Membongkar Miskonsepsi Lingkaran : Telaah Komprehensif Pemahaman Siswa Sekolah Menengah Pertama

Desi Apriyanti, Bayu Purna Nugroho, Venty Meilasari

Abstract

Pada pembelajaran matematika siswa akan menjumpai materi lingkaran, dalam mempelajari materi tersebut siswa membutuhkan pemahaman konsep yang baik. Namun, faktanya siswa masih memiliki pemahaman konsep yang rendah. Dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi lingkaran kategori tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari enam siswa, dua siswa yang memiliki pemahaman konsep kategori tinggi, dua siswa yang memiliki pemahaman konsep kategori sedang dan dua siswa yang memiliki pemahaman konsep kategori rendah. Pemilihan subjek dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian ini adalah peneliti, instrument tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika kategori tinggi memenuhi empat indicator pemahaman konsep, yaitu  mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk refresentasi matematis dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah siswa. Adapun siswa yang memiliki kemampuan matematika kategori sedang memenuhi 2 indikator pemahaman konsep, yaitu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu dan menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur operasi tertentu. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan matematika kategori rendah hanya memenuhi satu indicator pemahaman konsep, yaitu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu.


 


In learning mathematics students will encounter circle material in studying in this material, student need a good understanding of the concept. However, the fact is student still have a low understanding of the concept. The Purpose of this study is to determine students’ conceptual understanding of circle material in the high, medium and low categories. This research using descriptive methods with a qualitative approach. The subject of this research consists of six students, two students who have a high category undertsanding of concepts, two students who have a medium understanding of the concept and two student who have a low category understanding of concepts. Selection of subject in this research is to use a purposive sampling technique. The instrument for this research is researchers, tets instruments and interview guidelines. The results of this research show that students how have high cnceptual understanding have reached four indicator, namely classifying indicators object according to certain characteristics, indicator of use, utilization, and selection certain procedur, indicator present concept in various forms of representation mathematics and indicators apply concepts or problem solving algorithms student. As for students who have a moderate understanding of the concept og the category have achieved 2 indicators, namely the indicators of classifying objects according to their properties certain prosedures and use, utilixe and select certain operating procedures. Meanwhile, students who have a low category understanding of concepts only achieve one indicator classifies objects according to certain properties.

Full text article

Generated from XML file

References

Asempapa, R. S. (2015). Mathematical Modeling: Essential for Elementary and Middle School Students. Journal of Mathematics Education © Education for All Spring, 8(1), 16-29. http://educationforatoz.com/images/Asempapa_2015-Spring_.pdf

Blum, W., & Borromeo, R. (2009). Mathematical Modelling: Can It Be Taught And Learnt? Journal of Mathematical Modelling and Application, 1(1), 45-58.

Brijlall, D., & Ndlovu, Z. (2013). High school learners' mental construction during solving optimisation problems in calculus: A South African case study. South African Journal of Education, 33(2), 1-18. https://doi.org/10.15700/saje.v33n2a679
Crossref

Fadilah, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 160-183. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7308
Crossref

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Crossref

Ferdianto, F., & Hartinah, S. (2020). Analysis of the Difficulty of Students on Visualization Ability Mathematics Based on Learning Obstacles. International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019), 429(Icasseth 2019), 227-231. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.053
Crossref

Gurmu, F., Tuge, C., & Hunde, A. B. (2024). Effects of GeoGebra-assisted instructional methods on students' conceptual understanding of geometry. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2379745
Crossref

Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Perkuliahan Aljabar Matrik. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 927-932.

Kholid, M. N., Imawati, A., Swastika, A., Maharani, S., & Pradana, L. N. (2021). How are Students' Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem? Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012018
Crossref

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477
Crossref

Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan Pmri Dan Aplikasi Geogebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.306
Crossref

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
Crossref

Murtiyasa, B., & Sari, N. K. P. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Bilangan Berdasarkan Taksonomi Bloom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2059. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5737
Crossref

Nada, N. Q., & Erita, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Bentuk Aljabar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 132-148. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.303
Crossref

Nasution, M. L., & Hafizah, N. (2020). Development of students' understanding of mathematical concept with STAD type cooperative learning through student worksheets. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012035
Crossref

Ndagijimana, J. B., Mukama, E., Lakin, L., Khan, S., Munyaruhengeri, J. P. A., Dushimimana, J. C., Habimana, O., Manirakiza, P., Musengimana, J., & Mushimiyimana, H. (2024). Contributions of GeoGebra software within the socio-cultural proximity on enhancing students' conceptual understanding of mathematics. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2436296
https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2436296">Crossref

Negara, H. S., Nurlova, F., & Hidayati, A. U. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 83-90. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9648
Crossref

Nikmah, N. S., & Masduki. (2016). Penggunaan Peta Konsep dalam Penilaian Pemahaman Konsep Lingkaran. Knpmp I, 12(1), 11-22.

Pratiwi, N. P. K. A., Astawa, I. W. P., & Mahayukti, G. A. (2019). Missouri Mathematics Project (MMP), Pemahaman Konsep Matematika, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Elemen, 5(2), 178. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1317
Crossref

Ramirez, G., Hooper, S. Y., Kersting, N. B., Ferguson, R., & Yeager, D. (2018). Teacher Math Anxiety Relates to Adolescent Students' Math Achievement. AERA Open, 4(1), 233285841875605. https://doi.org/10.1177/2332858418756052
Crossref

Ramlah, R., & Hanifah, H. (2018). Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 17-25. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.923
Crossref

Roberts, A., & le Roux, K. L. (2019). Erratum: A commognitive perspective on Grade 8 and Grade 9 learner thinking about linear equations. Pythagoras, 40(1), 1-1. https://doi.org/10.4102/PYTHAGORAS.V40I1.519
Crossref

Septiani, L., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Gaya Kognitif. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 28. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2567
Crossref

Trimadona, E., Andriani, R., & Dwiputri Ferdi, S. (2020). the Student Difficulties in the Implementation of Cambridge Curriculum At Al-Azhar Junior High School. JR-ELT (Journal of Research in English Language Teaching), 4(2), 91-99. https://doi.org/10.30631/jr-elt.v4i2.57
https://doi.org/10.30631/jr-elt.v4i2.57

Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering Students' Attitudes and Achievement in Probability Using Teams-games-tournaments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 59-64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152
Crossref

Warmi, A. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 297-306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.384
Crossref

Yulaistin, S., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Translasi. Didactical Mathematics, 4(1), 31-39. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2010
Crossref

Authors

Desi Apriyanti
Bayu Purna Nugroho
purnabayupvz@gmail.com (Primary Contact)
Venty Meilasari
Apriyanti, D., Nugroho, B. P., & Meilasari, V. (2025). Membongkar Miskonsepsi Lingkaran : Telaah Komprehensif Pemahaman Siswa Sekolah Menengah Pertama. International Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 78–90. https://doi.org/10.22236/ijopme.v5i1.18541

Article Details