Main Article Content

Abstract

Background: Sekolah luar biasa (SLB) Dharma Wanita di kota Madiun masih belum sepenuhnya membelajarkan keterampilan atau vokasi kepada siswa karena masih minimnya sumber daya yang digunakan. Pembelajaran belum mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta literasi numerasi yang merupakan kemampuan dasar dan dibutuhkan siswa agar mandiri di era saat ini. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan Vocational Skill Learning (VSL) berbasis literasi numerasi bagi siswa SLB di Kota Madiun sebagai upaya kemandirian finansial. Metode: Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi tahap pengukuran masalah dan kebutuhan mitra, tahap realisaasi kegiatan, tahap solusi inti kegiatan, tahap pengukuran dan evaluasi kegiatan, tahap kontribusi pihak-pihak terkait. Hasil: Melalui kegiatan pengabdian ini, siswa SLB dapat belajar mengenai kewirausaan berbasis literasi numerasi, mengembangkan kreativitas siswa, dan belajar tentang pemasaran baik secara offline maupun online (marketplace). Kesimpulan: Vocational Skill Learning (VSL) berbasis literasi numerasi dapat melatihkan keterampilan berwirausaha bagi siswa SLB Dharma Wanita Madiun sebagai upaya kemandirian secara finansial.

Keywords

Financial Independence Numeracy Literacy Special School Vocational Skill Learning Kemandirian Finansial Literasi Numerasi SLB Vocational Skill Learning

Article Details

How to Cite
Murtafiah, W., Hasanah, I. U., Detavia, E., Farma Lestari, N. P., Komala, G. G., & Novitasari, Y. (2024). Vocational Skill Learning (VSL) Berbasis Literasi Numerasi bagi Siswa Sekolah Luar Biasa di Kota Madiun sebagai Upaya Kemandirian Finansial. Jurnal SOLMA, 13(2), 1168–1176. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.12853

References

Read More

Most read articles by the same author(s)