ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS KELAS II SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Heny Winiarti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/injope.v1i1.6768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kesesuaian pada Buku Teks Tematik Kelas II SD dengan Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian menggunakan content-analytys atau Kajian Isi. Penelitian ini menganalisis tentang kualitas buku teks , dengan indikator (1) Kemunculan KD pada Pemetaan KD yang terdapat dalam Program dan Silabus kurikulum 2013 kelas II SD Semester II, (2) Kemunculan KD pada Buku teks Tematik Terpadu kurikulum 2013 pokok bahasan pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD, dan (3) Analisi per-Tema (Tema 5 – Tema 8). Untuk menganalisis dan mengolah data yang telah dikumpulkan, teknik analisis yang digunakan sebagai berikut: (1) mengidentifikasi data yang sudah ada (buku teks), (2) mengklasifikasikan data, (3) menginterpretasikan data, dan (4) menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis terdapat beberapa ketidaksesuaian antara kompetensi yang dimiliki peserta didik yang ditemukan dalam Pemataan KD Program dan Silabus dengan buku teks yang digunakan yaitu Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas II SD yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Disatu sisi dalam buku teks tersebut juga terdapat beberapa kompetensi yang tidak sesuai dengan bunyi KD yang seharusnya diampu peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-06