Main Article Content

Abstract





Background: Kebanyakan siswa merasa bahwa pelajaran matematika sangat sulit dan membosankan dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu adanya pendampingan kepada siswa terkait penggunaan alat peraga jaring-jaring kubus dan balok. Dengan mengajak siswa membuat, melakukan dan mendemontrasikan alat peraga maka siswa akan memiliki pengalaman nyata dalam kehidupan tentang arti konsep sehingga akan tertanam dalam pikirannya. Pendampingan siswa ini bertujuan untuk melatih siswa dalam membuat, melakukan, dan mendemonstrasikan alat peraga jaring-jaring kubus dan balok. Metode: Kegiatan pendampingan dilakukan pada Tanggal 24 November 2023 di kelas 5 SD Islam Al Husnayaini Pekanbaru Riau yang berjumlah 21 siswa. Pendampingan siswa ini dilakukan dengan enam tahap yaitu observasi, izin pelaksanaan, pengumpulan alat dan bahan, pelaksanaan kegiatan pendampingan, evaluasi, dan laporan akhir. Hasil: Kegiatan pendampingan siswa membuat alat peraga jaring-jaring kubus dan balok telah berlangsung dengan baik dan berjalan lancar. Hal ini terlihat dari antusias siswa dalam mengikuti proses pendampingan yaitu siswa aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan menghasilkan karya yang sesuai dengan harapan tim pengabdi.





Keywords

Alat Peraga Jaring-jaring kubus Jaring-jaring balok Matematika Alat Peraga Jaring-jaring Kubus Jaring-jaring Balok Matematika

Article Details

How to Cite
Arnidasari, A., & Yuniati, S. (2023). Pendampingan Siswa Belajar Matematika Asyik dan Menyenangkan pada Materi Jaring-jaring Kubus dan Balok di SD Islam Al Husnayaini Riau. Jurnal SOLMA, 12(3), 1522–1528. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/13316

References

  1. Al Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159
  2. Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. 11(1), 1-15.
  3. Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesuliatan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education. 3 (2), 123-133
  4. Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
  5. Candra, K. D. P., Maharani, P. D., Subakthiasih, P., & Miarta, I. M. A. L. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Madaniya, 2(3), 302–312. https://doi.org/10.53696/27214834.95
  6. Fadillah, S., Wahyudi & Nurhayati. (2018). Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika dan IPA bagi Guru SD/SMP di Desa Tanjung Saleh. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2(1). https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.817
  7. Indofah, A. V & Hasanudin. (2023). Anggapan Siswa tentang Pelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Prosiding Seminar Nasional Daring IKIP PGRI Bojonegoro. 1(1), 1110-1113
  8. Kholil, M. & Zulfiani, S. (2020). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da'watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education. 1(2), 151-168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14
  9. Loban, J. M., Tehing, A. & Beli J. Y. (2021). Penggunaan Alat Peraga pada Pembelajaran Matematika Kelas XI SMA Negeri Kolana Alor Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JKPM). 2(1),69-72
  10. http://dx.doi.org/10.32493/jpka.v2i1.12590
  11. Nasaruddin, N. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
  12. Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS%0AFaktor
  13. Sudarwanto, S., & Hadi, I. (2014). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Sarwahita, 11(1), 32. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.06
  14. Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga pada Pembelajaran Matematika pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Journal of Dharmawangsa University. 14(4). 709-722. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900
  15. Utari, D. R., Wardana, M. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(4), 534-540.
  16. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
  17. Widjathi, S. S. (2021). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Nw Mataram Materi Pokok Himpunan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 30–48. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.20
  18. Zuliani, R., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN Karawaci 11. NUSANTARA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(3), 478–488. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Most read articles by the same author(s)