Main Article Content

Abstract

Background: Sekolah luar biasa (SLB) Dharma Wanita di kota Madiun masih belum sepenuhnya membelajarkan keterampilan atau vokasi kepada siswa karena masih minimnya sumber daya yang digunakan. Pembelajaran belum mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta literasi numerasi yang merupakan kemampuan dasar dan dibutuhkan siswa agar mandiri di era saat ini. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan Vocational Skill Learning (VSL) berbasis literasi numerasi bagi siswa SLB di Kota Madiun sebagai upaya kemandirian finansial. Metode: Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi tahap pengukuran masalah dan kebutuhan mitra, tahap realisaasi kegiatan, tahap solusi inti kegiatan, tahap pengukuran dan evaluasi kegiatan, tahap kontribusi pihak-pihak terkait. Hasil: Melalui kegiatan pengabdian ini, siswa SLB dapat belajar mengenai kewirausaan berbasis literasi numerasi, mengembangkan kreativitas siswa, dan belajar tentang pemasaran baik secara offline maupun online (marketplace). Kesimpulan: Vocational Skill Learning (VSL) berbasis literasi numerasi dapat melatihkan keterampilan berwirausaha bagi siswa SLB Dharma Wanita Madiun sebagai upaya kemandirian secara finansial.

Keywords

Financial Independence Numeracy Literacy Special School Vocational Skill Learning Kemandirian Finansial Literasi Numerasi SLB Vocational Skill Learning

Article Details

How to Cite
Murtafiah, W., Hasanah, I. U., Detavia, E., Farma Lestari, N. P., Komala, G. G., & Novitasari, Y. (2024). Vocational Skill Learning (VSL) Berbasis Literasi Numerasi bagi Siswa Sekolah Luar Biasa di Kota Madiun sebagai Upaya Kemandirian Finansial. Jurnal SOLMA, 13(2), 1168–1176. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.12853

References

  1. BPS. (2023). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2022. http://www.bps.go.id
  2. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
  3. Dewi, S. P., Daulay, A., Barus, M. J., & Elviani, S. (2022). Penyuluhan dan Pelatihan: Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Tanah Karo. Jurnal SOLMA, 11(3), 572–579. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9334
  4. Fahmi, N. A., Yudha, T. K., Nur M. Ridha, T., Elviani, S., Azim, F., Indria, T., & Rahman, Y. (2022). Pelatihan Wirausaha pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dolok Masihul untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Motivasi Berwirausaha. Jurnal SOLMA, 11(3), 580–585. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9877
  5. Ferawati, R. (2018). Sustainable Development Goals di Indonesia: Pengukuran dan Agenda Mewujudkannya Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Kontekstualita, 33(02), 143–167. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v35i02.512
  6. Habibi, M., & Pratama, D. A. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Journal of Government Science (GovSci) : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(2), 68–80. https://doi.org/10.54144/govsci.v2i2.15
  7. Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473–483.
  8. Hartanto, C. F. B., Rusdarti, & Abdurrahman. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul.
  9. Maisuri, A., Fadhilah, & Mukhirah. (2021). Peran Orang Tua terhadap Minat Wirausaha Anak Berkebutuhan Khusus di SMALB YPAC Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(3), 53–65.
  10. Masruroh, Z. (2017). Manajemen Pendidikan Keterampilan (Vocational Skill) di MAN Kembangsawit. Muslim Heritage, 1(2), 1–22.
  11. OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving, revised edition. In PISA (Ed.), Reading, Mathematic and Financial Literacy,(Interscience: Paris, 2016). OECD Publishing. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/9789264281820-en
  12. Rois, A. K., Costantina, Y. C., & Arifin, S. (2023). Kewirausahaan Anak Penyandang Disabilitas di SLB Dharma Wanita Jiwan dalam Usaha Menghadapi Era Industri 4.0. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 191–205. https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.14455
  13. Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Grup.
  14. Sari, S. F. M., Binahayati, B., & Muhammad T, B. (2017). Pendidikan bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita sedang di SLBN Purwakarta. Jurnal Penelitian Dan PKM, 4(2), 2581–1126.
  15. Solikhatun, Y. U. (2013). Penyesuaian Sosial pada Penyandang Tunarungu di SLB Negeri Semarang. Educational Psychology Journal, 2(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj
  16. Sujatmoko, E. (2010). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. 1–31.
  17. Waluyati, M. (2022). Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri 1 Bantul. FourthConference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang Transformasi Pendidikan Berbasis Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Di Era Merdeka Belajar, 1–5.

Most read articles by the same author(s)