Online Learning when Covid-19 Pandemic. Journal of Chemistry Education Research. 7(1), 152-159. https://doi.org/10.26740/jcer.v7n1.p152-159
Asdim, A., Triawan, D. A., Banon, C., & Trihadi, B. (2022). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah Al Hasanah Kabupaten Bengkulu Tengah. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 13–20. https://doi.org/10.24269/ADI.V6I1.2716
Chen, H., & Wang, Y. (2023). "Enhancing Chemistry Learning through the Use of MolView Application: Empowering Self-Study and Concept Mastery". Journal of Chemical Education, 70(2), 120-135.
Crearie, L. (2018). "Millennial and Centennial Student Interactions with Technology". GSTF Journal on Computing, 6(1). https://doi.org/10.5176/2251-2195_CSEIT17.57
Hendrajanti, P. (2022). Virtual Chemistry Laboratory Assisted Discovery Learning to Improve Student Learning Outcomes. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 188-196. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.353
Jammeh, Abdou Lj & Karegeya, Claude & Ladage, Savita. (2023). The interactive classroom: Integration of SMART notebook software in chemistry education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 19. em2316. https://doi.org/10.29333/ejmste/13458 .
Ket, Kuit & Osman, Kamisah. (2021). CHEMBOND3D e-Module Effectiveness in Enhancing Students' Knowledge of Chemical Bonding Concept and Visual-spatial Skills. European Journal of Science and Mathematics Education. 9. 252-264. 10.30935/scimath/11263.
Langitasari, Indah & Aisyah, Ratna & Parmandhana, Rr & Nursaadah, Euis. (2024). Enhancing Students' Conceptual Understanding of Chemistry in a SiMaYang Learning Environment. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.15919
Lestari, Lestari & Aprilia, Lisa & Fortuna, Nezalsa & Cahyo, Risky & Fitriani, Suci & Mulyana, Yuni & Kusumaningtyas, Pintaka. (2023). Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry. 5. 1-10. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008
Listyarini, Risnita. (2021). Implementation of Molecular Visualization Program for Chemistry Learning. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 9. 64. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3941.
Meiliawati1, R., Sidauruk, S., Wulandari, A. (2023). Workshop Penggunaan Aplikasi Molview pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 5 Palangka Raya, Balanga: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 11 (2): 108-116. https://doi.org/10.37304/balanga.v11i2.11736
Mulatsari, E., Mumpuni , E., Nurhidayati, L., Zaidan, S., & Purwanggana, A. (2021). Pengayaan Ketrampilan Siswa SMK Kesehatan melalui Pelatihan Visualisasi Molekul Kimia dengan Software ChemDraw. CAPACITAREA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 121-130. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2021.001.03.11
Rahayuningtyas, N. H., & Jannah, A. (2020). Laboratorium Virtual sebagai Penunjang Praktikum di Masa Belajar dari Rumah. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 3, 391–394
Rosa, N. M. (2015). Pengaruh sikap pada mata pelajaran kimia dan konsep diri terhadap prestasi belajar kimia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5613 .
Subagia, I & Wiratma, Igusti. (2020). The effectiveness of chemistry learning strategy in improving students' learning process and achievement. Journal of Physics: Conference Series. 1567. 042039. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042039.
Tarng, W., Tseng, Y.-C., & Ou, K.-L. (2022). "Application of Augmented Reality for Learning Material Structures and Chemical Equilibrium in High School Chemistry". Journal Systems, 10(5), 141. https://doi.org/10.3390/systems10050141
Yüksel, Mehmet. (2012). Evaluating the Effectiveness of the Chemistry Education by Using the Analytic Hierarchy Process. International Education Studies. 5. https://doi.org/10.5539/ies.v5n5p79.
Zuchrillah, D. R., Altway, S., Qomariyah, L. ., & Karisma, A. D. (2023). Pelatihan Aplikasi Kimia Industri Pada Pengolahan Garam Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru SMK bidang Teknik Kimia Seluruh Jawa Timur. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 139–148. https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2165