Main Article Content

Abstract





Background: Pada era digital dan teknologi informasi yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dimana pembelajaran abad ke 21 ini, menuntut guru harus memiliki kompetensi profesional dan kompetensi pengelolaan kelas pedagogik. Metode: Kegiatan pelatihan dilaksanakan sebanyak 4 (empat) kali terhitung dari bulan Maret 2023 hingga bulan April 2023 yang diikuti oleh 15 (lima belas) orang guru SMP Negeri 1 Pemulutan. Pada tahap pemantauan, telah terdapat guru yang menerapkan quizizz paper mode oleh guru PPKn SMP Negeri 1 Pemulutan kepada 22 orang peserta didik kelas VII yang sudah dilaksanakan dengan baik tanpa kendala teknis maupun substansi diantara guru dan peserta didik. Hasil: Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, maka diperlukan kegiatan pemberdayaan berupa kegiatan pelatihan media pembelajaran quizizz. Guru-guru di SMP Negeri 1 Pemulutan dalam kegiatan pembelajaran belum memahami secara penuh dalam membuat media pembelajaran berbasis digital. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberdayakan guru di SMP Negeri 1 Pemulutan untuk membuat media pembelajaran quizizz dalam rangka menerapkan aplikasi digital untuk memotivasi peserta didik selama kegiatan belajar mengajar agar tercapainya tujuan pembelajaran.





Keywords

kompetensi guru media pembelajaran Quizziz Kompetensi Guru Media Pembelajaran Quizizz

Article Details

How to Cite
Alfiandra, A., Amini, A., Khasanah, I., Saraswati, M., Nuriyani, R., & Rahmadiani, W. (2023). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Quizizz di SMP Negeri 1 Pemulutan. Jurnal SOLMA, 12(3), 1258–1268. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/12299

References

  1. Elvanny Myori, D., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional , 5(02), 2019. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/indexJTEV
  2. Hendra Yoga Wijaya Geni, K., Komang Sudarma, I., & Putu Putrini Mahadewi, L. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
  3. Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2019). Kompetensi TPACK Guru Soshum Setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan .
  4. Iskandar, D. (2022). Integration of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Learning Methods in The Learning Management System as An Effort to Improve Educator Competence. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(3), 389–399. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i3.31773
  5. Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati .
  6. Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran , 2(2), 127–144. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
  7. Rusnawati, O. : (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Pada SMAN 1 Leupung. Inteletualita, 3(1).
  8. Sadiman, A. s. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada.
  9. Sad’un, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (01 ed.). PT Remaja Rosdakarya.
  10. Supriadi, N., Tazkiyah Destyanisa, & Isro Zuyinatul. (2020). Implementasi E-Learning Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Mandarin di Purwokerto. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers. https://Quizizz.it/
  11. Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.
  12. Kalahatu, M. F. (2021). Persepsi Peserta Pelatihan Dasar terhadap Penggunaan Quizizz Sebagai Metode Evaluasi Pembelajaran. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), Article 01. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228
  13. Prasetya, A. E. (2021). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Inovatif dan Menyenangkan. GUEPEDIA.
  14. Purwianto, A. F., & Fahyuni, E. F. (2021). Pengaruh aplikasi Quizizz PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), Article 4. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5829
  15. Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.661
  16. Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Most read articles by the same author(s)