Analysis of students’ proportional reasoning in solving story problems

  • Asrianti Husain Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ikram Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fahrul Bahri Universitas Cokroaminoto Palopo

Abstract

Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk menganalisis penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Instrumen penelitian ini berupa lembar tugas penalaran proporsional materi perbandingan yang telah divalidasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP yang berjumlah 20 siswa. Prosedur pengumpulan data diawali dengan siswa mengerjakan instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan penalaran proporsional siswa. Setelah mengerjakan lembar tugas penalaran proporsional, wawancara dilakukan untuk mengetahui penalaran proporsional yang dimiliki siswa, kemudian dipilih 3 subjek penelitian untuk diwawancarai dengan tingkat penalaran proporsional yang memenuhi karakter yakni: (1) membangung hubungan antar kuantitas, (2) menuliskan kuantitas rasio untuk mempresentasikan masalah, (3) menstimulasikan untuk membuat hubungan multiplikatif; dan (4) mencari nilai yang tidak diketahui.Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mentranskripkan data verbal yang dikumpulkan dan meninjau semua data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu jawaban siswa, think alouds, dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh 3 subjek dari kelas VII SMP menunjukkan bahwa dari deskripsi dan analisis subjek yang peneliti temukan adalah penalaran proporsional tipe holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzani, E., A., D (2019) Konsepsi calon guru matematika tentang rasio dan perbandingan. Universitas pendidikan Indonesia.

Budiyono, B. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia.

Depdiknas, Kamus Besar Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV, (Jakarta: Gramedia Utama, 2008).

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Fitriyah, F.(2017). Analisis penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan dibedakan berdasarkan gaya kognitif Sistemati-intutif Kelas VIIIC di SMP Negeri 8 Surabaya. 2017. PhD Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hajidah, R. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII pada Materi Perbandingan (Bachelor’s zThesis).

Herdiman, I., Jayanti, K., & Pertiwi, K. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen.

Hidayat, A. F., Amin, S. M., & fuad, Y. (2017). Profit penalaran proporsional siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif sistematis dan intuitif. Kreano, jurnal Matematika Kreatif Inovatif.

Khumairoh, B., Amin, S. M., & Wijayanti, P. (2020). Penalaran proporsional siswa kelas menengah dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient. Pedagogja: Jurnal Pendidikan.

Kumalasari, R. (2021). Analysis of Analytical Thinking Skills and Proportional Reasoning in Problem Based Learning (PBL) in terms of Mathematics Anxiety (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Kusuma, H. J. (2020). Analisis penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA (Program for Internasional Student Assessment) ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Mardika, F., & Mahmudi, A. (2021). An analysis of proportional reasoning ability of junior high school students. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Nugraha, Y., Sujadi, I., & Pangadi, P. (2016). Penalaran Proporsional siswaa kelas VII. Beta: Jurnal Tadris Matematika.

Permatasari, Indah, Defi (2017) Penalaran Proporsional Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. http://journal.unnes/ac/id/nju/index.php/kreano

Prayitno, A., Rossa, A., & Widayanti, F.D (2019). Level Penalaran Proporsional Siswa dalam memecahkan missing value problem. Jurnal riset pendidikan matematikan, 2019.

Proporsi, d. M. M. Proses berpikir pseudo siswa dalam menyelesaikan masalah proporsi.

Putra, A., Tensa, Y., & Erita, S. (2020). Analisis penalaran proporsional siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal perbandingan. Jurnal on Education.

Sari, D. N., & Mampouw, H. L. (2019). Analysis the proportional reasoning abilities of senior high school students in solving mathematical problems. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika.

Sari, I. P., & Sufri, S. (2014). Analisis penalaran proporsional siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal perbandingan pada siswa SMP kelas V

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Published
2021-11-20
How to Cite
Husain, A., Ikram, M., & Bahri, F. (2021). Analysis of students’ proportional reasoning in solving story problems. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(3), 198-206. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i3.7619