PENGEMBANGAN KOMPETENSI REFLEKSI PENDIDIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENULIS

Subhan El Hafiz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas program pelatihan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kompetensi pendidik di PAUD melalui proses pelatihan menulis yang berupaya mendorong partisipan berlajar dari pengalaman. Adapun partisipan penelitian berjumlah 11 orang yang berasal dari 3 (tiga) PAUD di sekitar Ciputat, Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah action research berupa kegiatan dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan pelatihan yang dibungkus dengan kegiatan pelatihan menulis dimana setiap pendidik diminta untuk menuliskan pengalamannya dan menjelaskan hal apa yang dipelajari dari pengalaman tersebut. Hasilnya para pendidik yang terlibat dalam kegiatan ini mampu didorong untuk terus mengembangkan dirinya dengan belajar dari pengalamannya sendiri.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Subhan El Hafiz
subhanelhafiz@uhamka.ac.id (Primary Contact)
El Hafiz, S. . (2016). PENGEMBANGAN KOMPETENSI REFLEKSI PENDIDIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENULIS. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi, 2(2), 25–35. https://doi.org/10.22236/jippuhamka.v2i2.9211
Copyright and license info is not available

Article Details

Most read articles by the same author(s)