Main Article Content

Abstract

Penelitian ini melatarbelakangi kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengembangkan cerpen yang bermuatan nilai-nilai akhlak. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan menghasilkan 1) bahan ajar menulis cerpen berbasis nilai-nilai akhlak, 2) tingkat kelayakan dan respon terhadap produk yang dikembangkan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analysis, Design, Development, Impelementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara kepada pengajar bahasa Indonesia dan penyebaran angket terhadap peserta didik untuk memperoleh data kebutuhan pengembangan dan penilaian produk. Adapun sumber data terdiri dari ahli media, ahli materi dan respons peserta didik. Hasil validasi diperoleh: 1) validasi ahli media memperoleh presentase skor 93,3% dengan kriteria sangat layak, 2) validasi ahli materi memperoleh presentase skor 93,6% dengan kriteria sangat layak, 3) uji coba lapangan awal memperoleh presentase 93,4,% dengan kriteria sangat layak, 4) uji coba lapangan utama  memperoleh presentase 94,3% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar menulis cerpen berbasis nilai-nilai akhlak berbantuan google sites layak digunakan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia materi cerpen kelas X di SMK/sederajat.

Keywords

Bahan Ajar Cerpen Nilai Akhlak google sites

Article Details

How to Cite
Nur Alimah, F., & Sumardi, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Nilai-nilai Akhlak Berbantuan Google Sites . Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 207–221. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i2.11275