Main Article Content

Abstract

Tidak banyak dari siswa yang secara sadar dan mandiri membaca untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Minat baca yang rendah serta kemampuan membaca yang rendah pada peserta didik dan generasi muda akan berdampak negatif pada perkembangan anak dalam pembelajaran. Peneliti menerapkan metode penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah, kecocokan, efektivitas, dan cara menyebarkan pengembangan permainan ular tangga dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas III Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan ahli di bidang media dan desain, dengan hasil bahwa 88% menganggapnya layak, dan ahli di bidang materi, dengan hasil 89% yang menganggapnya sangat layak. Uji coba dilakukan pada individu, kelompok kecil, dan kelompok besar, dengan hasil 89% (individu), 86% (kelompok kecil), dan 85% (kelompok besar) yang menganggapnya layak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca siswa

Keywords

pengembangan media pembelajaran membaca Bahasa Indonesia

Article Details

How to Cite
Muntu, G. A., & Yanti, P. G. (2023). Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Minat Baca Teks Cerita Siswa Sekolah Dasar. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 102–110. https://doi.org/10.22236/imajeri.v6i1.12535