Main Article Content

Abstract

Background:Pelatihan gerakan literasi di sekolah dasar didasarkan pada pemahaman bahwa literasi merupakan keterampilan kunci yang harus dikuasai oleh setiap individu. Literasi mencakup kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan dengan pemahaman yang baik. Gerakan literasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa, memperluas wawasan mereka, dan membantu mereka menjadi pembaca dan penulis yang lebih kompeten. Metode: Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan via zoom selama 3 hari atau setara dengan 30 jam pelajaran dan maksimal selama 6 hari atau setara dengan 960 jam pelajaran yang diikuti oleh guru di Kota Madiun. Hasil: Pelatihan gerakan literasi sekolah memberi landasan yang kuat untuk mengembangkan budaya literasi yang sehat di sekolah dan dapat mempengaruhi siswa secara positif dalam memperoleh keterampilan literasi yang penting untuk masa depan mereka. Kesimpulan: Guru telah memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya literasi dan bagaimana mengembangkan budaya literasi yang kuat di sekolah.

Keywords

gerakan literasi kompetensi guru literasi sekolah literacy movement school literacy teacher competency

Article Details

Author Biography

Andi Mulawakkan Firdaus, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90222

Pendidikan Matematika

How to Cite
Firdaus, A. M., S, A., Murtafiah, W., & Herwandi, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Kota Madiun. Jurnal SOLMA, 12(3). https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.11838

References

Read More

Most read articles by the same author(s)