Main Article Content
Abstract
Background: Media fun thinkers dianggap mampu memecahkan masalah dalam belajar karena sebagai alat bantu atau media dalam proses pembelajaran yang tidak hanya dapat memperlancar proses komunikasi akan tetapi dapat merangsang anak untuk merespons dengan baik segala pesan yang disampaikan. Untuk mendeskripsikan penggunaan media fun thinkers bagi anak-anak di TPA Nurul Yaqin, dan untuk mendeskripsikan keterlibatan peserta yaitu anak-anak dalam pelatihan penggunaan media fun thinkers di TPA Nurul Yaqin. Metode: Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pendampingan dan (4) tahap pelaporan. Pengabdian ini menggunakan lembar observasi yang terdiri dari 8 aspek untuk menilai penggunaan media fun thinkers dan keterlibatan anak-anak. Hasil: Hasil pengabdian ini adalah siswa aktif dalam belajar dan paham dalam materi matematika. Hal tersebut ditunjukan oleh nilai rata-rata pemahaman anak-anak berada dalam nilai 89% sedangkan nilai kemandirian belajar berada pada nilai 87%, dan Tingkat kerja sama antar antar-anak adalah 96%. Penggunaan media fun thinkers dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika, hal tersebut terlihat dari hasil pengamatan bahwa semua aspek yang diamati ada pada kriteria “sangat baik”.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anggani Sudono. 1995. Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud.
- Anti Santika Anjarani, Ahmad Mulyadiprana, Resa Respati. (2020). Fun Thikers sebagai Media
- Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar: Kajian Hipotetik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan
- Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100-111.
- Arif S Sudiman. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja
- Grafindo Persada.
- Azhar Rasyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal
- Edukasi, 13(2), 161–174.
- Devita Simona, Debora Natalia Sudjito, dan Made Rai Suci Shanti. 2016. Desain Media Pembelajaran
- Menggunakan Permainan Fun Frame in Physics pada Pokok Bahasan Lensa Cekung Melalui Model
- Turnamen. Prosiding Seminar Nasional Quantum ISSN: 2477-1511 h. 55. Yogyakarta: Researchgate.
- Emi Sri Kurniawati. 2017. Pengaruh Median Fun Thinkers Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris
- Anak Tunarunggu Kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika.
- (7), 654-664.
- Fadhli, M., & Fadhlilah, M. (2017). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN BLOG SEBAGAI
- SARANA PUBLIKASI BUSTANUL ATHFAL KABUPATEN PONOROGO. Jurnal Abdimas, 1(2), 18–24.
- https://doi.org/10.24269/adi.v1i2.611
- I Gusti Ayu Tri Agustiana, I Nyoman Tika, I Made Citra Wibawa. 2020. Pelatihan Penggunaan Media
- Thinkers Fun Pada Pembelajaran Ipa Sd Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.
- Proceeding Senadimas Undiksha. ISBN 978-623-7482-47-5.
- Kibtiah, M., Kibtiah, M., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA
- PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK MATERI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI
- INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4),
- –835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144
- Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar. 5(1), 1-24.
- Mudhofir. 1999. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Mu’jizatin Fadiana dan Citra Dewi Rosalina. 2020. Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita
- Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal
- Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940
- Purwono. Joni, Sri Yutmini, dan Sri Anitah. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran
- Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan
- dan Pembelajaran. 2(2), 127-144.
- Semiawan. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Siti Hajar Taib, Mohd Azharin Ismail, & Maimun Aqsha Lubis Abdin Lubis. (2019). Inovasi kesepaduan dan
- strategi pengajaran dan pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0. ASEAN Comparative Education
- Research Journal on Islam and Civilization, 3(2), 38–54.
- Slamet Suyanto. (2008). Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat.
- Steffi Adam dan Muhammad Taufik Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
- Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Computer-based Information System Journal, 3(2), 78-90.
- Talizaro Tafonao. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.
- Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114.
- Tanti Setiawat, Oyon Haki Pranata, dan Momoh Halimah. 2019. Pengembangan Media Permainan Papan
- pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah
- Dasar, 6(1), 163-174.
- Tejo Nurseto. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19-35.
- Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya
- pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Yulanita Cahya Chrystanti dan Sukadi. 2015. Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di
- Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo. Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering dan
- Edukasi, 7(3), 23-29.
- Zharotul Azizah. 2019. Efektifitas Math Thinkers Pada Materi Geometri Bangun Datar Segiempat Dan
- Segitiga. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 1-12
- Zulkifli, Z., & Royes, N. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di
- MIN 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1646
References
Anggani Sudono. 1995. Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud.
Anti Santika Anjarani, Ahmad Mulyadiprana, Resa Respati. (2020). Fun Thikers sebagai Media
Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar: Kajian Hipotetik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100-111.
Arif S Sudiman. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Azhar Rasyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal
Edukasi, 13(2), 161–174.
Devita Simona, Debora Natalia Sudjito, dan Made Rai Suci Shanti. 2016. Desain Media Pembelajaran
Menggunakan Permainan Fun Frame in Physics pada Pokok Bahasan Lensa Cekung Melalui Model
Turnamen. Prosiding Seminar Nasional Quantum ISSN: 2477-1511 h. 55. Yogyakarta: Researchgate.
Emi Sri Kurniawati. 2017. Pengaruh Median Fun Thinkers Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris
Anak Tunarunggu Kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika.
(7), 654-664.
Fadhli, M., & Fadhlilah, M. (2017). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN BLOG SEBAGAI
SARANA PUBLIKASI BUSTANUL ATHFAL KABUPATEN PONOROGO. Jurnal Abdimas, 1(2), 18–24.
https://doi.org/10.24269/adi.v1i2.611
I Gusti Ayu Tri Agustiana, I Nyoman Tika, I Made Citra Wibawa. 2020. Pelatihan Penggunaan Media
Thinkers Fun Pada Pembelajaran Ipa Sd Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.
Proceeding Senadimas Undiksha. ISBN 978-623-7482-47-5.
Kibtiah, M., Kibtiah, M., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK MATERI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI
INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4),
–835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144
Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar. 5(1), 1-24.
Mudhofir. 1999. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mu’jizatin Fadiana dan Citra Dewi Rosalina. 2020. Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita
Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940
Purwono. Joni, Sri Yutmini, dan Sri Anitah. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan
dan Pembelajaran. 2(2), 127-144.
Semiawan. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Siti Hajar Taib, Mohd Azharin Ismail, & Maimun Aqsha Lubis Abdin Lubis. (2019). Inovasi kesepaduan dan
strategi pengajaran dan pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0. ASEAN Comparative Education
Research Journal on Islam and Civilization, 3(2), 38–54.
Slamet Suyanto. (2008). Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat.
Steffi Adam dan Muhammad Taufik Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Computer-based Information System Journal, 3(2), 78-90.
Talizaro Tafonao. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.
Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114.
Tanti Setiawat, Oyon Haki Pranata, dan Momoh Halimah. 2019. Pengembangan Media Permainan Papan
pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 6(1), 163-174.
Tejo Nurseto. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19-35.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya
pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yulanita Cahya Chrystanti dan Sukadi. 2015. Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di
Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo. Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering dan
Edukasi, 7(3), 23-29.
Zharotul Azizah. 2019. Efektifitas Math Thinkers Pada Materi Geometri Bangun Datar Segiempat Dan
Segitiga. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 1-12
Zulkifli, Z., & Royes, N. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di
MIN 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1646