Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Example non Example melalui media gambar contoh dan bukan contoh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Jakarta Manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode One-Grup Pretest-Posttest Design yang pada pelaksanaannya terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan, data pretest dan posttest berdistribusi normal, sekaligus homogen, sedangkan pada perhitungan hipotesa, hasil yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,0484 maka pengujian hipotesis menolak H0 dan menerima H1. Sehingga terdapat perbedaan hasil menulis puisi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil siswa sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan yang sudah diberi perlakuan (posttest) pada keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Jakarta Manajemen.