Analisis Kesulitan Siswa Kelas X Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstract
This study aims to determine the difficulties of concepts and principles experienced by students in solving story problems of a system of linear equations of two variables for class X at SMK Muhammadiyah 1 Kotabumi and the factors that cause students to experience these difficulties. The method used in this research is descriptive method in the form of case studies. The subjects used in this study were several students of class X. The tool used was a written test in the form of an essay. From the analysis of the data it is known that the difficulties and factors that cause the difficulties experienced by students. Difficulty eg variable terms, difficulty changing story problems into mathematical sentences, difficulty performing operations with elimination and substitution methods, difficulty operating subtraction and addition, difficulty changing variable replacement values into question sentences. Factors causing difficulties were lack of mastery of SPLDV material, lack of accuracy when working on questions, and not mastering SPLDV concepts and principles.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan konsep dan prinsip yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kotabumi dan faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa siswa kelas X. Alat yang digunakan adalah ialah tes tertulis yang berbentuk essai. Dari analisis data diketahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa. Kesulitan memisalkan istilah variabel, kesulitan mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika, kesulitan melakukan operasi dengan metode eliminasi dan substitusi, kesulitan mengoprasikan pengurangan dan penjumlahan, kesulitan mengubah nilai pengganti variabel ke dalam kalimat pertanyaan. Faktor penyebab kesulitan yakni kurangnya penguasaan materi SPLDV, kurangnya ketelitian saat pengerjaan soal, serta tidak menguasai konsep dan prinsip SPLDV.
Full text article
References
Ahmadbalya,2010.”soal cerita matematika”,https://id.scribd.com/doc/105698773/soal-cerita-matematika- ,diakses pada 16 Februari 2022 pukul 20.59.
Amirul Huda,Fatkhan.2018.”pengertian kesulitan belajar”, https://Fatkhan.web.id/pengertian-kesulitan-belajar/ ,diakses pada 17 Februari 2022 pukul 08.00
Suharmawan,Wahid.2015.”kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi”,https://wahidsuharmawan.blogspot.com/2015/04/kesulitan-belajar-serta-faktor-faktor.html?m=1 ,diakses pada 17 Februari 2022 pukul 14.25.
Zakky.2020.”Pengertian Motivasi belajar siswa menurut para ahli dan secara umum”,http://www.Zonareferensi.com/pengertian-motivasi-belajar/ ,diakses pada 17 Februari 2022 pukul 14.55.
Dwidarti,Ulfi, Helti Lygia Mampouw,dan Danang Setyadi.(2019).Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan.Jurnal Pendidikan Matematika.9(02):315-322.
Puspita Sari, Priska., dan Dede Asri Lestari.(2020).Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikansoal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel. jurnal pendidikan matematika. 04(01):286-293.
Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.