Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendidikan berkualitas (Quality Education) merupakan salah satu dari 17 tujuan pada Sustainable Development Goals Tahun 2030 yang dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Tahun 2015. Pembelajaran Fisika, Kimia, Matematika, Biologi dan Teknologi Informasi-Komputer (TIK) atau disingkat MIPA-TIK di level Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu bagian dari komponen pendidikan tersebut. Pemahaman yang baik dan benar dari siswa SMA tentang MIPA-TIK diperlukan agar siswa SMA tidak lagi memandang mata pelajaran tersebut sebagai ilmu pengetahuan yang sukar dan sebagai bekal mereka untuk melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi nantinya di perguruan tinggi. Hal itu diawali oleh pemahaman yang baik dan benar oleh guru-guru mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu tingkat kualitas pemahaman guru-guru mata pelajaran tersebut di Provinsi Lampung umumnya dan Kabupaten Lampung Selatan khususnya, memegang peranan yang sangat penting. Untuk itu, kegiatan pembinaan guru-guru tentang fisika, kimia, matematika, biologi dan teknologi informasi-komputer SMA yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA Kabupaten Lampung Selatan ini dilaksanakan sehingga terjadi peningkatan kemampuan atau kompetensi guru-guru dalam menyampaikan materi mata pelajaran tersebut secara baik dan benar dengan kenaikan sebesar hasil post test dibanding pre test sebesar 45,8%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Roniyus Marjunus, Kamisah Delilawati Pandiangan, Amanto Amanto, Mahfut Mahfut, Yunda Heningtyas, & Heri Satria. (2023). Peningkatan Kualitas Pemahaman Konten dan Teknik Pengajaran Mata Pelajaran Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, dan Teknologi Informasi Komputer (TIK) . Jurnal SOLMA, 12(1), 204–211. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10201

Referensi

  1. Chile, S.D. (2020). Sustainable Development Goals 2030. Available at: https://sustainabledevelopment.un.org/ (Accessed: 20 February 2020).
  2. Dewan Perwakilan Rakyat. (2020a). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Available at: http://dpr.go.id/ (Accessed: 20 February 2020).
  3. Dewan Perwakilan Rakyat. (2020b). Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Available at: http://dpr.go.id/ (Accessed: 20 February 2020).
  4. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. (2020a). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Available at: http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/ (Accessed: 20 February 2020).
  5. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. (2020b). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Available at: http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/ (Accessed: 20 February 2020).
  6. Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test Dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Hdw.Dev.100.2.A Pada Siswa Smk Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 1(2): 81-88.
  7. Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R.K. (2014). Analisis Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Guru dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.
  8. Mahfut, Handayani, T.T., Wahyuningsih, S., & Sukimin. (2021a). Identification of dendrobium Natural Orchids in Liwa Botanical Garden based on leaf morphological characters. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 5 (1), 38-44.
  9. Mahfut, Rosa, E., Yulianty, & Lande, M.L. (2021b). Pelatihan Identifikasi Tempat Perindukan Alami Vektor DBD di Sekitar Pemukiman Labuhan Ratu Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 40-47.
  10. Mahfut dan Wahyuningsih, S. (2019). Pengenalan Teknik Budidaya Kelengkeng Super Sleman Berbasis Lingkungan. Jurnal Solma, 8(2), 201-209.
  11. Mahfut, Yunda, H. & Sukimin. (2021c). Penerapan Teknologi Kesehatan Tepat Guna di Era Industri 4.0 dalam Perlindungan Anggrek Alam Terhadap Infeksi Penyakit di Kebun Raya. Jurnal Solma. 10(1), 133-140.
  12. Murtianto & Bagasworo. (1999) Gagasan Berharga Parangtopo – Berpikir Jernih Membangun Fondasi Ilmu dan Teknologi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  13. Nasution, K.A. (2005) Amandemen Undang Undang Dasar 1945, Perubahan Pertama, Kedua, Ketiga dan Keempat dalam satu naskah. Yogyakarta: Penerbit Media Pressindo.
  14. Nuraini, T. & Julianto. 2022. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal HOTs (High Order Thinking Skills) Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 60-74.
  15. Santoso, B., Kasih, & Suherman A.U. (2020). Pengaruh Pengunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matapelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VII Dan Kelas XI di Pondok Pesantren Mafatih 1453 Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 140-147.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama