Main Article Content

Abstract

Background: Desa Mekarsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten. Salah satu daerah yang menjadi lokasi dilaksanakannya Kuliah Kerja Nyata (KKN-Dik) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Uhamka. Tercatat dalam data terdapat beberapa sekolah yang ada di Desa Mekarari mulai dari SD, Madrasah Aliyah, SMK, dan SMA. Pesatnya modernisasi di era sekarang, membuat banyak perubahan dan kebiasaan yang berubah, seperti banyaknya anak-anak di Desa Mekarsari yang cenderung memilih memainkan gadget untuk bermain game online atau sosial media dibadingkan dengan permainan tradisional. Padahal permainan tradisional memiliki nilai-nilai budaya dan bisa menjadikan anak-anak kreatif. Untuk itu kami kelompok 8 KKN-Dik melakukan program kerja untuk memperkenalkan mainan tradisional egrang kepada anak-anak di desa Mekarsari. Metode: Penyuluhan tentang permainan tradisional egrang kepada anak-anak secara langsung, mengedukasi dan melatih cara menggunakan permainan tradisonal egrang kepada anak-anak. Hasil: Program kerja yang dilakukan kelompok kami dapat dikatakan berhasil karena bisa menarik perhatian dan antusisas anak-anak di Desa Mekarsari untuk berlatih permainan egrang dan sekaligus belajar tentang sejarah permainan tradisional egrang. Kesimpulan: Dengan diperkenalkannya mainan tradisional egrang kepada anak-anak di desa Mekarsasi bertujuan agar eksistensi permainan tradisional tetap dilestarikan oleh anak-anak Milenial karena merupakan warisan nenek moyang.

Keywords

Egrang Millennial Traditional game Egrang Milenial Permainan tradisonal

Article Details

How to Cite
Muhtarom, H., Firdaus, N. C., Isal, N., Muzaki, M. I., Supriyanti, M., Rahayu, M. N., & Jumardi, J. (2023). Pendampingan, Pembuatan dan Pemanfaan Alat Permainan Tradisional Egrang Bagi Masyrakat Milenial. Jurnal SOLMA, 11(3), 541–549. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10165

References

  1. BPS. (2021). Kecamatan Maja Dalam Angka 2021. diakses pada: https://majalengkakab.bps.go.id/publication/2021/09/24/6c58db52216fc7742d5fc2bb/kecamatan-maja-dalam-angka-2021.html
  2. Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia.
  3. Fajri, S., & Astuti, N. (2022). Peran Pemuda Kampung Lali Dalam Mengenalkan Permainan Tradisional Kepada Anak Usia Dini di Desa Ngumbuk Kecapatan Wonoayu Kabupaten Siduardjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 728–742.
  4. Gibran, M. K. (2015). The Tradition of Tabuik in the City of Pariaman. Jom Fisip, 2(2), 1–14.
  5. Indrayogi, I., Supriatna, N. S., & Iskandar. (2021). Pengaruh Latihan Egrang Dan Balok Keseimbangan Terhadap Keseimbangan Gerak Tubuh Siswa Sekolah Dasar I. Journal of Sport, Physical Education, Organization, Recreation, Training, 5(1), 35–44.
  6. Laely, K., & Yudi, D. (2015). Pengaruh permainan egrang tempurung kelapa terhadap peningkatan kecerdasan kinestetik anak. Jurnal Empowerment, 3(1), 32–41. https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i1p32-41.554
  7. Malik, K. (2019). Perbedaan Nilai (Value) Dan Makna (Meaning) Budaya Permainan Egrang Di Empat Negara. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 197. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.13166
  8. Nisrinafatin. (2016). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edukasi Nonformal, 1(2), 71–82. https://doi.org/10.21070/jees.v1i2.442
  9. Okwita, A., & Sari, S. P. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang Pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 19–33. https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1720
  10. Putra, L. A., Nurhadi, & Subagya, S. (2015). Analisis Dimensi Etis-Spiritual Dalam Proses Pembentukan Karakter Anak Pada Permainan Tradisional. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
  11. Rahmawati, W., & Sulistyawan, A. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Ilmu Kesehatan, 1(1), 22–27.
  12. Rofiq, M., Anam, K., & Nursikin, M. (2022). Strategi Pengembangan Pendidikan Nilai Pada Generasi Milenial. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.54783/jin.v4i2.542
  13. Simanjuntak, C. F. (2022). Dampak perkembangan teknologi terhadap permainan tradisional di daerah medan. Universitas HKKBP Nommensen.
  14. Suardi, J. dan. (2018). Permainan Tradisional Egrang Sebagai Media Edukasi Anak. Ilmiah Jurusan Penerbitan Politeknik Negeri Media Kreatif, 6(2), 48–55.
  15. Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.55115/gentahredaya.v2i2.432

Most read articles by the same author(s)