Main Article Content

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertujuan untuk mensinergikan Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada mitra sekolah SMA ITCI di Kabupaten Penajam Paser Utara. PkM ini menyelenggarakan pelayanan dalam bentuk In House Training (IHT) bagi guru dalam menyusun modul ajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5-P) bagi Guru. Metode: Pendampingan PkM ini dilaksanakan selama 2 hari selama 16 jam. Kegiatan IHT didahului dengan serimoni pembukaan oleh Kepala sekolah dan Pengawas pembina dari Kantor wilayah Kemdikbud Kalimantan Timur perwakilan selatan. Sasaran PkM adalah segenap guru SMA ITCI berjumlah 22 orang. Hasil: Agenda IHT berupa pemaparan materi pokok landasan filosofi, teori, pskologis dan landasan rasional pembelajaran abad 21. Penyampaian materi pembimbingan modul ajar berfokus pada teknik operasional menyusun modul ajar pembelajaran proyek (5-P), kegiatan PkM ditunjang dengan pengambilan data dengan menggunak kuisioner tentang aspek pengetahuan, keyakinan mampu melaksanakan project based learning, meneganl hambatannya, dan mengenali perubahan literasi belajar digitalisasi siswa. Hasilnya Pengetahuan guru peserta IHT, 1) Pemahaman guru tentang konsep PJBL mencapai skor rata-rata 92% 2) Keyakinan tentang kemampuan implementasi PJBL diperoleh data skor rata-rata 89,5%. 3) mengenali hambatan dalam pelaksanaan PJBL diperoleh skor 92% dari 4) mengenali perubahan perilaku literasi digital siswa diperoleh skor 95,67%.

Keywords

In House Training Modul Ajar Profil Pelajar Pancasila

Article Details

How to Cite
Casmudi, C., Prasetya, K. H., Sugianto, S., & Suyanti, R. (2023). In House Training Penyusunan Modul Ajar Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5P) SMA ITCI Kelurahan Kenangan Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal SOLMA, 12(1), 69–81. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10878

References

  1. Abidin, Z. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52.
  2. Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233–247.
  3. Ayuningtyas, A. E., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171–183.
  4. Casmudi, & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), Vol. 4 No. 2 (2021): Desember 2021, 189–198. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/137/92.
  5. Casmudi, & Prasetya, K. H. (2023). Pemanfaatan Alat Komunikasi Pembelajaran Online Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP/MTs) pada Era Pendemi Covid 19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 6 No. 1 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 558–564. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1410/1306
  6. Hasan, B. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Pustaka Setia.
  7. Insani, G. N., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pembentukan Karakter Pada Generasi Milenial. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1602–1607.
  8. Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25.
  9. Maryatin, Prasetya, K. H., Adityatama, S. K., & Megawati, P. A. (2022). Membudidayakan Literasi Pada Masyarakat Di Kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara. Jurnal Pengabdian Mandiri, Vol. 1 No. 3: Maret 2022, 425–430. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/1792/1279.
  10. Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500, 1019–1027. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2067/pdf.
  11. Prasetya, K. H., Subakti, H., & Septika, H. D. (2020). Pemertahanan Bahasa Dayak Kenyah di Kota Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, Vol 3 No 3 (2020), 295–304. https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/77/65.
  12. Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore For Literary Learning In Elementary School. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 5 No. 1 (2020): Volume 5 Nomor 1 Juni 2020, 13–24. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1236/1290.
  13. Subakti, H., Handayani, E. S., Salim, N. A., Prasetya, K. H., & Septika, H. D. (2022). Analysis of Students’ Learning Outcomes Attention Deficit Hyperactivity Disorder in Indonesian Learning at Elementary School in Samarinda City. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, Vol 14, No 2 (2022): AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 1933–1938. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/978/836.
  14. Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), Vol. 3 No. 2 (2020): Desember 2020, 106–117. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/93/63.
  15. Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), Vol. 4 No. 1 (2021): Juni 2021, 46–53. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/109/74.
  16. Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10073–10078. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3029/pdf.