Main Article Content

Abstract





Background: Kebanyakan siswa merasa bahwa pelajaran matematika sangat sulit dan membosankan dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu adanya pendampingan kepada siswa terkait penggunaan alat peraga jaring-jaring kubus dan balok. Dengan mengajak siswa membuat, melakukan dan mendemontrasikan alat peraga maka siswa akan memiliki pengalaman nyata dalam kehidupan tentang arti konsep sehingga akan tertanam dalam pikirannya. Pendampingan siswa ini bertujuan untuk melatih siswa dalam membuat, melakukan, dan mendemonstrasikan alat peraga jaring-jaring kubus dan balok. Metode: Kegiatan pendampingan dilakukan pada Tanggal 24 November 2023 di kelas 5 SD Islam Al Husnayaini Pekanbaru Riau yang berjumlah 21 siswa. Pendampingan siswa ini dilakukan dengan enam tahap yaitu observasi, izin pelaksanaan, pengumpulan alat dan bahan, pelaksanaan kegiatan pendampingan, evaluasi, dan laporan akhir. Hasil: Kegiatan pendampingan siswa membuat alat peraga jaring-jaring kubus dan balok telah berlangsung dengan baik dan berjalan lancar. Hal ini terlihat dari antusias siswa dalam mengikuti proses pendampingan yaitu siswa aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan menghasilkan karya yang sesuai dengan harapan tim pengabdi.





Keywords

Alat Peraga Jaring-jaring kubus Jaring-jaring balok Matematika Alat Peraga Jaring-jaring Kubus Jaring-jaring Balok Matematika

Article Details

How to Cite
Arnidasari, A., & Yuniati, S. (2023). Pendampingan Siswa Belajar Matematika Asyik dan Menyenangkan pada Materi Jaring-jaring Kubus dan Balok di SD Islam Al Husnayaini Riau. Jurnal SOLMA, 12(3), 1522–1528. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/13316

References

Read More

Most read articles by the same author(s)