Meningkatkan Peran Orangtua Siswa Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penyuluhan Narkoba Berdasarkan Asesmen Kebutuhan Penyuluhan
Abstract
Penyalahgunaan narkoba di masyarakat sudah sangat memprihatinkan. Perlu adanya upaya peningkatan peran orangtua untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Penyuluhan narkoba sering digunakan oleh instansi terkait guna meningkatkan peran orangtua dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba pada anak. Penyuluhan yang dirancang tanpa melakukan asesmen kebutuhan penyuluhan seringkali kurang efektif dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan penyuluhan narkoba dan tingkat pengetahuan orangtua siswa Sekolah Dasar (SD) tentang narkoba. Penelitian ini menggunakan dua metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan penelitian kualitatif dengan metode focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Partisipan memiliki pengetahuan yang rendah tentang narkoba dan membutuhkan penyuluhan narkoba. Hasil penelitian digunakan sebagai dasar penyusunan modul penyuluhan narkoba untuk orangtua siswa Sekolah Dasar.