Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kemampuan menulis berita siswa kelas VIII di salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan media digital storytelling. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media digital storytelling dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Pada prasiklus, kualitas proses pembelajaran kurang baik (2,45). Siklus 1, kualitas proses pembelajaran masih kurang baik (2,9). Siklus 2, kualitas proses pembelajarannya baik (4,1). Sementara dari hasil unjuk kerja siswa saat menulis berita menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis berita. Hasil prasiklus menunjukkan nilai rata-rata siswa yaitu 28,2. Siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 56,4. Siklus 2 berhasil mencapai indikator pembelajaran dengan nilai rata-rata yaitu 87,1. Berdasarkan hasil penelitian ini, pendidik dapat menggunakan media digital storytelling untuk pembelajaran menulis berita.

Keywords

digital storytelling menulis berita media pembelajaran keterampilan berbahasa

Article Details

How to Cite
Wulan, A. N., Budiyono, H. ., & Wibowo, I. S. (2022). Penerapan Media Digital Storytelling untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kemampuan Menulis Berita. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 81–92. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i1.9330