Main Article Content

Abstract

Background: Home care merupakan salah satu bentuk pelayanan keperawatan  termasuk pada asuhan keperawatan dari berbagai model yang dilaksanakan di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Model Asuhan Keperawatan Terhadap Indeks  Kepuasan Pasien dalam Layanan Home care. Metode: Metode yang digunakan dengan quasi eksperiment. Sampel penelitian ini pasien yang telah menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 20 orang. Hasil: Kebutuhan layanan home care umumnya berorientasi pada penyakit kronis, Penerapan model asuhan keperawatan terhadp Indeks kepuasan pasien sebelum penerapan layanan home care sebesar 2,68 dikonversi menjadi 67,1 (baik), sedangkan sesudah penerapan layanan home care sebesar 3,31 dikonversi menjadi 82,78 (sangat baik). Kesimpulan: Secara statistik terdapat pengaruh penerapan model asuhan keperawatan terhadp Indeks kepuasan pasien dengan nilai p value 0,000. Disarankan pada pasien untuk memanfaatkan layanan home care sebagai tindak lanjut perawatan lanjutan di rumah.

Keywords

Home Care Nursing Satisfaction

Article Details

How to Cite
Ardenny Ardenny. (2023). Penerapan Model Asuhan Keperawatan terhadap Indeks Kepuasan Pasien dalam Layanan Home care. Jurnal SOLMA, 12(1), 198–203. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10536

References

  1. Astar, F., Tamsah, H., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Takalala Kabupaten Soppeng. Mirai : Journal of Management, 1(2), 33–57. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/download/231/123
  2. Bentuk, A., Sosial, D., Keperawatan, D., Muhammadiyah, U., Terhadap, M., Home care, M., Nursida, E. V. A., Studi, P., Keperawatan, I., Kesehatan, F. I., & Malang, U. M. (2012). Analisis bentuk dukungan sosial dosen keperawatan universitas muhammadiyah malang terhadap layanan matahari home care.
  3. Delli susanti. (2011). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dalam Pelayanan Home care Terhadap Kemandirian Aktivitas Sehari-Hari Penderita Stroke Ringan Di Kec.Marioriawa Kab.Soppeng. July.
  4. Downey, W. T. (2016) ‘Case Managers’ Roles and Functions
  5. Fahrepi, R., Rate, S., & Hadi, A. J. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Home care dengan tingkat Puskesmas Batua Kota Makassar The Relation Of Home Care Service Quality And Family ’ s Patient Statisfaction In Batua Public Health Center Jobs Area , Makassar City. PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(0451), 122–128. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/PJKM/article/viewFile/589/482
  6. Hanggoro, D. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Pada Bidang Kesehatan. Jurnal Kesehatan Samodra …, 3. https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/138
  7. Ihsan, Yudi N. Rizky, K. B. (2018). Research Article Research Article. Archives of Anesthesiology and Critical Care, 4(4), 527–534.
  8. Kausar, L. I. E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Internet Terhadap Perkembangan Home Care Di Indonesia. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(1), 212–223. https://doi.org/10.33859/dksm.v10i1.331
  9. Kistler, C. E., & Drickamer, M. A. (2018). Home care. Chronic Illness Care: Principles and Practice, V(1), 271–280. https://doi.org/10.1007/978-3-319-71812-5_22
  10. Mareta, R. (2016). Analisa Kebutuhan (Need) Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Mulyorejo Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, VII(4), 180–182.
  11. Nugroho, C., Wiseno, B., Timur, J., & Penyakit, K. (2020). Analysis of Home Care Services As Patient Expectation During. 27–30.
  12. Prasetyo, Y. B. (2017). Home care Services’ Potential at the UMM Hospital: Analysis on the Disease Cases, Public Social and Economy. Jurnal Keperawatan, 7(1), 70–78. https://doi.org/10.22219/jk.v7i1.3921.