Main Article Content

Abstract

Seiring perubahan zaman, teknologi ikut berkembang. Salah satu perkembangan teknologi adalah penggunaan media pembelajaran yang berupa MPOS. MPOS adalah kombinasi dari aplikasi Microsoft Powerpoint dan OBS Studio. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran MPOS pada teks cerpen Kelas XI SMA/MA dan (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran MPOS pada teks cerpen kelas XI SMA/MA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan lima langkah teori Borg dan Gall. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan lembar pengamatan. Pada penelitian ini, ditemukan aplikasi baru dalam pengembangan media pembelajaran, yaitu MPOS. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pengembangan media pembelajaran MPOS ini menggunakan lima langkah dari teori Borg dan Gall yang kemudian dikembangkan menjadi tiga tahap utama dengan total 13 langkah pengembangan yang menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran berbentuk vidio berdurasi 24 menit sepuluh detik, (2) media pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini mendapatkan nilai kelayakan akhir sebesar 88 dengan predikat sangat layak.

Keywords

pengembangan media pembelajaran MPOS

Article Details

How to Cite
Hidayat, A. M., & Sulistiyono, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mpos Pada Teks Cerpen Kelas XI SMA/MA. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 139–151. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.8766