Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi program literasi membaca terhadap kemampuan menulis resensi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang pada semester 2 tahun ajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini berjumlah 342 siswa yang terdiri dari 7 MIA dan 3 IIS. Sampel yang diambil sesuai golongan dan terpilih kelas XI MIA 3 dengan jumlah siswa 36 sebagai uji validitas dan XI MIA 4 dengan jumlah siswa 30 sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasional deskriptif kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah angket dan penugasan. Setelah deskripsi data, dilakukan pengujian persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan uji linieritas. Diperoleh skor X dan Y berdistribusi normal serta dinyatakan linier. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Pada perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai 0,96 dan dikonsultasikan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi nilai r didapat bahwa tingkat hubungan kedua variabel sangat tinggi. Lalu, dilakukan uji signifikasi 0,95 dk (n-2). Maka thitung 18,14 > ttabel 1,70 yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada Korelasi antara Keaktifan Siswa dalam Program Literasi Membaca terhadap Kemampuan Menulis Resensi.