Main Article Content

Abstract

Background: Literasi merupakan hal mendasar yang harus dimiliki peserta didik agar dapat menghadapi tantangan di era globalisasi. Budaya literasi ini perlu di terapkan sejak dini di berbagai lingkungan baik itu keluraga, masyarakat maupun di sekolah. Salah satu literasi yang dapat dikembangkan di level sekolah khususnya sekolah dasar adalah literasi sains. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan dan kemampuan literasi saina peserta didik di SDN Pajaran Kabupaten Madiun.melalui pelatihan pembuatan herbarium. Metode: Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SDN pajaran, kabupaten Madiun. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahapan observasi, sosialisasi, pelatihan, pembelajaran dan evaluasi program. Hasil: Pelaksanaan kegiatan peduli lingkungan dengan pelatihan pembuatan herbarium di SDN Pajaran Kabupaten Madiun merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Adapun temuan-temuan yang diperoleh antara lain peningkatan keaktifan, motivasi, sikap peduli lingkungan, literasi sains, pengalaman pembuatan project dalam model PJBL. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu pelatihan pembuatan herbarium dapat meningkatkan literasi sains peserta didik di SDN Pajaran Kabupaten Madiun. Motivasi belajar IPA meningkat 40%, Sikap peduli lingkungan meningkat 20% serta kemampuan literasi sains meningkat 35%.

Keywords

Herbarium Literasi Sains SDN Pajaran Madiun

Article Details

How to Cite
Primiani, C. N., Pujiati, P., Darmadi, D., Sudarmiani, S., & Sanusi, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Herbarium Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar Di Desa Pajaran Kabupaten Madiun . Jurnal SOLMA, 11(3), 451–461. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10520

References

  1. Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093
  2. Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 110–120. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/31695
  3. Arifin, S. (2017). Pengenalan Dan Pemanfaatan Tempat Wisata Dalam Kegiatan Pembelajaran Guna Meningkatkan Wawasan Keilmuan Mahasiswa Sebagai Calon Guru Biologi Pada Generasi Emas Abad 21. http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/1387
  4. Aripin, I., Gaffar, A. A., Jabar, M. B. A., & Yulianti, D. (2022). Digital herbarium sebagai media pembelajaran biologi. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Majalengka 2022, 41–47.
  5. Choiri, M. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793
  6. Ekowati, D. W. tri, Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani; Beti Istanti. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
  7. Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Sikap Pelestarian Lingkungan Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.22202/jrfes.2021.v8i1.4570
  8. Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
  9. Hanifah, H., & Retnoningsih, A. (2019). Penerapan Metode Science Literacy Circles Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dan Sikap Peduli Lingkungan Pada Materi Perubahan Lingkungan. Indonesian Journal of Conservation, 8(01), 68–78.
  10. Hidayati, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbantu Dengan Herbarium Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/5888/1/SKRIPSI ISMI.pdf
  11. Ikhsan, A., Sulaiman, & Ruslan. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 1–11.
  12. Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66–73.
  13. Jeramat, E., Hildegardis, M., Jehadus, E., & Utami, Y. E. (2019). Penanaman Sikap Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran IPA pada Siswa SMP. Journal of Komodo Science Education, 01(02), 24–33. http:ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jkse%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/335609121_Penanaman_Sikap_Peduli_Lingkungan_Dan_Tanggung_Jawab_Melalui_Pembelajaran_Ipa_Pada_Siswa_SMP
  14. Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya, 1(1), 95–104.
  15. Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
  16. Pamuji, T., Roektiningroem, E., & Widodo, E. (2018). Pengaruh Model Sains, Teknologi, Masyarakat Dan Lingkungan (STML) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan. E-Journal Pendidikan IPA, 7(1), 423–429.
  17. Primiani, C. N., Sudarmiani, S., Pujiati, P., Sanusi, S., & Darmadi, D. (2022). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Literasi, 2(2), 605–614.
  18. Simarmata, B., Daulae, A. H., & Raihana, R. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 204–210. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.10584
  19. Suhartinah, S., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2019). Studi Korelasi Antara Sikap Peduli Lingkungan Dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Pada Materi Ekosistem. Natural Science Education Research, 2(1), 77–84. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5574
  20. Suryawati, A. T., Nuraini, S., Anif, S., Sidiq, Y., Handayani, T., & Artikel, H. (2021). Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten. Jurnal Pendidikan, 3(2), 194–201. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15715
  21. Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20–32. https://doi.org/10.32585/jdb.v1i1.105
  22. Waqfin, M. S. I., Fanani, M. R., & Luyunah, L. (2020). Potensi Herbarium untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Peluang Bisnis Melalui Digital Marketing. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36–42. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1035

Most read articles by the same author(s)