Hubungan antara Kesabaran dan Academic Self-efficacy pada Mahasiswa

Rizka Fitri Nugraheni, Subhan El Hafiz, Fahrul Rozi

Abstract

Penelitian ini berusaha mencari tahu apakah terdapat hubungan antara kesabaran dengan academic self-efficacy sebagai konstruk yang sering dibahas dalam psikologi pendidikan. Partisipan adalah 108 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Instrumen penelitian meliputi Kuesioner Kesabaran (El Hafiz et al., 2013) dan College Questionnaire Academic Self-efficacy (Owen & Froman, 1988) yang diadaptasi. Data diolah dengan teknik korelasi Pearson. Hasil analisis statistik menyatakan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kesabaran dan academic self-efficacy. Temuan ini dapat berkontribusi terhadap konstruksi teori sabar dan memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai makna sabar pada masyarakat.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Rizka Fitri Nugraheni
rizkafitrinugraheni@uhamka.ac.id (Primary Contact)
Subhan El Hafiz
Fahrul Rozi
Nugraheni, R. F., El Hafiz, S., & Rozi, F. (2016). Hubungan antara Kesabaran dan Academic Self-efficacy pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi, 2(2), 15–23. https://doi.org/10.22236/jippuhamka.v2i2.9212
Copyright and license info is not available

Article Details