Main Article Content
Abstract
Tunawicara merupakan individu yang mempunyai keterbatasan bicara atau kesulitan bicara dalam berkomunikasi secara verbal sehingga sulit bagi orang lain untuk memahami apa yang ingin mereka sampaikan. Pembelajaran bahasa indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru di sekolah, oleh karena itu diperlukan bagaimana metode pembelajaran dan pola komunikasi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar. Tujuan riset ini untuk menggali lebih dalam hubungan antara pembelajaran Bahasa Indonesia dengan perkembangan kemampuan komunikasi anak berkebutuhan khusus tunawicara didalam pembelajaran dengan strategi keterampilan non-verbal dan alat peraga. Anak tunawicara memiliki keterbatasan dalam komunikasi verbal yang dapat memengaruhi interaksi sosial dan proses belajar mereka. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pembelajaran Bahasa Indonesia dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi anak tunawicara, dengan strategi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak tunawicara. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan studi kasus ini di fokuskan pada satu anak tunawicara dan satu guru disekolah SDN Balimester 06 Pagi, yaitu Muhammad Faizal dan Ibu Usnatul ulfa, observasi dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data, yang dimulai dari pengumpulan data, analisis data, penyajian hasil data dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara strategi keterampilan non-verbal dan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi anak tunawicara yang terbukti dan dapat dilihat dibagian tabel hasil penelitian bahwa objek yang diteliti sudah banyak menguasi dan mampu melafalkan banyak kosa kata , sehingga peningkatan kualitas pembelajaran inklusif perlu terus dilakukan melalui pelatihan guru dalam menyesuaikan strategi pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar anak tunawicara.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Akhmad, Fandi, Pemy Ediansyah, Januari Fitriah, Elsa Farameida, and Joko Purwanto. 2021. “Karakteristik Dan Model Bimbingan Atau Pendidikan Islam Bagi ABK Tuna Wicara.” Masaliq 1(3):156–63. doi: 10.58578/masaliq.v1i3.59.
- Amin, Asrial, Dra Hj Kasmawati, M. Si, and M. Si. 2023. “Penggunaan Media Kartu Kata (Flash Card) Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Pesertadidik Tunarungu Kelas V Di SLBN 1 Barru.” 3(6):1–13.
- Carol, Aileen, and Budi Susetyo. 2023. “Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anak Tunarungu.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(14):37–44.
- Devy. 2021. “Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SDN Antar Baru 1 Maraban.” Jurnal Pendidikan Hayati 7(4):197–216.
- Dewi Nur Aysyah, Henny Dwi Yanti, Wahyuni Emilia Lestari. 2023. “1643-Article Text-6986-1-10-20230820.” 09(September):454–68.
- Fitri, Lia Novanda, and Muhammad Abduh. 2024. “Strategi Inovatif Guru Dalam Membantu Anak Tuna Wicara Belajar Dan Berkomunikasi Di Sekolah Dasar.” 13(3):3847–60.
- Gholib Muzakki, Ahmad, Arzia Pratiwi, and Fitriya Nur Kumala. 2022. “Kemampuan Dan Kondisi Komunikasi Sosialisasi Pada Anak Penyandang Difabel Tunawicara.” Paramasastra 9(2):227–34. doi: 10.26740/paramasastra.v9n2.p227-234.
- Kareninsa, Maliyan, Leni Marlina, and Opi Andriani. 2024. “Menganalisis Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunawicara Di Sekolah Dasar.” Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial 2(2):100–108.
- Muhammad Rijal Fadli. 2008. “Eksploitasi Seksual Komersial Anak Di Indonesia.” Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.
- Nabila, Almira, Meylani Yogi Kartika, Wulanda Prameswari, and Dea mustika. 2024. “Strategi Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Dalam Pendidikan Inklusi.” Catha : Journal of Creative and Innovative Research 1(3):3046–8760.
- Nurlaila, Nurlaila. 2020. “Faktor-Faktor Keberhasilan Pembelajaran Bahasa: Perspektif Intake Factors.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(3):557. doi: 10.33394/jk.v6i3.2681.
- Puadah, Niki Nurul, Komariah Komariah, Santi Nurandiyani, and Aneu Siti Rohmah. 2023. “Pengembangan Penguasaan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Pada Anak Tunarungu Di SLB Negeri Widi Asih Padaherang.” Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini 2(2):229–42. doi: 10.62515/eduhappiness.v2i2.226.
- Purnama Sari, Putri, and Marlina Marlina. 2021. “Bentuk Komunikasi Nonverbal Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Bagi Siswa Tunarungu.” Jurnal Pendidikan Khusus, JPK 17(2):62–71.
- Putri Mutiara Jwinarti, Syaidah Upara, and Opi Andriani. 2024. “Kerja Sama Antara Orang Tua Dan Sekolah Dalam Mendukung Anak Berkebutuhan Khusus Ke Sekolah.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan 4(1):39–46. doi: 10.55606/cendikia.v4i1.2382.
- Rifka Andriani, Shafiah Shafiah, Maizal Efendi, Melisa Putri, and Wismanto Wismanto. 2024. “Analisis Penerapan Model Pendidikan Bagi Anak Yang Mengalami Hambatan Pendengaran Dan Bicara.” Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2(2 SE-Articles):184–93.
- Saputra, Robert Aji, and Zainal Alim. 2021. “Penerapan Model Komunikasi Nonverbal Guru Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi.” Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 2(2):123. doi: 10.28944/hudanlinnaas.v2i2.488.
- Siallagan, S., and N. E. Harsiwi. 2024. “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Kamal, Bangkalan.” Dinamika Pembelajaran: Jurnal … (3).
- Siti, and Aulia Adisty. 2024. “Penanganan Anak Tuna Wicara.” Jurnal Pengembangan Pendidikan 8(1):348–51.
References
Akhmad, Fandi, Pemy Ediansyah, Januari Fitriah, Elsa Farameida, and Joko Purwanto. 2021. “Karakteristik Dan Model Bimbingan Atau Pendidikan Islam Bagi ABK Tuna Wicara.” Masaliq 1(3):156–63. doi: 10.58578/masaliq.v1i3.59.
Amin, Asrial, Dra Hj Kasmawati, M. Si, and M. Si. 2023. “Penggunaan Media Kartu Kata (Flash Card) Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Pesertadidik Tunarungu Kelas V Di SLBN 1 Barru.” 3(6):1–13.
Carol, Aileen, and Budi Susetyo. 2023. “Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anak Tunarungu.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(14):37–44.
Devy. 2021. “Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SDN Antar Baru 1 Maraban.” Jurnal Pendidikan Hayati 7(4):197–216.
Dewi Nur Aysyah, Henny Dwi Yanti, Wahyuni Emilia Lestari. 2023. “1643-Article Text-6986-1-10-20230820.” 09(September):454–68.
Fitri, Lia Novanda, and Muhammad Abduh. 2024. “Strategi Inovatif Guru Dalam Membantu Anak Tuna Wicara Belajar Dan Berkomunikasi Di Sekolah Dasar.” 13(3):3847–60.
Gholib Muzakki, Ahmad, Arzia Pratiwi, and Fitriya Nur Kumala. 2022. “Kemampuan Dan Kondisi Komunikasi Sosialisasi Pada Anak Penyandang Difabel Tunawicara.” Paramasastra 9(2):227–34. doi: 10.26740/paramasastra.v9n2.p227-234.
Kareninsa, Maliyan, Leni Marlina, and Opi Andriani. 2024. “Menganalisis Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunawicara Di Sekolah Dasar.” Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial 2(2):100–108.
Muhammad Rijal Fadli. 2008. “Eksploitasi Seksual Komersial Anak Di Indonesia.” Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.
Nabila, Almira, Meylani Yogi Kartika, Wulanda Prameswari, and Dea mustika. 2024. “Strategi Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Dalam Pendidikan Inklusi.” Catha : Journal of Creative and Innovative Research 1(3):3046–8760.
Nurlaila, Nurlaila. 2020. “Faktor-Faktor Keberhasilan Pembelajaran Bahasa: Perspektif Intake Factors.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(3):557. doi: 10.33394/jk.v6i3.2681.
Puadah, Niki Nurul, Komariah Komariah, Santi Nurandiyani, and Aneu Siti Rohmah. 2023. “Pengembangan Penguasaan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Pada Anak Tunarungu Di SLB Negeri Widi Asih Padaherang.” Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini 2(2):229–42. doi: 10.62515/eduhappiness.v2i2.226.
Purnama Sari, Putri, and Marlina Marlina. 2021. “Bentuk Komunikasi Nonverbal Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Bagi Siswa Tunarungu.” Jurnal Pendidikan Khusus, JPK 17(2):62–71.
Putri Mutiara Jwinarti, Syaidah Upara, and Opi Andriani. 2024. “Kerja Sama Antara Orang Tua Dan Sekolah Dalam Mendukung Anak Berkebutuhan Khusus Ke Sekolah.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan 4(1):39–46. doi: 10.55606/cendikia.v4i1.2382.
Rifka Andriani, Shafiah Shafiah, Maizal Efendi, Melisa Putri, and Wismanto Wismanto. 2024. “Analisis Penerapan Model Pendidikan Bagi Anak Yang Mengalami Hambatan Pendengaran Dan Bicara.” Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2(2 SE-Articles):184–93.
Saputra, Robert Aji, and Zainal Alim. 2021. “Penerapan Model Komunikasi Nonverbal Guru Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi.” Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 2(2):123. doi: 10.28944/hudanlinnaas.v2i2.488.
Siallagan, S., and N. E. Harsiwi. 2024. “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Kamal, Bangkalan.” Dinamika Pembelajaran: Jurnal … (3).
Siti, and Aulia Adisty. 2024. “Penanganan Anak Tuna Wicara.” Jurnal Pengembangan Pendidikan 8(1):348–51.