Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan proses pengembangan LKPD interaktif menggunakan liveworksheet, kepraktisan LKPD interaktif, dan keefektifannya. Jenis penelitian berupa pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D yaitu pendefinisian (define), pengembangan (design), perancangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Dalam proses pengembangan diperoleh hasil akhir validasi media dan validasi materi dengan kategori valid. Pengembangan LKPD dapat dinyatakan efektif berdasarkan selisih nilai N-gain tes awal dan tes akhir pada kemampuan kognitif dan psikomotorik. Pada aspek kognitif diperoleh nilai N-gain sebesar 0,62 dan aspek psikomotorik diperoleh nilai N-gain sebesar 0,69. Keduanya termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, LKPD interaktif liveworksheet yang dikembangkan dapat digunakan menjadi bahan ajar pada materi teks eksplanasi pada jenjang SMP.