Pengembangan Video Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbantuan Adobe Captivate Materi Matriks
Abstract
Background. Technological advances and developments in the modern era like today are creating new mindsets and patterns of behavior in society. This also affects development in the field of education. Many studies have been carried out but only focus on utilization. Research Methods This research is a Research and Development (R&D) study which aims to develop problem-solving based learning videos. Data analysis in this study used descriptive analysis where the validation results were the quality of the development results. Research Results The results of the final assessment by material experts were 77.5% and with the criteria of "decent, no need for revision". The results of the media expert's assessment are 90% and have received the title "very decent, no need for revision". Assessment by linguists received the title "proper, no need for revision" by obtaining a score of 73.3%. The last assessment was carried out by educational practitioners, the results of the assessment given were 84% and received the title "very decent, no need for revision". The contribution of this research adds to the research contribution in the field of learning video development.
Latar belakang. Kemajuan dan perkembangan teknologi pada era modern seperti saat ini menciptakan pola pikir dan pola perilaku yang baru di masyarakat. Hal tersebut juga mempengaruhi pengembangan dalam bidang pendidikan. Banyak penelitian sudah dilakukan namun hanya berfokus pada pemanfaatan. Metode Penelitian Penelitian ini merupakan Penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dimana hasil validasi merupakan kualitas dari hasil pengembangan. Hasil Peneltian Hasil penilaian akhir oleh ali materi 77,5% dan dengan kriteria “layak, tidak perlu revisi”. Hasil penilaian ahli media 90% dan sudah mendapat predikat “sangat layak, tidak perlu revisi”. Penilaian oleh ahli bahasa mendapatkan predikat “layak, tidak perlu revisi’’ dengan memperoleh nilai 73.3%. Penilaian terakhir dilakukan oleh praktisi pendidikan, hasil penilaian yang diberikan yaitu84%dan mendapat predikat “sangat layak, tidak perlu revisi”. Kontribusi Penelitian ini menambah kontribusi penetian dibidang pengembangan video pembelajaran.
Full text article
References
Handayani, K. (2017). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan PemecahanMasalah Soal Cerita Matematika. Semnastika Unimed, 327.
Hesti Cahyani, d. (2016). 151Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 156.
I Kadek Suardika, S. M. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi , 94.
Khairani, M. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biol okus, 160.Crossref
Khotimah, K. (2019). Deskripsi Self-Efficacy Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik. Limacon: Journal of Mathematics Education , 19.
Lestari, L. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Matematika Antara Yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan MatematikaVolume 3, Nomor 2, 98.Crossref
Mamin, R. (2019). Efektivitas media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah IPA Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 349.
Marhani. (2016). Pengembangan Media Video Untuk Perolehan Belajar Konsep Norma-Norma Kehidupan Pada Pelajaran Pedidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII Mts Sirajul Ulum Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif1 1 (2), 43.
Marilin Kristina, R. N. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, Vol. IV, No.2 , 201.
Crossref
Melinda, V. A. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton-Kencong. INOTEP, Volume 3, Nomor 2,, 161.
Mirzaqon, A. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. 4.
Mugi Jayanti. (2017). Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. Jurnal SAP Vol. 2 No. 1 , 24.Crossref
Munir, A. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis Di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), Volume 2, Nomor 2, 185.
Crossref
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1, 8.
Crossref
Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma Vol.06, 120-121.Crossref
Nazariah. (2017). Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 36.
Crossref
Nurfatanah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masa. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 549.
Purna Bayu Nugroho, B. d. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Video Pembelajaran Berbasis Data Covid-19 Untuk Meningkatkan Kewaspadaan. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 2, 469.Crossref
Putri, R. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. © 2019 Jurnal Kumparan Fisika, 114.
Crossref
Rahayu, S. A. (2019). Metode Penulisan Ilmiah. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.
Ratih Handayani, Yulina dan Purna Bayu Nugroho. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teori Bilangan Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Berprikir Kreatif. Jurnal Silogisme Vol 5 No 2, 98.Crossref
RatnawatyMamin. (2019). Efektivitas media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa pada Matakuliah IPA Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 349.
Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur'an. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07, 24.
Crossref
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 61.
Simamora, L. (2014). Pengaruh Persepsi SIswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 4(1), 24.
Crossref
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta Cv.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta Cv.
Sukiman, M. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia.
tari, S. l. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauho (PJJ). Pendidik an Vok asional Konstruk si Bangunan, Universitas Negeri Jak arta.
Utomo, A. Y. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 69.
Crossref
Wahyudi, S. M. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Warsita, B. (2011). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi. Jurnal Teknodik Vol. XV, Nomor 1, Juli 2011, 86.
Yunita, D. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari keaktifan Siswa. Jurnal LP3M - Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta , 155.
Crossref
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Zakiya, A. M. (2018). Menentukan Invers Moore-Penrose Dengan Metode Ben Noble. Jurnal Matematika UNAND, 10.
Crossref
Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.