Main Article Content

Abstract

Background: Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada pihak sekolah, Sebagian besar lulusan dari SMP N 2 Kalimanah ingin melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Purbalingga yang memiliki berbagai jurusan sehingga membuat para siswa kesulitan dalam menentukan jurusan sesuai dengan pola minat siswa masing-masing. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menerapkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi penentuan jurusan SMK yang sesuai dengan pola minat masing-masing siswa SMP secara otomatis untuk membantu para siswa dalam menentukan jurusan di SMK. Metode: Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini secara umum terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu : implementasi pengembangan aplikasi, pelatihan kepada guru sekolah, serta simulasi pelaksanaan tes kepada siswa. Hasil: Keberhasilan yang diterapkan  aplikasi rekomendasi jurusan SMK yang sesuai dengan pola minat masing-masing siswa, yang diterapkan di SMP N 2 Kalimanah. Kesimpulan: Dengan kegiatan pengabdian masyarakat tentang penerapan aplikasi rekomendasi jurusan SMK sesuai pola minat siswa di SMP N 2 Kalimanah ini dapat memberikan manfaat bagi siswa di SMP N 2 Kalimanah dimana siswa dapat dengan mudah menentukan jurusan SMK yang dipilih sesuai pola minat mereka.

Keywords

aplikasi rekomendasi jurusan SMK Jurusan SMK pola minat SMP Negeri 2 Kalimanah Interest Patterns Recommendation Application for Vocational Majors Smp Negeri 2 Kalimanah Vocational Majors

Article Details

How to Cite
Indra Kurniawan, Y., Nofiyati, N., Yulianita, N. G., & Bil Haq, A. H. (2024). Penerapan Aplikasi Rekomendasi Jurusan SMK Sesuai Pola Minat bagi Siswa SMP Negeri 2 Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Jurnal SOLMA, 13(2), 1342–1355. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.12883

References

  1. Al Irsyadi, F. Y., Annas, R., & Kurniawan, Y. I. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 78–92. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1844
  2. Al Irsyadi, F. Y., Puspitassari, D., & Kurniawan, Y. I. (2019). ABAS (Ayo Belajar Sholat) : Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 9(1), 17–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v9i1.1537
  3. Anggoro, D. A., & Lukmana, Y. E. A. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Data Nilai Siswa Pada Sd Negeri Jambangan 1 Kabupaten Ngawi. Dinamik, 24(2), 102–112. https://doi.org/10.35315/dinamik.v24i2.7405
  4. Bil Haq, A. H., Kamaratih, D., Fahmi, G. L., Malada, E., & Kurniawan, Y. I. (2021). Interests Scale Based Online Application to Determining Major in University. Journal of Physics: Conference Series, 1807(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1807/1/012014
  5. Bil Haq, A. H., Kurniawan, Y. I., & Astuti, T. (2019). Students ’ Interest in Vocational Schools as the Dimension of Being in a Wellbeing School Model. International Journal of Vocational Education and Training Research, 5(2), 43–47. https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20190502.11
  6. Gunawan, D., Ar Raniri, I. A., Setyawan, R. N., & Prasetya, Y. D. (2021). Web-Based Library Information System in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 2(1), 33–41. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.44
  7. Haris, A. S., Fadli, S., & Tantoni, A. (2019). Sistem Manajemen Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.36595/misi.v2i1.76
  8. Irsyadi, F. Y. Al, Supriyadi, S., & Kurniawan, Y. I. (2019). Interactive educational animal identification game for primary schoolchildren with intellectual disability. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 8(6), 3058–3064. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2019/64862019
  9. Kumaidi, Kurniawan, Y. I., & Farida, R. (2018). Interest Patterns Measurement Application for Vocational High School Students. The 3rd International Conference on Science, Technology, and Humanity, 1985, 90–100.
  10. Kurniawan, Y. I. (2017). Pelatihan Aplikasi Pengukuran Minat Kejuruan Siswa Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Jawa Tengah. Warta LPM, 19(2), 149–155. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2224
  11. Kurniawan, Y. I. (2018). PEMBANGUNAN WEBSITE INFORMASI SEKOLAH DI SMA NEGERI KERJO , KARANGANYAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-ABDIPAMAS), 2(1), 71–84.
  12. Kurniawan, Y. I., & Barokah, T. I. (2020). Klasifikasi Penentuan Pengajuan Kartu Kredit Menggunakan K-Nearest Neighbor. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(1), 73–82. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v22i1.843
  13. Kurniawan, Y. I., Chasanah, N., & Nofiyati. (2020). Pengembangan Website Informasi Sekolah di SMP Negeri 2 Kalimanah , Purbalingga. Jurnal Solma, 09(02), 335–346. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22236/solma.v9i2.5440
  14. Kurniawan, Y. I., & Dwiyatmika, W. (2017). Aplikasi diagnosa retardasi mental pada anak. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 336–343. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9053
  15. Kurniawan, Y. I., & Kusuma, A. F. S. (2021). Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Salat Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(1), 7–14. https://doi.org/10.25126/jtiik.202182182
  16. Kurniawan, Y. I., & Windiasani, P. A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Kelolosan Beasiswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggunakan Metode Fuzzy. Jurnal Teknik Elektro, 9(1), 13–17. https://doi.org/10.15294/jte.v9i1.9322
  17. Novian, D. R. (2019). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Media E-Learning Bagi Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 3(2), 7–12. https://doi.org/10.35326/pkm.v4i2.414
  18. Pamungkas, K. N. P., Riadi, J., Hastuti, I., & Indrasary, Y. (2018). Pengembangan Dan Pelatihan Penggunaan E-Learning Pada Mts Muhammadiyah 3 Al-Furqon Banjarmasin. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.633
  19. Rahmi, U., Hidayati, A., & Azrul. (2020). Pelatihan E-Learning untuk Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran bagi Guru-guru SMA. Jurnal Panrita Abdi, 4(1), 34–41. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
  20. Ramadhana, R. E. D., & Fatmawati, A. (2020). Sistem Informasi Manajemen Keuangan Di Pondok Pesantren Adh-Dhuha. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 1(2), 93–99.
  21. Rubedo, H., Suwandi, H., & Mauluddin, S. (2020). Sistem Informasi Pertanian Berbasis Kecerdasan Buatan. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(April), 84–95. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1
  22. Santoso, H. B., Delima, R., & Wibowo, A. (2019). Pelatihan Pengembangan Web Profil Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa. E-DIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 41–48.
  23. Sulaeman, F. S., & Permana, I. H. (2021). Sistem Monitoring Penerapan Rencana Anggaran Biaya Berbasis Web. Jurnal IKRA-ITH Teknologi, 5(1), 24–31.

Most read articles by the same author(s)