Main Article Content

Abstract





Background: Pengetahuan generasi muda tentang moderasi beragama harus ditingkatkan untuk terpenuhinya syarat moderasi beragama yaitu memiliki pengetahuan yang luas dan mempunyai pemahaman keagamaan yang baik. Tujuan: Pengabdian ini bertujuan memberikan literasi bagi siswa siswi sekolah menengah/ kejuruan tentang moderasi beragama melalui elektronika, agar siswa memahami moderasi dalam beragama melalui ilmu Teknik elektro yang mereka pelajari. Metode: Pengabdian diadakan pada 30 siswa Jurusan Teknik Elektro di SMK Negeri Babelan Bekasi. Metode yang dilakukan dalam pengambilan data adalah dengan memberikan kuisioner sebelum dan sesudah materi disampaikan. Hasil: Hasil sebelum materi diberikan ada 90% siswa belum memahami apa itu moderasi dan 86.7% belum mengetahu keterkaitan moderasi beragama dengam ilmu teknik elektro. Setelah diberikan pemahaman hasil yang diperoleh 87 – 93% siswa jadi lebih memahmi tentang moderasi beragama dan keterkaitannya dengan ilmu teknik elektro.





Keywords

Pendampingan Moderasi Beragama Literasi Teknik Elektro

Article Details

How to Cite
Imanda, R., Roza, E., Novendri, Y., Hamzah , A., Hanif , I. F., Supriatna, F. A., & Soamoal, M. G. (2024). Pendidikan Moderasi Beragama Melalui Pemahaman Teknologi Elektronika Bagi Siswa dan Siswi SMA. Jurnal SOLMA, 13(2), 1480–1486. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.12634

References

  1. Abdur Rahman Adi Saputera, & Muhammad Syarif H. Djauhari. (2021). Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Gorontalo. Jurnal Moderasi Beragama.
  2. Abror, M. (2020). MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI: Kajian Islam dan Keberagaman. Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 2723–4886. https://doi.org/10.35961/rsd.v1vi2i.174
  3. Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(1), 49–64. https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849
  4. Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. 25(2). https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640
  5. Hasan, M. (2021). PRINSIP MODERASI BERAGAMA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii
  6. Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1).
  7. Islamy, A. (2022). Moderasi Beragama Dalam Ideologi Pancasila. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 3(1), 18–30. https://doi.org/10.53491/porosonim.v3i1.333
  8. Luh Riniti Rahayu, & Putu Surya Wedra Lesmana. (2020). Potensi Peran Perempuan Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama Di Indonesia. Globethics.net.
  9. Muaz, & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8).
  10. Mukhibat, M., Nurhidayati Istiqomah, A., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133
  11. Naj’ma, D. B. A., & Bakri, S. (2023). PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 5(2), 421–434. https://doi.org/10.22515/academica.v5i2.4919
  12. Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. 18(1), 59–70. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/almuashirah/
  13. Prakosa, P. (2022). Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 45–55. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.69
  14. Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. In Peran Guru dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah Falasifa (Vol. 11). https://media.neliti.com/media/publications/318931-peran-guru-agama-dalam-menanamkan-modera-
  15. Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1).

Most read articles by the same author(s)