Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada bagaimana strategi investor relations dalam menggunakan corporate website untuk mempertahankan reputasi. Metode penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Pendekatan studi kasus bertujuan untuk menganalisis secara tajam terhadap berbagai faktor yang terkait dengan kasus tersebut sehingga akhirnya akan diperoleh kesimpulan yang akurat dari 4 (empat) informan penelitian. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan strategi yang dilakukan oleh investor relations PT Lippo Cikarang Tbk dalam upaya pemenuhan keterbukaan informasi menggunakan corporate website meberikan dampak positif untuk mempertahankan reputasi. Investor relations PT Lippo Cikarang Tbk dalam kinerjanya memfokuskan komunikasi internal dan komunikasi eksternal, sebagai media komunikasi corporate website memiliki berbagai kekayaan akan fitur jika dibandingkan dengan media komunikasi lain terlebih dalam hal pemaparan keterbukaan informasi. Strategi yang dilakukan oleh investor relations PT Lippo Cikarang Tbk dalam memaparkan keterbukaan informasi tentang kinerja perusahaan sangat terbantu dengan adanya corporate website sekaligus memberikan dampak bagaimana perusahaan dapat mempertahankan reputasi.

Keywords

Investor Relations, Keterbukaan Informasi, Corporate Website, Reputasi

Article Details

How to Cite
David Fero. (2023). Penggunaan Corporate Website Sebagai Strategi Investor Relations PT Lippo Cikarang Tbk dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. KOMUNIKA, 10(2), 130–144. https://doi.org/10.22236/komunika.v10i2.9422

References

    Ati Harmoni (2010). Pemanfaatan laman resmi sebagai media pengungkap tangung jawab sosial perusahaan/csr pada perusahaan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis No. 1, Volume 15, April 2010.
    Charles J. Fombrun, Cees B.M. van Riel (2007). Essentials of Corporate Communication. Routledge.
    Daft, RL., and Lengel, R.H. (1986). Organizational information requirements, media richness and structural design, Management Science, Vol. 32 (5), pp. 554-71.
    Dr. Yue Jer Lin (2013). Evaluation Factors Influencing Corporate Website Effectiveness, The Journal of Global Business Management Volume 9, Number 3, October 2013 issue. (2013).
    Effendy, Onong Uchjana (2007), Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
    Johnson, G., Scholes, K., dan Whittington, R., 2008., Exploring Corporate Strategy. 8 Edition. Boston: Prentice Hall.
    Liliek Budiastuti Wiratmo, Noor Irfan, dan Kuwatono (2017). Website Pemerintah Daerah Sebagai Sarana Online Publik Relations, Jurnal ASPIKOM, Volume 3 Nomor 2, Januari 2017, hlm 326-339.
    Lodhia, S.K. (2004). Legitimacy motives for world wide web (www) environmental reporting: an exploratory study into present practices in the Australian minerals industry, Journal of Accounting and Finance, Vol. 4, pp. 1-16.
    Moleong Lexy J. 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
    Norman Booth, Julie Ann Matic, (2011). Mapping and leveraging influencers in social media to shape corporate brand perceptions ,Corporate Communications: An International Journal, Vol.16 Iss: 3 pp.184–19. (2011)
    Pace, R. Wayne, Brent D. Peterson, dan M. Dallas Burnett. 1997. Techniques for effective Communication. Addison-Wesley.
    Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 2000. Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
    Patricia Rebecca (2013). Implementasi tanggung jawab Investor Relations pada Corporate Website 9 Perusahaan Fortune 2012, Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya. Vol I. No.3 Tahun 2013.
    Rajhans, Kirti. 2012. Effective Organizational Communication: a Key to Employee Motivation and Performance. Interscience Management review.Volume-2, Issue-2.
    Robbins, Stephen P. & Timothy A.Judge.2009. Organization Behavior. 13 Three Edition, USA: Pearson International Edition, Price-Hall.
    Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Prenada Media Group.
    Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi.Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
    Scott M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M. Broom, Effective Public Relations. 2006. PT. Kencana: Jakarta.
    Van Birgelen, Wetzels & van Dolen. 2008. Effectiveness of corporate employment web sites: How content and form influence intentions to apply, International Journal of Manpower; Vol. 29, Iss. 8, (2008): 731-751.