Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kemampuan berdaya saing produk UMK menjadi strategi utama penerimaan UMK di masyarakat. Salah satu usaha menambah daya saing produk UMK adalah dengan pemberian sertifikasi halal. Regulasi halal yang terus direvisi dan berubah-ubah belum sepenuhnya disosialisasikan kepada masyarakat. Pelaku UMK belum banyak yang tahu tentang kewajiban sertifikasi halal yang berlaku saat ini dan skema pengajuannya. Pengetahuan yang minim terkait sertifikasi halal menjadi kendala dalam pemberian sertifikasi halal produk UMK. Studi ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan terkait sertifikasi halal pada para pelaku UMK. Metode: Ceramah dan diskusi tanya-jawab. Hasil: Adanya peningkatan pengetahuan sertifikasi halal (p< 0.05) dimana disimpulkan bahwa hasil pre-test berbeda secara signifikan dengan hasil post-test. Kesimpulan: Berdasarkan data evaluasi kegiatan diketahui terdapat peningkatan pengetahuan sertifikasi halal para pelaku UMK.

Keywords

Daya Saing Regulasi Halal Sertifikasi Halal Usaha Mikro dan Kecil (UMK)

Article Details

How to Cite
Diah Permanasari, E., Siska, S., Rahmadini, N., Chandra, A., Cresidanto, B., Qadhi Zakka, G., & Awwaliyah, R. (2024). Edukasi Sertifikasi Halal Tingkatkan Daya Saing Produk Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Wilayah Jakarta Selatan . Jurnal SOLMA, 13(1), 430–436. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14066

References

  1. Akbar, G. R., Rohman, I. K., & Mahmudi, Y. (2022). Analisis Dampak Sertifikasi Halal terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dengan Metode Prospensity Score Matching (PSM). Universitas Indonesia.
  2. Alinca, R., Hayati, A., & Padjadjaran, U. (2023). Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Peningkatan Penjualan UMK Pasca Terbit Sertifikat Halal Melalui Skema Self Declare. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islami, XIII(2), 86–97.
  3. Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. (2022). Jumlah dan Persentase UMK Provinsi DKI Jakarta Menurut Kabupaten/Kota per 12 September 2022.
  4. Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Profil Industri Mikro dan Kecil 2022.
  5. Churiyah, M., Sholikan, S., Susanti, E., & Pratikto, H. (2021). Strategi Penguatan Daya Saing UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Karinov, 4(2).
  6. Hasri, B., Santoso, S., & Santoso, D. T. (2014). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran Daerah. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(2).
  7. Ilham, B. U. (2022). Pendampingan Sertifikasi Halal Self Declare pada Usaha Mikro dan Kecil Binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu Sulawesi Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al-Azhar Indonesia, 5(1), 20–25.
  8. Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen, X1(2), 103–116.
  9. Jakiyudin, A. H., & Fedro, A. (2022). Sehati: Peluang dan Tantangan Pemberian Sertifikasi Halal Gratis bagi Pelaku UMK di Indonesia. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 07(02), 182–194.
  10. Kementerian Keuangan RI Direktorat Jendral Perbendaharaan. (2023). Data dan Publikasi. 2023.
  11. Maghfirotin, M., Istifadhoh, N., Rolianah, W. S., Albar, K., & Arifiansyah, F. (2022). Penguatan Kesadaran Masyarakat Tentang Sertifikasi Halal Di Wilayah Desa Karangrejo Manyar Gresik. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 268–275. https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i2.110
  12. Mardhotillah, R. R., Putri, E. B. P., Karya, D. F., Putra, R. S., Khusnah, H., Rijal, M., Zhulqurnain, I., & Mariati, P. (2022). Pelatihan Sertifikasi Halal dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan Sebagai Bagian dari Scale-Up Business Bagi UMKM. Jurnal Surya Masyarakat, 4(2), 238–246. https://doi.org/10.26714/jsm.4.2.2021.238-246
  13. Munawar, M. S. Al, Rohmah, M., Anton Rahmadi, Marwati, & Rachmawati, M. (2023). Penerapan sistem jaminan produk halal pada UMKM untuk meningkatkan daya saing produk. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 165–176. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19996
  14. Ningrum, R. T. P. (2022). Problematika Kewajiban Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Madiun. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 43–58. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i1.30
  15. Permanasari, E. D., & Nugrahaeni, F. (2021). Pembangunan Perilaku Sadar Halal Generasi Muda Melalui Edukasi dan Sosialisasi Halal Tingkat SMA Kota Jakarta Timur. Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu, 2(1), 87–89.
  16. Rohmatillah, I. (2022). Analisis Penerapan Sertifikasi Halal dalam Meningkatkan Omset, Ketahanan, dan Pengembangan Usaha. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.
  17. Rustamaji, A. C., Putra, I. M. M., Hariroh, F. M. R., & Soleha, E. (2023). Peningkatan Daya Saing Produk Melalui Pendampingan Sertifikasi Halal pada Industri Rumahan. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(2), 116–119.
  18. Siska, S., Rahmi, H., Fitriani, & Dewanti, E. (2020). Workshop dan Pelatihan Pengajuan Sertifikat Halal bagi Pelaku Industri Makanan Olahan UMKM. Jurnal SOLMA, 9(1), 201–208. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3823
  19. Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1–10. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat
  20. The Royal Islamic Strategic Studies Centre. (2022). • PERSONS • OF THE YEAR Muslim 500.
  21. Theosofi, T. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Keripik Buah di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).
  22. Yuanitasari, D., Sardjono, A., & Susetyo, H. (2023). Tantangan Regulasi Halal Untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil: Sebuah Studi Socio-Legal di Kupang Nusa Tenggara Timur. Acta Diurnal Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan Dan Ke-PPAT-An, 6(2). https://doi.org/10.23920/acta.v6i2.1474

Most read articles by the same author(s)