Main Article Content

Abstract

Kemajuan teknologi di zaman sekarang memberikan dampak yang begitu luar bisa disegala bidang. Seperti, anak-anak lebih senang dan minat untuk bermain gadget daripada membaca buku. Hal tersebut di buktikkan adanya beberapa survey yang menyatakan bahwa minat baca anak di Indonesia sangat berkurang dan tertinggal dari negara lain. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan sebuah program literasi yang ada di MI Riyadlotut Thalabah Sedan sebagai tindakan untuk meningkatkan minat baca siswa zaman sekarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kulitatif deskriptif, dengan pengumpulan data dan informasi melalui wawancara kepada kepala sekolah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program literasi yang ada di MI Riyadlotut Thalabah Sedan memiliki beberapa kegiatan untuk mendukung program tersebut, meliputi menambaha buku bacaaan, membuat pojok baca, dan mengatur kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran. Kemudian, juga terdapat kendala dalam pelaksanaanya, yaitu kurang terbiasannya siswa dalam membaca buku dan persediaan buku yang masih kurang banyak.

Keywords

literasi siswa membaca minat

Article Details

How to Cite
Aziz, Y. K., & Nugraheni, A. S. (2022). Program Literasi sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Siswa di MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i1.9332