Main Article Content

Abstract

Istilah gender merupakan konstruksi sosial yang bertujuan untuk menyetarakan laki – laki dan perempuan dalam masyarakat. Sejak awal perempuan selalu dinilai tidak mempunyai akses dan kesempatan yang setara dengan laki – laki dalam sektor pekerjaaan. Keadaan ini ditengarai ikut menghambat perempuan dalam mengapai karirnya. Komunikasi merupakan alat konstruksi kesetaraan dalam kaitanya dengan gender dan pekerjaan.  Dengan komunikasi yang setara antara laki – laki dan perempuan dalam karir diharapkan akan mewujudkan kesetaran dalam dunia kerja serta mengurangi kultur patriarki. Keadaan tersebut tentu akan ikut mendorong kesempatan perempuan dalam menggapai karirnya.  Penelitian ini berusaha menjelaskan bentuk komunikasi gender perempuan karir di Kota Jakarta.  Sedangkan fokus penelitian ini adalah ingin menguraikan bentuk komunikasi gender yang terbagi menjadi tiga hal yang meliputi:  perempuan karir, makna bahagia dan citra diri di sosial media.  Teori dalam penelitian ini mengunakan teori komunikasi feminisme dengan menitik beratkan pada pengalaman empiris para narasumber selama bekerja. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawacara mendalam dan pengumpulan data terhadap sepuluh perempuan karir di Jakarta yang terbagi menjadi pekerja formal dan informal. Hasil penelitian ini masih menunjukan bahwa masih banyak bentuk ketidakdilan gender dalam pekerjaan perempuan yang masih menghambatnya dalam karir. Serta perempuan karir yang lebih mengejar passion dalam bekerja terdapati lebih bahagia dalam hidup. Juga pekerja sektor informal yang memanfatkan media sosial sebagai medium pekerjaan terdapati lebih mempunyai penghasilan lebih tinggi dibanding pekerja formal

Keywords

Komunikasi gender, Makna Bahagia, Citra diri, Sosial Media

Article Details

How to Cite
ardiyanto, erik. (2021). Komunikasi Gender: Komunikasi Gender: Perempuan Karir, Makna Bahagia dan Citra Diri di Sosial Media. KOMUNIKA, 8(1), 25–43. https://doi.org/10.22236/komunika.v8i1.7195

References

    Mansour Fakih. 2016 "Analisis Gender & Transformasi Sosial” InsisPress, Seleman –Jogjakarta
    Lara F Rakow, Lawra A Wackwiz. 2004. Feminist Communication Theory: Selectios in Context. Sage Publications
    Sylvie Meiliana, 2016 "Sociology of Literature & Feminist Sociological Theory” Pustaka Mandiri.
    Tong, Rosemarie Putnam. 2010. Feminist Thought. Yogyakarta: Jalasutra
    W. Lauren Neuman. 2017 Edisi Ketuju. Metode Penelitian Sosial. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Indeks Jakarta.
    Putri Asih Sulistiyo, Aida Vitayala Hubies, Krisnarini Matindas. 2016 " Komunikasi Gender dan Hubunganya dengan Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Komunikasi Pembangunan ITB. DOI: https://doi.org/10.46937/14201613767
    Nuraida, Zaki Bin Hassan. 2016 "Pola Komunikasi Gender Dalam Keluarga”. Jurnal Wardah DOI https://doi.org/10.19109/wardah.v18i2.1780
    Erik ardiyanto. 2016 Makna Bahagia Bagi Wanita Karir di Jakarta. Skripsi Mercubuana https://repository.mercubuana.ac.id/4388/2/Cover.pdf
    Alif Alfi Syahrin, Bunga Mustika. 2020. Makna Hijrah Bagi Kalangan Remaja Non Santri: Dampak Pengguna Media Sosial. Jurnal Studi Agma dan Masyrakat. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jsam/article/view/1901
    Sylivie Meiliana. 2016 Perdebatan mengenai permpuan di Amerika Serikat. Unas. http://repository.unas.ac.id/375/
    Data Indeks kebahagiaan dari BPS https://www.bps.go.id/publication/2017/12/05/1f99cefd596c449b93405fcd/indeks-kebahagiaan-2017.html