Main Article Content
Abstract
Background: Proses penilaian yang dilakukan guru masih menjadi hal yang menakutkan bagi peserta didik, menangani kasus tersebut, peneliti memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi guru dengan melaksanakan Pelatihan media assessment wordwall. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki guru dalam memberikan penilaian kepada peserta didik dengan cara yang kreatif dan inovatif. Adapun tiga siklus yang dilakukan pada pelatihan yakni; 1) Siklus pelatihan; 2) Siklus Pembimbingan; dan 3) Siklus Penerapan. Metode: Pada siklus pelatihan terdapat 20 guru yang mengikuti kegiatan, lalu 5 guru menjadi sampel untuk siklus penerapan. Metode yang digunakan yaitu metode observasi dan dokumentasi. Hasil: Adapun hasil dari pelatihan ini yakni berdasarkan tabel indikator penilaian yang dibuat observer untuk mengukur ketercapaian tujuan dari pelatihan ini yaitu 3,6 dari 4 nilai total keseluruhan. Dengan nilai yang didapat dari hasil observasi maka ini termasuk kedalam kategori sangat baik. Maka kesimpulan dari terlaksananya kegiatan pelatihan assessment wordwall yakni guru dapat merancang, membuat, dan menerapkan wordwall didalam pembelajaran serta peserta didik ikut serta berkonstribusi dalam proses penerapan wordwall
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- A. Muri Yusuf. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prendamedia Group.
- Aidah, Nur, and Nurafni Nurafni. 2022. “Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi.” Pionir: Jurnal Pendidikan 11 (2): 161–74. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133.
- Fakhruddin, Agus, Undang-undang No, Sistem Pendidikan Nasional, U U Sisdiknas, Tuhan Yang, and Maha Esa. 2014. “Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 12 No. 1 - 2014 12 (1): 79–96.
- Hidayaty, Alfina, Mahwar Qurbaniah, and Anandita Eka Setiadi. 2022. “Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes” 15 (x): 1–10.
- Iskandar, Didik. 2022. “Integration of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Learning Methods in The Learning Management System as An Effort to Improve Educator Competence.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 24 (3): 389–99. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i3.31773.
- Ita Suryani, Horidatul Bakiyah, Marifatul Isnaeni. 2022. “Strategi Public Relations Pt Honda Megatama Kapuk Dalam Customer Relations.”
- Janawi. 2019. “Memahami Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 68–79.
- Maghfiroh, Khusnul, M I Roudlotul, and Huda Semarang. 2018. “Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda.” Jpk 4 (1): 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk.
- Muamalah, Rochima Fauqa, Deni Adi Putra, and Meirza Nanda Faradita. 2023. “Penerapan Aplikasi Game Quizziz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Journal on Education 5 (3): 7084–95. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1496.
- Purnamasari, Sulfi, Fika Rahmanita, Soffi Soffiatun, Wiwit Kurniawan, and Fiqoh Afriliani. 2022. “Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (Vol. 3 No. 1): 70–77. www.wordwall.net.
- Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
- Rohmatunnisa, Aldika. 2022. “Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Menyimak Teks Biografi Di Smas Triguna Utama Tahun Pelajaran 2021/2022.”
- Rusnawati, R. 2015. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Pada SMAN 1 Leupung.” Intelektualita 3 (20): 40.
- Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 23rd ed. Bandung: Raja Grafindo Persada.
- Sun’iyah, Siti Lathifatus. 2020. “Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar.” Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 7 (1): 1–18. http://www.unp.ac.id/sites/default/files/2018-05/pengembangan pembelajaran daring.pdf.
References
A. Muri Yusuf. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prendamedia Group.
Aidah, Nur, and Nurafni Nurafni. 2022. “Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi.” Pionir: Jurnal Pendidikan 11 (2): 161–74. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133.
Fakhruddin, Agus, Undang-undang No, Sistem Pendidikan Nasional, U U Sisdiknas, Tuhan Yang, and Maha Esa. 2014. “Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 12 No. 1 - 2014 12 (1): 79–96.
Hidayaty, Alfina, Mahwar Qurbaniah, and Anandita Eka Setiadi. 2022. “Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes” 15 (x): 1–10.
Iskandar, Didik. 2022. “Integration of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Learning Methods in The Learning Management System as An Effort to Improve Educator Competence.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 24 (3): 389–99. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i3.31773.
Ita Suryani, Horidatul Bakiyah, Marifatul Isnaeni. 2022. “Strategi Public Relations Pt Honda Megatama Kapuk Dalam Customer Relations.”
Janawi. 2019. “Memahami Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 68–79.
Maghfiroh, Khusnul, M I Roudlotul, and Huda Semarang. 2018. “Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda.” Jpk 4 (1): 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk.
Muamalah, Rochima Fauqa, Deni Adi Putra, and Meirza Nanda Faradita. 2023. “Penerapan Aplikasi Game Quizziz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Journal on Education 5 (3): 7084–95. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1496.
Purnamasari, Sulfi, Fika Rahmanita, Soffi Soffiatun, Wiwit Kurniawan, and Fiqoh Afriliani. 2022. “Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (Vol. 3 No. 1): 70–77. www.wordwall.net.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rohmatunnisa, Aldika. 2022. “Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Menyimak Teks Biografi Di Smas Triguna Utama Tahun Pelajaran 2021/2022.”
Rusnawati, R. 2015. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Pada SMAN 1 Leupung.” Intelektualita 3 (20): 40.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 23rd ed. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Sun’iyah, Siti Lathifatus. 2020. “Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar.” Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 7 (1): 1–18. http://www.unp.ac.id/sites/default/files/2018-05/pengembangan pembelajaran daring.pdf.