Main Article Content

Abstract

Background: Media fun thinkers dianggap mampu memecahkan masalah dalam belajar karena sebagai alat bantu atau media dalam proses pembelajaran yang tidak hanya dapat memperlancar proses komunikasi akan tetapi dapat merangsang anak untuk merespons dengan baik segala pesan yang disampaikan. Untuk mendeskripsikan penggunaan media fun thinkers  bagi anak-anak di TPA Nurul Yaqin, dan untuk mendeskripsikan keterlibatan peserta yaitu anak-anak dalam pelatihan penggunaan media fun thinkers  di TPA Nurul Yaqin. Metode: Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pendampingan dan (4) tahap pelaporan. Pengabdian ini menggunakan lembar observasi yang terdiri dari 8 aspek untuk menilai penggunaan media fun thinkers dan keterlibatan anak-anak. Hasil: Hasil pengabdian ini adalah siswa aktif dalam belajar dan paham dalam materi matematika. Hal tersebut ditunjukan oleh nilai rata-rata pemahaman anak-anak berada dalam  nilai 89% sedangkan nilai kemandirian belajar berada pada nilai 87%, dan Tingkat kerja sama antar antar-anak adalah 96%. Penggunaan media fun thinkers  dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika, hal tersebut terlihat dari hasil pengamatan bahwa semua aspek yang diamati ada pada kriteria “sangat baik”.

Keywords

Media Fun Thinkers TPA Pengabdian masyarakat Media Fun Thinkers TPA

Article Details

How to Cite
Rahmi, D., Yuniati, S., Risnawati, R., & Kurniati, A. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Fun Thinkers di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) di Pekanbaru. Jurnal SOLMA, 12(1), 30–38. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10892

References

  1. Anggani Sudono. 1995. Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud.
  2. Anti Santika Anjarani, Ahmad Mulyadiprana, Resa Respati. (2020). Fun Thikers sebagai Media
  3. Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar: Kajian Hipotetik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan
  4. Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100-111.
  5. Arif S Sudiman. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja
  6. Grafindo Persada.
  7. Azhar Rasyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  8. Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal
  9. Edukasi, 13(2), 161–174.
  10. Devita Simona, Debora Natalia Sudjito, dan Made Rai Suci Shanti. 2016. Desain Media Pembelajaran
  11. Menggunakan Permainan Fun Frame in Physics pada Pokok Bahasan Lensa Cekung Melalui Model
  12. Turnamen. Prosiding Seminar Nasional Quantum ISSN: 2477-1511 h. 55. Yogyakarta: Researchgate.
  13. Emi Sri Kurniawati. 2017. Pengaruh Median Fun Thinkers Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris
  14. Anak Tunarunggu Kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika.
  15. (7), 654-664.
  16. Fadhli, M., & Fadhlilah, M. (2017). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN BLOG SEBAGAI
  17. SARANA PUBLIKASI BUSTANUL ATHFAL KABUPATEN PONOROGO. Jurnal Abdimas, 1(2), 18–24.
  18. https://doi.org/10.24269/adi.v1i2.611
  19. I Gusti Ayu Tri Agustiana, I Nyoman Tika, I Made Citra Wibawa. 2020. Pelatihan Penggunaan Media
  20. Thinkers Fun Pada Pembelajaran Ipa Sd Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.
  21. Proceeding Senadimas Undiksha. ISBN 978-623-7482-47-5.
  22. Kibtiah, M., Kibtiah, M., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA
  23. PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK MATERI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI
  24. INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4),
  25. –835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144
  26. Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar. 5(1), 1-24.
  27. Mudhofir. 1999. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  28. Mu’jizatin Fadiana dan Citra Dewi Rosalina. 2020. Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita
  29. Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal
  30. Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940
  31. Purwono. Joni, Sri Yutmini, dan Sri Anitah. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran
  32. Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan
  33. dan Pembelajaran. 2(2), 127-144.
  34. Semiawan. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  35. Siti Hajar Taib, Mohd Azharin Ismail, & Maimun Aqsha Lubis Abdin Lubis. (2019). Inovasi kesepaduan dan
  36. strategi pengajaran dan pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0. ASEAN Comparative Education
  37. Research Journal on Islam and Civilization, 3(2), 38–54.
  38. Slamet Suyanto. (2008). Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat.
  39. Steffi Adam dan Muhammad Taufik Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
  40. Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Computer-based Information System Journal, 3(2), 78-90.
  41. Talizaro Tafonao. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.
  42. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114.
  43. Tanti Setiawat, Oyon Haki Pranata, dan Momoh Halimah. 2019. Pengembangan Media Permainan Papan
  44. pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah
  45. Dasar, 6(1), 163-174.
  46. Tejo Nurseto. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19-35.
  47. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya
  48. pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  49. Yulanita Cahya Chrystanti dan Sukadi. 2015. Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di
  50. Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo. Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering dan
  51. Edukasi, 7(3), 23-29.
  52. Zharotul Azizah. 2019. Efektifitas Math Thinkers Pada Materi Geometri Bangun Datar Segiempat Dan
  53. Segitiga. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 1-12
  54. Zulkifli, Z., & Royes, N. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di
  55. MIN 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1646